Tips Mancing Dan Memilih Umpan Jitu Mancing Ikan Sepat

Tips Mancing Dan Memilih Umpan Jitu Mancing Ikan Sepat
Sudah pernah makan Ikan Sepat yang digoreng kering alias krispi? Dijamin anda bakal ketagihan ya, guys..! Ikan Sepat terkenal dengan cita rasa dagingnya yang sangat gurih. Baik digoreng maupun dibuatkan ikan asin, ikan yang masih berkerabat dengan Ikan Gurame ini rasanya sama-sama lezat dan akan menggugah selera makan anda. 


Tips Mancing Dan Memilih Umpan Jitu Mancing Ikan Sepat
Umpan Mancing Ikan Sepat

Kebanyakan Ikan Sepat didapat dengan cara di jaring karena anglers seringkali mengalami kesulitan untuk memancing ikan dengan tubuh yang rata-rata mungil ini. Memancing yang memiliki nama latin Trichogaster tricopterus ini memiliki keseruan tersendiri karena anda harus jeli dalam menggunakan ukuran kail maupun umpan yang akan anda gunakan. Adakalanya, berkali-kali pelampung sudah menunjukkan ikan menyambar umpan, tapi ikan luput untuk tersangkut kail. 
Baca Juga: Enam Jenis Umpan Jitu Mancing Ikan Tawes
Karakteristik Ikan Sepat
Ikan Sepat termasuk ke dalam ikan air tawar yang tergabung dalam marga Trichogaster, anggota suku gurami(Osphronemidae) dan Ikan Cupang. Di Indonesia, Ikan Sepat lebih dikenal sebagai ikan konsumsi, meskipun beberapa jenisnya diperdagangkan sebagai ikan hias. Ikan Sepat memiliki pipih jorong, dengan moncong runcing dan mulut kecil. Sisik kecil-kecil, bersusun miring, dalam aneka ukuran. Gurat sisi sempurna, bentuk tabung yang kadang-kadang agak lengkung. Sirip punggung (dorsal) terletak jauh ke belakang, namun berakhir agak jauh di depan sirip ekor. Sirip perut (ventral) berubah bentuk; sepasang jari-jari lunak yang pertama berubah menjadi alat peraba yang menyerupai cambuk panjang sepanjang badan, ditambah dengan sepasang duri pendek dan beberapa pasang jumbai pendek yang tak seberapa terlihat. Sirip dubur (anal) memanjang mulai dari di bawah dada hingga pangkal ekor. Sirip dada (pectoral) kurang lebih meruncing, sementara sirip ekor sedikit membagi.

Ikan Sepat Jumbo
Ikan Sepat

Baca Juga: Umpan Manjur Dan Jitu Untuk Mancing Ikan Lele
Ikan Sepat termasuk ikan yang memiliki labirin di rongga insangnya sehingga Ikan Sepat dapat dijumpai di perairan yang memiliki sedikit oksigen seperti rawa-rawa, sungai, muara atau sawah. Labirin dalam rongga insang memungkinkan ikan tersebut mengambil oksigen dari udara. Di habitat aslinya, makanan Ikan Sepat adalah serangga kecil, rumput atau lumut. Beberapa jenis variasi Ikan Sepat ada yang berukuran cukup besar misalnya Ikan Sepat Siam. Jenis Ikan Sepat Siam sangat disukai oleh anglers karena ukurunya yang besar dan relatif lebih mudah untuk dipancing.

Jenis Umpan Mancing Ikan Sepat
Ikan akan menyukai umpan yang sering mereka temukan di habitat aslinya. Itu adalah prinsip yang harus dikuasai oleh semua anglers sehingga pada waktu akan memancing bisa menyiapkan berbagai kemungkinan umpan yang berpotensi disambar oleh Ikan Sepat. Beberapa umpan yang terbukti jitu untuk memancing Ikan Sepat di antaranya sebagai berikut.
Baca Juga: Umpan Jitu Mancing Ikan Bawal
1. Lumut 
Di habitat aslinya, Ikan Sepat lebih sering memakan tumbuh-tumbuhan air terutama lumut. Anda bisa membeli lumut di tempat penjualan umpan pancing atau mencarinya sendiri di area sekitar sawah, sungai atau tempat yang lembab lainnya. Untuk membuat lumut menjadi kuat atau tidak mudah hancur, anda bisa taburkan garam atau gula putih secukupnya.

2. Cacing Kecil
Selain menggunakan lumut, anda bisa menggunakan cacing-cacing yang berukuran kecil. Anda bisa mencarinya di pinggir sungai atau sawah. Atau juga di batang-batang pohon pisang yang menbusuk.

3. Kroto
Telur semut atau kroto bisa anda gunakan sebagai umpan mancing Ikan Sepat. Anda bisa membelinya dengan mudah di toko umpan burung.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Umpan Racikan Mancing, Murah, Meriah, Manjur

4. Anak Tawon
Anak tawon yang bisa gunakan sebagai umpan mancing Ikan Sepat adalah bakal anak tawon yang masih belum menjadi tawon. Sama seperti kroto baik telur maupun bakal anak tawon bisa digunakan untuk memancing Ikan Sepat. Untuk mendapatkannya, anda harus mencari sarang tawon liar yang biasanya menempel di dinding rumah, atap, jendela atau pohon. 

5. Belatung / Ulat Kanada / Maggot
Selain ke empat jenis umpan di atas, belatung atau ulat bisa anda gunakan sebagai umpan untuk memancing Ikan Sepat. Anda juga bisa membelinya di toko penjual umpan burung.

6. Lemak Ayam
Lemak atau daging ayam bisa anda potong kecil-kecil untuk digunakan sebagai umpan mancing Ikan Sepat. Anda bisa menggunakannya dalam kondisi mentah.

Baca Juga: Cara Tepat Memasang Udang Sebagai Umpan Mancing

Tips Memancing Ikan Sepat
Selain menggunakan beberapa jenis umpan sebagai variasi umpan untuk memancing Ikan Sepat, anda juga harus menggunakan beberapa tips dan triks memancing Ikan Sepat sebagai berikut:
  • Identifikasi lokasi atau spot mancing Ikan Sepat dengan mendeteksi keberadaannya. Ikan Sepat biasanya bergerombol dan sering muncul ke permukaan air untuk mengambil oksigen melalui labirinnya.
  • Menggunakan joran tegek, tanpa reel karena akan lebih simpel dan bisa menjangkau lokasi yang lebih jauh untuk memancing di sawah, atau daerah rawa.
  • Ikan Sepat memiliki ukuran mulut yang sangat kecil, untuk itu anda harus menggunakan ukuran kail terkecil dan menggunakan tali senar halus.
  • Menggunakan pelampung yang sangat ringan. Karena Ikan Sepat biasanya memakan umpan di permukaan, tidak disarankan menggunakan rangkaian pancing glosor atau dasaran. Cukup gunakan pelampung ringan, sederhana, bisa menggunakan styrofoam  atau pelampung jadi yang berukuran sangat ringan agar bisa langsung terdeteksi jika ada sambaran.
  • Segera tarik joran secara halus jika pelampung sudah mulai bergerak. Jika terlalu lama dibiarkan, Ikan Sepat akan segera kabur setelah "mempreteli" umpan anda.
Demikian guys, tips mancing dan memilih umpan jitu untuk memancing Ikan Sepat. Jika di daerah sekitar rumah anda masih terdapat sungai kecil, selokan, rawa, sawah atau bahkan kebon kangkung, tidak ada salahnya anda menikmati keseruan memancing ikan ini. Dijamin seru dan dagingnya bikin nagih, lho!

Salam joran melengkung,


~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mancing Dan Memilih Umpan Jitu Mancing Ikan Sepat"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray