Cara Membersihkan Reel Pancing Agar Awet Dan Tidak Terkena Karat

Cara membersihkan reel pancing.  Bikin jengkel ya guys, saat sedang semangat untuk mancing, eh... Reel pancing anda macet. Gerakannya kurang lancar, dan terdengar ada bunyi gesekan di dalam.reel. Nah, itu tandanya reel anda jarang dibersihkan sehingga banyak kotoran atau bahkan karat yang di dalam reel. Wajar saja reel akhirnya menjadi macet dan membuat anda harus segera membersihkan reel pancing agar kotoran dan karat di dalam reel bisa dikeluarkan dan reel anda menjadi lancar kembali.


Cara Membersihkan Reel Pancing Agar Awet Dan Tidak Terkena Karat


Membersihkan reel harus anda lakukan untuk menjaganya tetap awet. Apalagi jika anda sering menggunakannya untuk memancing di laut, sehingga kadar garam di air laut yang terbawa oleh senar pancing mengenai reel dan cepat membuat reel anda mengalami korosi atau berkarat.


Baca Juga: Cara Memilih Reel Pancing Terbaik

Cara membersihkan reel pancing tidak terlalu rumit, kok, guys! Simpel dan tidak ribet. Intinya, jangan malas jika ingin reel anda tetap awet dan agar anda tidak perlu merogoh kocek lagi untuk membeli reel pancing baru. Selesai memancing, biasakan selalu membersihkan reel pancing anda, ya guys.

Oke, guys berikut cara membersihkan reel pancing agar tetap awet dan tidak mudah terkena karat.

1. Siapkan sabun pencuci piring atau shampo. Kalau saya lebih prefer ke shampoo buat rambut karena kandungannya lebih soft dan tidak merusak reel. Jangan pakai detergen untuk cuci baju ya guys..


Mencuci reel dengan air hangat yang mengalir


2. Gosokkan sabun atau shampoo ke seluruh bagian reel menggunakan busa atau spon dan bilas menggunakan air mengalir.

3. Siapkan air hangat dalam baskom atau wadah air lainnya. Bilas dan gosok reel untuk menghilangkan sisa minyak dan kotoran yang mungkin masih menrmpel. Memakai air hangat memeudahkan anda untuk menghilangkan sisa kotoran dan minyak dibandingkan jika menggunakan ait dingin.

Baca Juga: Jenis-jenis Spinning Reel

4. Buka spul (tempat benang) reel. Caranya anda hanya perlu memutar ujung reel untuk putaran yang melonggarkan. Setelah longgar anda tinggal mencabutnya dan mengangkat spul dari reel.


Mengelap reel dan bagian spul reel


5. Bersihkan kembali bagian dalam spul dari sisa kotoran dan busa shampo yang masih tersisa. Setelah dirasa bersih, angka dan putar reel perlahan sampai kencang untuk menghilangkan air yang masih menempel.
loading...

6. Keringkan reel dan bagian spul dengan menggunakan lap halus dan sesekali kembali putar reel untuk memastikan air benar-benar telah hilang dari dalam reel, karena jika ini terjadi reel anda akan beresiko terkena karat.

7.  Angin-anginkan atau letakkan di tempat yang sejuk untuk beberapa lama sampai reel benar-benar kering.


Menambahkan pelumas reel agar tidak mudah terkena karat


8. Agar terhindar dari macet, semprotkan pelumas reel. Anda bisa membeli pelumas reel ini di toko pancing atau beli secara online. Atau, jika tidak ada, anda bisa menggunakan cairan anti karat lainnya yang biasa digunakan untuk pelumas rantai motor, baud dan mur atau gear, yang bisa anda beli di toko swalayan terdekat rumah anda.


Contoh Produk Pelumas Reel Pancing


8. Langkah terakhir, pasangkan kembali spul ke dalam reel. Dan, reel anda siap untuk kembali digunakan.


Baca Juga: Cara Menyambung Senar Pancing

Nah, demikian guys, cara membersihkan reel pancing supaya reel awet dan tidak mudah macet karena tersumbat kotoran dan karat.
Loading...


Salam mancing mania,


~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membersihkan Reel Pancing Agar Awet Dan Tidak Terkena Karat"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray