Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran Untuk Memancing Di Laut

Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran Untuk Memancing Di Laut
Memancing di laut atau di pinggir pantai memerlukan persiapan yang cukup berbeda dibandingkan ketika anda hanya memancing di kolam, sungai atau danau. Selain piranti baik peralatan maupun perlengkapan untuk memancing khusus digunakan di laut, anda juga harus membuat suatu rangkaian pancing yang akan anda gunakan untuk memancing di laut. Mengapa demikian? Tentu saja karena ketika anda memancing di laut kondisinya sangat berbeda dengan di air tawar. Kedalaman spot mancing, jenis ikan yang kemungkinan akan menyambar umpan, serta faktor adanya ombak.


Baca Juga: Spot dan Lokasi Mancing Di Cirebon Dan Sekitarnya


Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran Untuk Memancing Di Laut
Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran Untuk Memancing Di Laut

Pada dasarnya membuat rangkaian pancing dasaran atau glosor baik untuk digunakan memancing di air tawar (freshwater) maupun untuk memancing di laut atau di pinggir pantai memiliki kesamaan. Hal pertama adalah jenis teknik memancing apakah yang akan anda pakai? Apakah trolling, casting, atau teknik dasaran (termasuk ngoncer) atau yang lainnya. Yang berbeda pada umumnya di ukuran baik senar, kail khusus untuk laut, kili-kili, sampai dengan jenis timah pemberatnya karena anda harus menggunakan ukuran yang lebih besar dari yang biasa anda pakai untuk memancing di air tawar.


Baca Juga: Spot Mancing Laut Di Dam Tanjung Priok


Berikut beberapa cara membuat variasi rangkaian pancing dasaran yang bisa anda jadikan referensi sebelum anda beranjak untuk memancing di laut.

1. Rangkaian Pancing Laut Dasaran Tiga Kail Dan Pemberat Slider
Rangkaian berikut menggunakan tiga kail atau hook khusus laut (dengan tangkai panjang) menggunakan pembatas (stopper dengan bead) dan pemberat berbentuk torpedo (melinjo). Anda bisa mengganti stopper dan bead dengan menggunakan rangkaian simpul pancing "T" jika anda sudah bisa membuatnya. Walaupun seperti pada gambar inilah yang sebenarnya banyak direferensikan oleh para anglers dari luar negeri karena fungsi kili-kili akan membuat rangkaian pancing leader anda aman dan tidak mudah kusut.


loading...
Rangkaian Pancing Dasaran Untuk Memancing Di Laut
Rangkaian Pancing Dasaran Untuk Memancing Di Laut
Rangkaian pancing dasaran untuk memancing di laut seperti pada gambar di atas, anda menggunakan tiga kail satu kail di tempatkan di ujung leader. Sementara dua kail lainnya terletak di antara kail di ujung dan timah pemberat. Timah pemberat tidak diletakkan di ujung tetapi dibuat bergerak (slide) menggunakan bantuan peniti dan kili-kili. Anda bisa menempatkan potongan udang atau cumi atau umpan favorit anda lainnya. Anda bisa membuat jarak antara kedua kail pada senar leader sepanjang 30-45 cm. Untuk senar leader anda bisa memakai jenis mono atau flouro dengan kekuatan yang besar (80lbs / 40kg) sedangkan senar penghubung ke kail bisa anda gunakan senar kawat (wire) atau juga senar mono dengan kekuatan sekitar 30lbs (30kg).


Baca Juga: Cara Memilih Tali Pancing Terbaik

2. Rangkaian Pancing Laut Dasaran Tiga Kail Pemberat Di Ujung
Selanjutnya anda bisa membuat rangkaian pancing laut dasaran tiga kail dengan variasi timah pemberat di ujung. Car ini adalah yang umum dilakukan oleh para mancing mania dan anda bisa mengganti variasi kili-kili, bead dan stopper dengan menggunakan rangkaian simpul pancing "T". 


Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran Untuk Memancing Di Laut
Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran Untuk Memancing Di Laut
Untuk membuat rangkaian pancing dasaran memancing di laut seperti gambar, anda memerlukan senar leader sepanjang 145 cm (1,45m) dan masing-masing senar yang menguhubungkan ke kail sepanjang 40cm. Senar leader anda bisa pilih senar mono atau flouro yang berkekuatan 80lb (40kg) dan untuk senar penghubung menggunakan senar mono kekuatan 30lb (15kg).

Baca Juga: Beberapa Cara Membuat Tali Simpul Pada Rangkaian Pancing

3. Rangkaian Pancing Laut Dasaran Dengan Umpan Hidup (Teknik Ngoncer)
Variasi rangkaian pancil laut dasaran cara selanjutnya adalah membuat rangkaian pancing menggunakan umpan hidup. Umpan hidup bisa berupa udang atau ikan kecil (minnow).


Cara Membuat Rangkaian Pancing Teknik Ngoncer Untuk Memancing Di Laut
Cara Membuat Rangkaian Pancing Teknik Ngoncer Untuk Memancing Di Laut
Biasanya jika anda menggunakan teknik ngoncer, anglers hanya memakai satu kail saja ukurannya disesuaikan dengan umpan hidup yang dipakai dan ikan target yang akan anda inginkan. Pada gambar di atas rangkaian pancing dasaran untuk memancing di laut dibuat dengan cara menggunakan kili-kili lubang tiga (three ways swivel) anda juga bisa menggantinya dengan menggunakan kili-kili biasa dan dibatasi stopper dan bead atau juga kembali menggunakan rangkaian ikatan simpul "T". Senar penghubung ke umpan hidup menggunakan mono atau fluoro dengan kekuatan 50lbs (25kg) atau lebih besar lagi untuk target ikan yang berukuran lebih besar.


Baca Juga: Istilah-Istilah Yang Popular Di Dunia Mancing, Anglers Wajib Tahu!

Selain cara di atas anda juga bisa membuat variasi rangkaian pancing dasaran untuk memancing di laut menggunakan teknik ngoncer dengan tidak membatasi pergerakan umpan hidup. Caranya anda bisa menggunakan bantuan peniti dan swivel sehingga umpan hidup bisa bergerak bebas tidak terbebani oleh timah pemberat, sehingga kemungkinan umpan hidup ini bisa bertahan lebih lama di dalam air.


Cara Membuat Rangkaian Pancing Teknik Ngoncer Untuk Memancing Di Laut
Cara Membuat Rangkaian Pancing Teknik Ngoncer Untuk Memancing Di Laut

Kekurangan menggunakan rangkaian pancing laut dasaran teknik ngoncer seperti pada gambar di atas adalah, anda akan mengalami kesulitan untuk melemparkan umpan ini. Anda harus memegangi terlebih dahulu umpan anda dan melontarkan timah pemberat terlebih dahulu, lalu setelah timah menjangkau dasar anda bisa lepaskan umpan hidup tersebut. Cara ini membuat anda harus berada di tempat yang lebih tinggi (misalnya di sebuah dermaga) atau juga memancing dari atas kapal atau perahu. Kelemahan berikutnya dari cara tersebut adalah ketika ada sambaran tidak terlalu terdeteksi karena kondisi senar yang bebas bergerak.



Baca Juga: Cara Memilih Dan Merakit Senar Leaders

Demikian ya guys, beberapa variasi cara membuat rangkaian pancing dasaran dan juga ngoncer untuk memancing di laut. Variasi tersebut bisa dimodifikasi dengan kreatifitas dari masing-masing anglers serta juga berdasarkan pengalaman mancing dari para mancing mania itu sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Loading...

Salam ngoncer...

~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran Untuk Memancing Di Laut"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray