Teknik Memancing Menggunakan Soft Lures

Teknik Memancing Menggunakan Soft Lures. Halo guys, para sobat mancing mania semua di manapun anda berada. Anda mungkin sudah membaca ulasan mengenai tips dan trik teknik memancing menggunakan hard lures dan pada ulasan kali ini anda juga wajib mengetahui berbagai macam soft lures yang popular dan banyak beredar di pasaran baik offline maupun online. Saya pernah membagikan tips membeli peralatan dan perlengkapan mancing secara online yang murah meriah tapi kualitasnya mumpuni di tulisan ini. Pada prinsipnya, identik dengan hard lures, soft lures bertujuan untuk membuat umpan tiruan yang mirip dengan umpan asli di habitat ikan tersebut berasal. Yang membedakan soft lures dengan hard lures, tentu saja pada bahannya yang didominasi plastik atau material karet. Jadi jika ada pertanyaan apa perbedaan soft lures dengan hard lures, jawabannya adalah dari material atau bahannya, ya guys....


Baca Juga: Belum Tahu Istilah-Istilah Populer Memancing, Baca Ini, Guys!

Para anglers pun pada awalnya di tuntut untuk berlatih dan trial error untuk menentukan soft lure yang tepat. Tidak semua softlure bisa anda gunakan di berbagai macam spot mancing dan semua ikan target. Jadi, anda pada awalnya harus menebak dan kemudian mencobanya beberapa kali. Mengganti soft lures satu dengan lainnya, mencoba varasi bentuk dan mengganti warna sampai anda pada akhirnya mendapatkan sambaran. Dan, mencobanya lagi dengan jenis soft lures lainnya tanpa lelah. Inilah seni dari memancing sekaligus olahraga untuk tubuh anda, guys..


Jenis-jenis Soft Lures
Jenis-jenis Soft Lures

Memilih umpan soft lures untuk memancing yang tepat, memerlukan beberapa pengetahuan dari anglers tentang soft lures jenis apa yang akan digunakan dan di mana soft lures tersebut cocok untuk digunakan? Misalnya ketika anda menargetkan ikan air tawar berukuran sedang di air dangkal dan jernih, maka anda direkomendasikan menggunakan lures dengan headjig berukuran kecil 50 - 65mm, berwarna natural, bahan terbuat dari plastik dan ultra ringan. Sebaliknya, jika anda menargetkan ikan dengan mulut yang lebih besar dengan kondisi air keruh dan cukup dalam, maka anda direkomendasikan untuk menggunakan soft lure yang berukuran lebih besar dan  warnanya lebih terang serta dilengkapi dengan headjig yang lebih berat dan ukuran kail yang lebih besar.


loading...
Baca Juga: Cara Memasang Umpan Cacing Hidup Yang Tepat

Jadi, kesuksesan anda saat memancing dengan menggukana umpan tiruan lunak atau soft lures dipengaruhi berbagai hal, berikut di antaranya:
  • Ketepatan dalam memilih ukuran dan warna lures
  • Kemiripan soft lures dengan umpan alaminya
  • Kombinasi yang baik antara soft lures dengan joran, senar dan reel
  • Teknik yang benar dalam menggunakan soft lures
  • Sedikit keberuntungan atau faktor lucky.
Mencari tahu apa spesies target dan kebiasaan alaminya pada saat melakukan hunting di habitat alaminya mendasari manusia membuat soft lures. Pilihan ukuran dan warna juga merupakan faktor kunci saat memilih menggunakan soft lures. Ada begitu banyak umpan soft lures yang tersedia di pasaran saat ini dari pola kepiting, cacing dan udang beraroma wangi hingga profil ikan umpan yang sangat besar. Ke semua jenis soft lures tersebut merupakan seni dalam dunia memancing dan bila digunakan bersamaan dengan metode yang benar, anda akan sensasi memancing dan mendapatkan ikan dengan cara yang berkualitas.


Bagian-Bagian Soft Lure
Bagian-Bagian Soft Lure


Kombinasi Tepat Soft Lure Dengan Joran, Senar Dan Reel

Salah satu faktor yang menurut para pemancing profesional sangat penting dalam memancing menggunakan soft lures adalah memilih kombinasi yang paling tepat antara jenis lures yang digunakan dengan joran, senar dan reel yang akan anda pakai. Memilih kombinasi yang salah sebagai tidak hanya akan membuat anda tidak bisa menangkap ikan apapun tetapi juga akan melelahkan fisik dan rasa frustasi anda. Jika anda memiliki budget yang banyak untuk membeli peralatan dan perlengkapan pancing, maka belilah yang benar-benar kuat, tahan lama, dan bisa anda pakai dalam jangka waktu yang lama. 

Menggunakan senar braided (PE) sangat direkomedasikan untuk menunjang teknik memancing dengan menggunakan soft lures. Sifat senar PE dengan  peregangan ultra tipis dan ultra rendahnya memungkinkan anda untuk lebih banyak menyimpannya dalam spul reel jika dibandingkan dengan  senar monofilamen. Soft lure akan berenang lebih dalam jika anda mengkombinasikannya dengan senar PE dan menggunakan senar leaders jenis fluoro carbon.  


Senar PE Paling Direkomdasikan Untuk Memancing Menggunakan Lures
Senar PE Paling Direkomdasikan Untuk Memancing Menggunakan Lures


Baca Juga; Cara Memilih Senar Pancing Terbaik

Berikut beberapa contoh  kombinasi yang direkomendasikan antara soft lure dengan joran, senar dan reel yang anda gunakan dalam teknik memancing menggunakan soft lures.

a. Ukuran Lure - Ultra small - (15 - 45mm)
Gunakan joran dengan bahan grafit ringan dengan kekuatan 1-3 kg dan panjang kisaran 150-180 cm. Reel tipe spinning yang digunakan adalah kelas 1000 dengan senar jenis PE kekuatan 1-2 kg (2-4lbs)

b. Ukuran Soft Lure - Kecil - (50 - 80mm)
Gunakan joran dengan bahan grafit ringan dengan kekuatan 2-5 kg dan panjang kisaran 150-180 cm. Reel yang digunakan adalah tipe spinning kelas 2500 dengan senar jenis PE kekuatan 2-4 kg (6-10lbs).

c. Ukuran Soft Lure - Medium - (80 - 125mm)
Gunakan joran dengan bahan grafit medium  dengan kekuatan 4-8 kg dan panjang kisaran 150-180 cm. Reel yang digunakan adalah tipe spinning kelas 4000 dengan senar jenis PE kekuatan 7-9 kg (15-20 lbs).

d. Ukuran Soft Lure - Besar - (150 - 200mm)
Gunakan joran dengan bahan grafit kategori berat dengan kekuatan 8-15 kg dan panjang kisaran 150-180 cm. Reel yang digunakan adalah tipe spinning kelas 6000-8000 dengan senar jenis PE kekuatan 9-15 kg (20-30 lbs).

e. Ukuran Soft Lure - Ekstra besar - (200mm plus)
Gunakan joran dengan bahan grafit berat dengan kekuatan 15-24 kg dan panjang kisaran 150-180 cm. Reel yang digunakan adalah tipe spinning kelas 10.000 - 20.000 dengan senar jenis PE kekuatan 30-40 kg (30-80 lbs).


Contoh Rangkaian Pancing Menggunakan Soft Lures
Contoh Rangkaian Pancing Menggunakan Soft Lures



Baca Juga: Resep Membuat Umpan Pancing Racikan, Murah Meriah dan Manjur

Ikan Mustahil Menyambar, Jika Soft Lures Tidak Terlihat

Ini adalah logika yang sangat mudah ya guys! Ikan target meskipun terlihat jelas dan ada di dalam perairan tertentu (misalnya anda sudah mendeteksinya dengan alat pendeteksi ikan) akan tetapi jika soft lures yang anda gunakan ternyata tidak terlihat oleh ikan, maka mustahil ikan tersebut akan menyambar lures yang anda pakai. Jadi, pastikan umpan anda benar-benar terlihat oleh ikan. Langkah selanjutnya, mengkombinasikan ukuran kail dengan headjig yang anda gunakan. Semakin ringan ukuran headjig menurut para pemancing profesional, akan semakin baik karena gerakan soft lure anda benar-benar akan menyerupai gerakan ikan betulan. Jika pada satu kesempatan, ikan sudah mendeteksi soft lures anda akan tetapi bersikap cuek bebek dan hanya melirik sinis (hahhaa..), maka jangan menyerah, ya guys! Lemparkan lagi dan lagi, suatu saat ikan akan tergoda dengan gerakan aduhai dari soft lures anda.

Teknik Melempar Umpan Soft Lures Dan Menggulungnya Kembali

Melempar umpan soft lures sangat mudah dipelajari, karena anda melakukan lemparan sama dengan menggunakan umpan lainnya. Biasanya, yang jadi kendala adalah bagaimana agar setelah umpan tersebut dilemparkan, dan pada saat digulung kembali, gerakannya menyerupai ikan asli. Nah, guys.... pada umumnya, ada empat jenis cara menggulung dan memainkan softlure yang anda bisa praktekkan.


Cara Melempar dan Memainkan Soft Lures
Cara Melempar dan Memainkan Soft Lures


1. Menggulung secara perlahan, yaitu  anda hanya perlu menggulung handle reel pancing anda secara perlahan dan lembut, sementara arahkan ujung joran anda agar lebih rendah ke arah permukaan air. Soft lures anda akan berenang sangat lambat, seperti ikan kecil yang kelelahan. Akan lebih bagus jika anda kombinasikan dengan sedikit jeda (tidak menggulung handle reel) lalu sedikit sentakan cepat dan kembali lagi menggulung secara perlahan.

2. Teknik menggulung secara cepat, adalah teknik menggulung soft lures dengan cara mengarahkan joran ke bawah mendekati permukaan air, lalu anda menggulung reel secepat yang anda bisa lakukan. Efek yang ingin ditimbulkan dengan cara ini seolah-olah ikan kecil yang sedang melarikan diri  sehingga menggugah selera ikan predator untuk menyambarnya. 


Baca Juga: Tips Membuat Senar Pancing Menjadi Lebih Kuat

3. Teknik menggulung dengan sentakan dan goyangan, adalah salah satu teknik tingkat lanjut yang cara menguasainya memerlukan latihan rutin karena membutuhkan koordinasi beberapa gerakan. Untuk menggambarkan teknik ini, anda harus membayangkan gerakan seperti menggaruk-garuk kepala dan menggosok perut pada saat bersamaan! Anda harus mencoba meniru gerakan ikan kecil yang sedang panik dan melarikan diri secara sempurna. Kadangkala berenang secara cepat, lalu berhenti mendadak, berenang zig-zag lalu berenang ke atas atau ke dasar perairan untuk menghindari predator.  Anda harus mengguncangkan ujung joran secara terus menerus sambil memutar gagang reel perlahan untuk mendapatkan efek ini. Lalu anda harus berhenti menggerakan joran maupun reel untuk menciptakan efek ikan umpan yang berhenti mendadak. Kebanyakan ikan predator sangat tertarik untuk menyambar soft lures dengan menggunakan teknik ini.

4. Teknik menggulung dengan angkat dan turunkan secara perlahan, adalah teknik menjatuhkan dan menggulung soft lure hanya dengan menaik turunkan lures secara perlahan di kedalaman tertentu. Anda hanya perlu memainkan joran ke atas beberapa saat lalu menurunkan kembali ke bawah. Efek yang ditimbulkan adalah umpan anda seperti ikan yang bergerak naik turun di dalam air.

Nah, guys.... demikian ulasan mengenai teknik memancing dengan menggunakan soft lures sebagai umpan tiruan. Semoga bermanfaat dan selamat mempraktekkan semua teknik dan tips di tulisan ini ketika anda memancing.

Salam mancing mania,


~aliemsurya~
Loading...



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Memancing Menggunakan Soft Lures"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray