Tips Mancing, Fungsi Kili-Kili (Swivel) dan Peniti (Snap) Untuk Membuat Rangkaian Pancing

Fungsi Kili-Kili (Swivel) dan Peniti (Snap)
Kili-kili (Swivel) & Peniti (Snap), Sumber (Wikipedia) 

Halo, mancing mania!! Postingan kali ini akan membahas perlengkapan pancing. Dan,  yang akan dibahas adalah fungsi dari kili-kili atau bahasa luarnya swivel dan peniti atau snap untuk membuat rangkaian pancing anda.

Swivel adalah piranti pelengkap pancing yang biasanya terbuat dari logam. Terdiri dari dua ring di ujung dan bagian tengah berupa ball bearing kecil. Ball bearing inilah yang menjadi sumbu sehingga swivel bisa berputar. Fungsi putar pada swivel mencegah senar terbelit antara satu dan lainnya sehingga menghindarkan senar pancing anda kusut. Jadi, fungsi utama swivel adalah untuk mencegah rangkaian pancing senar anda terutama senar leader menjadi kusut.


Baca Juga: Cara Membuat Simpul Pancing Bagi Pemula


Fungsi Kili-Kili (Swivel) dan Peniti (Snap)
Variasi Bentuk Kili-kili (Swivel), Sumber: anggawakurnia.blogspot


Fungsi tambahan dari swivel adalah sebagai alat untuk stopper bagi timah bandul atau pemberat yang dipasang bergerak atau istilah lainnya adalah sliding slinker. Jika sliding sinker ditempatkan bukan di ujung, dibiarkan bebas bergerak di bagian atas rangkaian senar pancing anda, maka swivel juga bisa anda gunakan untuk alat berhenti atau stopper dari sliding sinker tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Cabang Untuk Dasaran/Glosor


Fungsi Kili-Kili (Swivel) dan Peniti (Snap)
Sliding Sinker dan Swivel Dalam Rangkaian Pancing (newfishbay.wordpress)


Adapun jenis dari swivel yang sering digunakan ada dua yaitu two ways swivel dan three ways swivel. Dari fungsinya sama, bedanya untuk yang three ways, satu lubang tambahan bisa anda maksimalkan untuk membuat jalur rangkaian baru. Three ways swivel sangat membantu anda untuk membuat rangkaian cabang tanpa perlu repot membuat simpul-simpul untuk rangkaian cabang.


Fungsi Kili-Kili (Swivel) dan Peniti (Snap)
Two Ways & Three Ways Swivel (iftfishing.com)

Fungsi Peniti Atau Snap

Peniti atau snap adalah piranti pelengkap pancing yang berfungsi untuk mempermudah melepas dan mengganti rangkaian pancing satu dengan yang lainnya. Jenis snap ini biasanya dirangkai dengan swivel. Jika anda memiliki berbagai rangkaian pancing dan ingin melepas serta mengganti dengan rangkaian jenis lainnya, snap adalah piranti yang bisa anda gunakan untuk menyingkat waktu, serta sangat praktis. Anda hanya membuka kaitan pada snap lalu melepas rangkaian pancing dan menggantikannya dengan yang lain.


Fungsi Kili-Kili (Swivel) dan Peniti (Snap)
Jenis dan Tipe Peniti Pancing / Snap (amyfishing.com)



Snap juga ada yang berfungsi untuk membantu pelampung agar mudah berdiri tegak di permukaan air dan tidak mudah tenggelam. Jenis snap ini khusus untuk pelampung, karena biasanya ujung lobang untuk masuk benang ke pelampung berukuran pendek. Akibatnya, pelampung mudah tenggelam dan susah untuk berdiri tegak di permukaan air.

Nah, demikian fungsi kili-kili atau swivel dan peniti atau snap sebagai pelengkap untuk membuat rangkaian pancing anda. Semoga bermanfaat.


Salam Mancing Mania,


~Aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mancing, Fungsi Kili-Kili (Swivel) dan Peniti (Snap) Untuk Membuat Rangkaian Pancing"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray