Cara Memasang Senar Pancing Ke Reel

Cara memasang senar pancing ke reel. Anda mancing mania pemula dan baru mengenal peralatan dan perlengkapan pancing? Masih belum tahu bagaimana cara memasang tali atau senar pancing ke dalam reel? Jangan khawatir, guys! Semua pemancing yang saat ini sudah mahir dalam menggunakan peralatan dan perlengkapan pancing pada awalnya sama dengan anda semua. Semuanya ada pada suatu step di mana masih terasa awam dan asing dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan mancing.

Tahapan-tahapan awal pemancing pemula bisa anda mulai dari mengenal istilah-istilah dalam memancing beserta peralatannya, cara membuat rangkaian pancing dan yang akan di bahas dalam tulisan kali ini adalah bagaimana cara memasang senar ke dalam reel pancing.
Baca Juga: Mengenal Istilah Dalam Memancing
Memasang senar ke dalam reel biasanya akan anda lakukan untuk dua hal berikut. Yang pertama, ketika anda membeli reel baru yang di jual di luar senar. Artinya, anda hanya membeli reel saja tanpa dipasangkan senar di dalam spul reel oleh penjual. Mau tidak mau, anda harus bisa memasangnya sendiri dengan tepat. Yang kedua, mengganti senar di dalam spun reel dengan senar lainnya. Ada kalanya, senar yang anda gunakan sudah usang, biasanya jenis monofilamen yang kekuatannya menurun seiring berjalannya waktu. Anda harus mengganti senar pancing tersebut dengan senar baru yang lebih fresh sehingga kekuatannya terjaga dan tidak mudah putus ketika menghadapi sambaran ikan.
Baca Juga: Cara Memilih Senar Pancing Terbaik
Memasang senar ke dalam reel juga akan anda lakukan ketika mengganti senar monofilamen dengn senar PE ketika anda akan memancing di laut dan mencari target ikan besar. Dan sebaliknya, menggantinya kembali dengan senar monofilamen ketika anda memancing di kolam, sungai atau danau. Memasang senar pancing ke reel yang tidak tepat akan membuat masalah ketika dipakai untuk memancing, seperti mudah kusut, hasil lemparan umpan tidak pas ke lokaai target dan bisa saja tali senar pancing yang dipasang tidak akurat membuatnya terlepas dari reel.

Berikut langkah-langkah yang bisa anda praktekkan sendiri agar senar pancing anda terpasang dengan baik di dalam spun reel.

1. Langkah pertama, jika anda membeli senar baru pastikan anda treatment terlebih dahulu, agar senar menjadi kuat, lebih lentur dan tidak mudah kusut. Silahkan baca caranya di tulisan saya ini.


Joran dan reel guides diperlukan untuk memasang senar ke reel
Joran dan Reel Guides Diperlukan Untuk Memasang Senar Ke Reel

2. Setelah treatment di atas anda lakukan, masukkan ujung senar baru ke ring guide joran pancing dan reel pancing anda yang sudah di tempatkan di bagian reel holder joran anda. Joran dan ring guides sangat diperlukan untuk membantu menggulung senar dan mencegahnya agar tidak kusut. 
loading...

3. Perhatikan dengan pasti bahwa bail arm reel sudah anda buka terlebih dahulu sebelum anda memasang simpul di dalam spul reel.




4. Memasang simpul senar pada spul reel bisa dilakukan dengan simpul sederhana biasa dan cara lainnya. Logikanya, akan jarang ditemui senar pancing anda sampai menghabiskan seluruh isi di dalam reel. Meskipun demikian, untuk menjaga kondisi senar pancing anda habis, maka simpul senar ke dasar spul harus dilakukan dengan cara benar. Anda bisa memakai cara seperti pada gambar berikut.


Cara Mengikat Senar Ke Reel
Cara Mengikat Senar Ke Dalam Spull Reel

5.  Lalu, tutup atau kembalikan bail arm ke posisi menutup untuk mengunci senar agar anda bisa menggulungnya. 

Baca Juga: Cara Menyambung Dua Senar Pancing 

4. Sebelum ke cara selanjutnya, jika anda belum mengetahui dan paham benar bagian-bagian pada reel, silahkan akses informasinya melalui tulisan berikut.

4. Setelah simpul terpasang, sambil menggulung dengan tangan kiri, tempatkan tangan kanan anda ke dekat joran sambil menahan senar pancing, sehingga posisi senar menjadi tegang. Ini ditujukan agar senar yang tergulung ke dalam reel tidak kendor dan menyebabkan kusut.


Tahan Senar Dengan Joran Ketika Menggulung Senar Ke Reel
Tahan Senar Dengan Joran Ketika Menggulung Senar Ke Reel

5. Terus menggulung sampai reel terisi dan menyisakan seperempat bagian. Tidak perlu diisi sampai full karena pada saat anda membuka bail arm, senar akan keluar sendiri dan menyebabkan kesulitan dan kusut ketika akan dilemparkan.


Baca Juga: Cara Membersihkan Reel Pancing Agar Awet Dan Tidak Mudah Berkarat


Mengisi Spull Reel Tidak Boleh Sampai Penuh
Mengisi Spull Reel Tidak Boleh Sampai Penuh

Nah, demikian ya guys, cara memasang senar pancing ke reel. Cukup mudah dan selamat mencobanya.


Salam mancing mania...



~aliemsurya~
Loading...




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasang Senar Pancing Ke Reel"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray