Jenis-Jenis Umpan Untuk Memancing Ikan Lele

Jenis-jenis umpan untuk memancing Ikan Lele (Catfish). Cara membuat racikan jitu umpan mancing ikan lele. Halo sobat mancing mania....!!  Ikan lele atau dalam bahasa luar sana disebut sebagai catfish, dengan karakteristik yang khas karena memiliki kumis pada bagian kepala, merupakan salah satu ikan populer di Indonesia. Di Indonesia jenis-jenis ikan yang termasuk  keluarga dari ikan catfish ini di antaranya Ikan Lele, Ikan Baung, Ikan Lundu / Keting, Ikan Patin, Ikan Sembilang. Ikan-ikan tersebut menempati habitat laut dan air tawar dengan ukuran yang bervariasi dari mulai kecil dan yang paling besar. Ikan Lele dan Patin di Indonesia merupakan jenis catfish yang paling populer karena paling banyak dikonsumsi dan juga dibudidaya oleh masyarakat Indonesia.


Jenis-Jenis Umpan Untuk Memancing Ikan Lele
Jenis-Jenis Umpan Untuk Memancing Ikan Lele

Dengan bentuk morfologi serta fisiologi yang memiliki kemiripan satu sama lain, baik Ikan Lele, Baung, Sembilang atau Patin merupakan ikan yang memiliki insting penciuman yang tajam jika dibandingkan dengan penglihatannya. Untuk itu, jika anda ingin memancing kelompok ikan lele anda harus menyiapkan umpan dengan aroma yang tajam, terutama aroma amis. Umpan racikan untuk perlombaan galatama ikan lele misalnya, kebanyakan menggunakan bahan-bahan yang mengeluarkan aroma amis untuk menarik perhatian ikan berkumis ini.


Baca Juga: Tips Membuat Racikan Umpan Jitu Murah, Meriah, Manjur

Berikut beberapa umpan untuk memancing Ikan Lele, Ikan Patin, Ikan Baung dan kelompok catfish lainnya.

1. Cacing Tanah

Cacing tanah adalah umpan universal dan hampir bisa anda gunakan untuk mendapatkan semua jenis ikan target dan semua habitat baik tawar maupun laut. Cacing tanah mengeluarkan bau amis alami yang sangat disukai oleh Ikan Lele dan kelompoknya. Cacing tanah bisa anda gunakan untuk memancing baik pada siang maupun malam hari. Anda bisa mempelajari cara memasang cacing tanah yang benar agar hasil memancing anda maksimal. Atau, jika tertarik untuk mengetahui cara memelihara cacing di halaman rumah anda, cacing tanah bisa anda gunakan sebagai umpan memancing tanpa harus membelinya.

2. Hati Ayam

Hati ayam memiliki tekstur yang lembut dan tentu saja menghasilkan bau amis yang juga disukai oleh Ikan Lele dan kerabatnya. Anda bisa menggunakannya langsung dengan cara memotong atau mengiris hati ayam tersebut proporsional dengan ukuran kail yang anda gunakan. Biasanya, memakai hati ayam sebagai umpan untuk ikan lele menggunakan kail dengan tipe triple hook (3 mata kail yang bergabung) agar umpan hati yang anda pakai tidak mudah terlepas.


Kail Jenis Tripple Hook Untuk Memasang Umpan Hati Ayam
Kail Jenis Tripple Hook Untuk Memasang Umpan Hati Ayam

3. Udang Kecil

Selain cacing tanah, udang kecil atau yang biasa disebut crawfish juga merupakan umpan universal. Baik digunakan sebagai umpan hidup maupun mati, udang selalu menarik perhatian ikan lele dan kelompoknya. Udang hidup bisa anda gunakan untuk memancing kelompok ikan lele berukuran besar. Sedangkan untuk ikan lele berukuran kecil anda bisa menggunakan potongan-potongan tubuh udang yang mati. Aroma khas udang juga menjadi salah satu penggoda kelompok ikan lele untuk menyambar umpan anda. Anda bisa mempelajari bagaimana cara memasang umpan udang baik dalam kondisi hidup maupun mati agar umpan anda terpasang dengan benar, tidak mudah koyak dan mendapatkan potensi sambaran yang maksimal.


Baca Juga: Teknik Mancing Menggunakan Hard Lures

4. Potongan Ikan Sarden

Ikan sarden dalam kemasan kaleng atau yang belum dikemas (masih fresh) bisa juga anda gunakan untuk memancing Ikan Lele dan kawan-kawannya. Aroma amis yang khas dari potongan ikan ini juga termasuk perangsang alami yang membuat Ikan Lele tertarik untuk menyambarnya.

5. Potongan Daging Babi

Jika anda memberi makan anjing peliharaan anda di rumah dengan menggunakan daging babi beku, maka tidak ada salahnya anda mengambilnya beberapa bagian untuk dijadikan umpan mancing ikan lele. Racikan umpan dengan menggunakan daging babi sebagai bahan baku juga sudah sering digunakan oleh anglers yang memburu Ikan Lele.


Baca Juga: Resep Umpan Racikan Jitu Untuk Galatama Ikan Mas

6. Ikan Kecil Beku

Untuk target Ikan Lele berukuran relatif besar, anda bisa menggunakan ikan kecil sebagai umpan. Ikan kecil atau biasa shiners atau juga minnow bisa anda gunakan dalam kondisi hidup ataupun mati. Anglers biasanya menggunakan shiners ini dalam keadaan mati dan kondisi telah dibekukan di dalam frezer. Alasannya, agar daging ikan tersebut lebih kuat, tidak mudah koyak pada saat dilemparkan. Pelajari cara memasang ikan hidup untuk umpan mancing agar hasilnya maksimal.

Membuat Umpan Racikan Untuk Ikan Lele
loading...


Umpan Racik Untuk Memancing Ikan Lele
Umpan Racik Untuk Memancing Ikan Lele (http://www.gameandfishmag.com)

Selain umpan lele seperti yang tersebut di atas, berikut cara sederhana meracik umpan ikan lele dengan bahan baku sosis.

  • Siapkan beberapa buah sosis mentah. Mereknya bebas, tidak perlu membeli sosis yang harganya mahal.
  • Potong sosis menjadi kecil-kecil sesuaikan dengan kail yang anda pakai dan anda bisa. 
  • Masukkan potongan-potongan sosis tersebut itu ke kantong plastik, lebih bagus jika dilengkapi dengan zip-seal. 
  • Tambahkan dua atau tiga sendok makan bawang putih cincang atau tumbuk.
  • Kemudian tambahkan satu paket (sachet) strawberry tanpa gula, merek Kool-Aid. Anda bisa membelinya di swalayan terdekat atau membeli secara online.
  • Tambahkan air secukupnya untuk mengisi kantong plastik sampai setengah penuh.
  • Tutup dan dinginkan semalam dalam lemari es
Strawberry Less Sugar Kool Aid Untuk Bahan Racikan Umpan Ikan Lele
Strawberry Less Sugar Kool Aid Untuk Bahan Racikan Umpan Ikan Lele
Cara memakainya sangat mudah, anda hanya perlu mengaitkan racikan sosis tersebut di kail dan tunggulah sebentar. Jika di tempat mancing anda ada Ikan Lele dan sejenisnya, anda tidak perlu waktu lama untuk segera strike dan fish on.



Membuat Pelet Khusus Untuk Ikan Lele

Selain menggunakan sosis seperti yang dijelaskan di atas, jenis umpan yang bisa anda gunakan untuk memancing ikan lele selanjutnya adalah pelet. Anda bisa membelinya ditoko pancing, atau jika anda memiliki waktu dan bahan-bahannya anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Catatannya adalah, anda menggunakan umpan berupa pelet ini akan lebih cocok digunakan untuk perairan yang lebih tenang atau tidak ada arus. Jika anda memakainya di perairan yang berarus deras, umpan pelet anda akan lebih cepat hancur terseret arus.


Baca Juga: Teknik Memancing Menggunakan Soft Lures

Adapun bahan untuk membuat pelet khusus Ikan Lele ini bisa anda cari dari bahan yang ada di dapur rumah anda. Umpan-umpan yang disiapkan ini terdiri dari roti jagung, adonan roti atau sejenisnya - dicampur dengan perasa untuk menimbulkan aroma amis khas umpan Ikan Lele.  Anda bisa menggunakan darah ayam, keju, jus daging, terasi, ikan asin, sarden dan apa saja yang berbau tidak enak atau juga tambahkan minyak essen dengan aroma dominan amis. Cara membuatnya, anda hanya perlu mencampurkan semua bahan-bahan tersebut, tambahkan air atau kuning telur dan buatlah adonan dari campuran bahan-bahan tersebut. Anda bisa mengukusnya, atau langsung gunakan untuk umpan mancing Ikan Lele.

Loading...
Demikian ya, guys... Beberapa jenis umpan yang anda bisa gunakan untuk memancing Ikan Lele. Membawa beberapa jenis umpan sangat direkomendasikan agar anda memiliki beberapa pilihan dan variasi umpan yang sesuai dengan ikan target yang anda inginkan. Jangan lupa untuk selalu menyiapkan peralatan dan perlengkapan pancing seperti joran, reel dan senar agar selalu terjaga dalam kondisi yang baik.

Salam mancing mania...


~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Umpan Untuk Memancing Ikan Lele"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray