Cara Meningkatkan Pageview Blog, Pilih Promosi Atau Membuat Konten Tulisan Yang SEO-Friendly?

Cara meningkatkan pageview blog, promosi atau membuat konten tulisan yang SEO-Friendly? Pertayaan itu acapkali muncul bagi anda para blogger pemula yang ingin mengembangkan blognya untuk tujuan yang lebih jauh lagi yaitu, mencari penghasilan tambahan dari iklan atau adsense.  Membuat sebuah blog yang terus berkembang, dalam arti, semakin banyak pembaca yang mengenal tulisan anda dan lebih jauh mempromosikan tulisan anda melalui sosial media, bukanlah perkara yang mudah bagi blogger pemula. Blogger pemula cenderung untuk sekedar menulis tanpa tujuan memiliki tujuan yang jelas. Hanya menulis, menyalurkan ide, menumpahkan unek-unek selesai.

Cara Meningkatkan Pageview Blog
Pageview Adalah Nyawa Bagi Blog Anda Semakin Baik Pageview, Blog Anda Semakin Sehat
Kebanyakan dari mereka tidak mengetahui bahwa optimalisasi blog untuk meningkatkan pageview dan lebih lanjut bekerja sama dengan google adsense misalnya, bisa menghasilkan pendapatan tambahan bagi mereka. Sebagian dari mereka yang mengendus peluang dari blog ini pada akhirnya menyadari lalu mulai belajar secara otodidak, blog guesting dan menanyakan kepada blogger lainnya untuk bisa mengembangkan blognya agar lebih baik, lebih layak dan tujuan akhirnya mendatangkan penghasilan lewat adsense misalnya.

Blogger Pemula Bisa Berkembang Jika Mengendus Potensi Penghasilan Melalui Blog

Dari sebagian yang memiliki rasa ingin tahu dan belajar untuk mendalami blog agar menghasilkan pendapatan juga pada akhirnya mengalami "seleksi alam" akibat berbagai alasan, misalnya tidak konsisten, tidak ada waktu karena sibuk kerja atau kuliah, malas untuk promosi, malas mencari ide, dan lain sebagainya. Hanya blogger yang konsisten pada akhirnya bisa menuai hasil atas jerih payahnya dalam mengelola blog miliknya. Blogger yang sungguh-sungguh akan terus mencari informasi dan menggali semua data untuk membuat blognya semakin berkembang dengan baik. Sebelum menggapai semua kesuksesan sebagai blogger dalam arti, blog yang anda miliki telah menghasilkan uang buat anda, blogger harus memiliki kerangka pikir dan hanya memiliki satu tujuan pasti yaitu bagaimana caranya blog anda memiliki banyak pengunjung dan pageview blog anda bisa naik signifikan dan pada akhirnya adsense bisa membayar anda lebih dari yang lainnya.
Singkatnya, blog yang sehat pasti memiliki pageview yang banyak.
Beberapa tulisan mengenai cara meningkatkan pageview mungkin sudah anda dapatkan. Kadangkala prakteknya yang agak sulit diimplementasikan oleh anda. Tapi, selalu yakin dengan belajar melihat tulisan dari blogger lain yang telah lebih dulu sukses mengapat pageview yang lebih baik, anda bisa mencontek kesuksesan mereka untuk mengembangkan blog anda. Cara mengingkatkan pageview banyak sekali teorinya. Semakin berkembang mengikuti perubahan teknologi kekinian atau teknologi zaman now. Tulisan kali ini akan membandingkan mana yang lebih anda pilih antara strategi promosi atau membuat konten tulisan yang bagus (SEO- friendly) untuk membuat pageview blog anda semakin meningkat.

Strategi Promosi Blog

promosi blog untuk meningkatkan pageview
Melalui Strategi Promosi, Blog Anda Akan Memiliki Popularitas Lebih Tinggi
Beberapa referensi menyarankan anda untuk melakukan promosi blog. Sesuai tujuannya, promosi adalah mengenalkan produk anda (dalam hal ini tulisan-tulisan yang ada di dalam blog anda) kepada orang lain. Semakin banyak anda melakukan promosi baik melalui backlink, email, media sosial maka kesempatan blog anda dilihat orang akan semakin tinggi. Ini logika yang sangat simpel. Anda jualan tapi hanya diam di warung anda, sementara begitu banyak warung-warung lain di sekeliling anda yang menjajakan dagangan yang sama. Apa strategi anda agar jualan bisa laku? Apakah hanya diam dan menunggu pembeli datang sendiri dengan prinsip "rejeki mah sudah ada yang mengatur"? Pola pikir ini seperti yang diuraikan di awal tulisan kebanyakan dimiliki oleh blogger pemula yang hanya menulis karena menyalurkan hobi. Jika anda termasuk blogger yang sungguh-sungguh, anda harus mulai memikirkan bagaimana caranya mempromosikan blog anda.

Jika dalam gambaran anda promosi blog untuk meningkatkan pageview dengan menyebarkan link-link ke berbagai situs lainnya, anda salah besar. Perbuatan spam zaman now sudah tidak berlaku ya, guys. Lakukan promosi sesuai dengan koridor yang, jika anda memasang link tulisan anda, lakukan di komentar yang disediakan di blog, dan gunakan komentar untuk menanggapi, menanyakan, melengkapi isi dari tulisan. Jangan asal sebar link secara ujug-ujug dengan metode asal tempel. Pemilik blog zaman now sudah memasang filter anti-spam untuk memusnahkan komentar-komentar yang tidak nyambung dan asal-asalan dengan tujuan promosi.

Promosi Blog Untuk Meningkatkan Pageview Di Media Sosial
Media Sosial, Salah Satu Tempat Promosi Efektif Untuk Blog Anda
Promosi lainnya adalah dengan menggunakan sosial media yang anda miliki. Google+, Facebook, Twitter, Instagram, Youtube atau Wapps adalah sarana promosi yang sangat baik dan menunjang kelangsungan blog anda. Semakin sering ditampilkan di media sosial, bergabung dengan komunitas, memiliki page di Facebook, komunitas di Wapps maka semakin besar kemungkinan tulisan anda diklik dan dibaca oleh orang lain.

Baca Juga: Cara Memasang Iklan Adsense Di Dalam Postingan Blog, 100 % Bisa Tampil Di Blog Anda!

Salah satu cara promosi di media sosial yang simpel dan bisa untuk anda segera coba adalah dengan memilih gambar yang bagus, yang membuat orang penasaran untuk melihat. Gambar yang gregetan tapi juga tidak lebay dan harus berhubungan dengan isi tulisan anda. Gambar yang anda dapatkan bisa anda edit menggunakan aplikasi edit gambar instan di smartphone anda, lalu bubuhkan kalimat yang membuat gambar tersebut semakin "menantang" untuk di klik. Tujuannya jelas ya, guys... semakin penasaran gambar tersebut, orang akan mengkliknya, dan otomatis pageview berubah.


Membuat Konten Tulisan Bagus dan SEO-Friendly

Menurut saya, apalah arti promosi yang besar-besaran tanpa diiringi dengan kualitas produk yang mumpuni. Anda gencar menawarkan promosi dagangan anda, tapi begitu orang tertarik melihat dan membeli, kok rasanya aneh, kok produk murahan?! Apakah orang tersebut akan kembali lagi belanja ke warung anda? Rasa-rasanya bakalan kapok ya, guys! Itulah analogi yang bisa anda gunakan dengan blog anda. Anda berkeliling medsos, menyebar link, promosi melalu gambar dan lain sebagainya secara besar-besaran tanpa diikuti dengan konten blog yang bagus hasilnya juga akan zonk ya guys...!

Maksudnya begini, orang mungkin tertarik karena rasa penasaran dengan gambar yang anda sajikan. Akhirnya klik, lalu melihat isinya ternyata kok tulisannya tidak nyambung dengan gambar, misalnya. Atau, tulisannya kebanyakan typo atau bahkan lebih parah hasil copy paste atau colongan dari tulisan orang lain tanpa menyantumkan sumber original tulisan. Nah, orang yang sudah tertarik akhirnya cepat beranjak dari blog anda dan tidak betah lama-lama melihat tulisan anda yang lainnya. Lalu, mereka kapok lho, guys! Malas balik lagi ke blog anda karena khawatir tulisan anda yang lainnya pun rasanya begitu-begitu juga.

Jadi, selain promosi, siapkan konten tulisan yang bagus, tidak banyak typo, valid, tidak membodohi atau menipu, apalagi hasil jiplak dari tulisan lain dan tentu saja yang SEO-friendly.
Lalu, apa yang dimaksud dengan SEO-friendly? Jenis tulisan bagaimana yang masuk kategori SEO-friendly? Banyak hal yang anda harus perhatikan untuk membuat suatu tulisan yang SEO-friendly, mulai dari menentukan judul tulisan yang mudah diindex oleh google atau mesin pencari lainnya, judul yang bikin penasaran, penggunaan atribut gambar dengan baik untuk membantu peningkatan pageview blog anda, tulisan yang banyak mengandung kata dan kalimat yang kemungkinan banyak dicari pembaca, tulisan yang panjang dan lebih dalam membahas dan mengembangkan topik utama, membuat internal link. 


Membuat Tulisan SEO-Friendly Untuk Meningkatkan Pageview Blog
Membuat Tulisan SEO-Friendly Hal Utama Untuk Kelangsungan Blog Anda

Jadi, jika harus memilih dari dua kategori di atas untuk mengingkatkan pageview, saya pribadi lebih tertarik untuk membuat konten tulisan yang SEO-friendly. Alasannya, konten tulisan yang kaya dan dalam berisi informasi yang tidak cepat lekang tergerus waktu akan membuat blog anda betah dikunjungi pembaca. Dengan konten tulisan yang informatif pembaca juga akan merasa puas dan merekomendasikan tulisan anda kepada teman-temannya. Bukankah dengan merekomendasikan tulisan yang anda buat dengan share ke media sosial milik pembaca adalah salah satu promosi gratis untuk blog anda?


Namun, yang terbaik tentu saja mengkombinasikan dua cara baik melalui promosi pribadi dan tentu saja anda terlebih dahulu harus membuat konten tulisan yang berbobot dan SEO-friendly untuk lebih menghasilkan pageview yang maksimal.

Salam Blogger,


~Aliem Surya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Meningkatkan Pageview Blog, Pilih Promosi Atau Membuat Konten Tulisan Yang SEO-Friendly?"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray