Enam Jenis Umpan Jitu Mancing Ikan Tawes

Enam Jenis Umpan Jitu Mancing Ikan Tawes
Siapa mancing mania yang tidak kenal ikan satu ini? Ikan Tawes adalah kerabat Ikan Mas yang salah satu speciesnya adalah asli berasal dari pulau Jawa adalah salah satu ikan target favorit para anglers. Secara sekilas Ikan Tawes terlihat sangat mirip dengan Ikan Mas. Namun, satu ciri yang membedakan Ikan Tawes dengan Ikan Mas adalah warna sisiknya yang lebih mengkilap dan kumis yang tidak tumbuh (mengerdil) jika dibandingkan dengan Ikan Mas.  Daging Ikan Tawes sangat enak dan habitatnya yang menyebar baik di sungai, danau atau di dekat muara membuat para mancing mania memburu ikan yang memiliki nama latin Barbus javanicus ini.

Enam Jenis Umpan Jitu Mancing Ikan Tawes
Enam Jenis Umpan Jitu Mancing Ikan Tawes


Baca Juga: Beberapa Umpan Jitu Untuk Mancing Ikan Lele

Para anglers mencoba beberapa umpan baik alami maupun racikan untuk mendapatkan ikan yang dalam bahasa Cirebon disebut Ikan Lawak ini. Pada dasarnya, dihabitat alaminya Ikan Tawes bersifat herbivora, utamanya memakan tumbuh-tumbuhan seperti Hydrilla, aneka tumbuhan air, dan daun-daunan yang terjatuh ke sungai. Meskipun demikian, Ikan Tawes juga memangsa berbagai mancam aneka invertebrata dan juga cacing-caingan. Meskipun sangat mudah menjumpai Ikan Tawes baik di aliran sungai yang jeram ataupun yang tenang, para ahli berpendapat bahwa Ikan Tawes lebih menyukai perairan dengan kondisi yang lebih tenang untuk ditempati sebagai habitatnya.

Lalu, apa saja umpan yang harus anda siapkan untuk memburu ikan yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Java Barb ini? Berikut ulasannya.

1. Cacing Tanah
Umpan cacing tanah untuk memancing Ikan Tawes sudah tidak perlu diragukan lagi. Anda harus selalu membawanya dan cara memasang cacing tanah yang benar sebagai umpan pancing seringkali menjadi penentu keberhasilan anda dalam memancing Ikan Tawes. Selain memakan daun-daun dan lumut di dalam air, Ikan Tawes juga bisa memangsa invertebrata kecil termasuk cacing. Jangan lupa jika anda tidak ingin repot membeli atau mencari cacing tanah, anda bisa memelihara cacing tanah sendiri di rumah anda dengan cara yang sangat mudah.

2. Tempe Mentah
Selain untuk umpan mancing Ikan Bawal, tempe yang berbahan baku kacang kedelai juga menjadi salah satu umpna favorit yang disukai oleh Ikan Tawes. Anda hanya perlu menyiapkan tempe mentah, memotongnya kecil-kecil dengan menyesuaikan ukuran kail atau hook yang anda pakai. 

3. Usus Dan Hati Ayam
Usus dan hati ayam bisa anda siapkan untuk memancing Ikan Tawes. Beberapa anglers menggunakan usus untuk air dengan aliran yang cukup deras (jeram) sementara hati ayam bisa anda gunakan untuk perairan yang lebih tenang dan dalam. 

loading...
Baca Juga: Cara Benar Memasang Udang Sebagai Umpan Mancing

Pelet Pakan Anak Ayam Untuk Mancing Babon Ikan Tawes
Pelet Pakan Anak Ayam Untuk Mancing Babon Ikan Tawes


4. Pelet Makanan Anak Ayam
Jika anda menargetkan untuk mendapatkan Ikan Tawes dengan ukuran babon atau monster. Cobalah menggunakan pelet kemasan untuk makanan anak ayam negeri yang banyak dijual di toko makanan burung atau ayam. Anda tidak perlu mencampur apapun selain menggunakan air hangat. Dan, anda juga harus melakukan pancingan awal terlebih dahulu (istilahnya melakukan "bom" atau "mengebom) di spot yang akan anda pancingi. Pengalaman dari sebuah komunitas mancing, penggunaan umpan dari bahan dasar pelet makanan ayam ini biasanya digunakan untuk memancing babon atau monster Ikan Tawes di perairan yang tenang seperti danau, daerah dekat muara dan waduk.

5. Lumut
Di habitat alaminya, Ikan Tawes memakan tumbuh-tumbuhan termasuk lumut. Tidak ada salahnya anda membawa umpan berupa lumut baik yang teksturnya halus maupun tekstur kasar. Lumut bisa anda jadikan variasi umpan untuk memancing Ikan Tawes.

6. Racikan Cracker, Kuning Telur Dan Bawang Putih
Umpan terakhir yang bisa anda sediakan dan anda bawa untuk memancing Ikan Tawes adalah racikan umpan dari bahan cracker, kuning telur dan bawah putih. Untuk cara membuatnya sangat mudah, anda hanya menyiapkan cracker merek "klik", kuning telur dan tumbukan bawang putih. Campurkan bahan tersebut hingga membuat adonan yang kenyal dan pas untuk dijadikan sebagai umpan. Detil cara pembuatan umpan murah, meriah dan manjur anda bisa akses di tulisan ini.

Baca Juga: Teknik Mancing Menggunakan Hard Lures

Tips & Triks Memancing Ikan Tawes
Ikan Tawes seperti halnya Ikan Mas memiliki karakter makan dengan cara menyedot makanannya. Bedanya, Ikan Tawes memiliki mulut yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan Ikan Mas. Untuk itu, tips dan trik memancing Ikan Tawes adalah:
  • Gunakan ukuran kail dengan target ikan, semakin besar ukuran Ikan Tawes maka gunakan ukuran kali yang lebih besar.
  • Jika ragu anda bisa menggunakan ukuran kail yang kecil. 
  • Selanjutnya gunakan tipe joran yang ringan (light) karena joran yang keras atau joran antena dengan sentakan keras akan dengan mudah merobek bibir Ikan Tawes yang tipis apalagi jika ukuran Ikan Tawesnya kecil (seukuran dua jari tangan).
  • Memancinglah setelah kondisi air yang melimpah. Ikan Tawes biasanya berada dalam kondisi stress biasanya tidak mau makan. Tunggulah sampai air agak surut dua atau tiga hari. Pada saat air surut, Ikan Tawes akan sangat lapar dan potensi sambaran akan semakin besar.

Loading...
Salam strike,


~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Enam Jenis Umpan Jitu Mancing Ikan Tawes"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray