Tips Excel, Fungsi Countif Untuk Cek Duplikasi Data Yang Diinput

Fungsi Countif Untuk Cek Duplikasi Data Yang Diinput
Duplikasi Data Yang Diinput Pada Excel

Tips Excel, Fungsi Countif Untuk Cek Duplikasi Data Yang Diinput. Halo guys, kali ini akan diuraikan cara menggunakan fungsi formula "Countif", yang mana salah satu fungsinya adalah untuk mengetahui jumlah data yang sama dalam suatu kolom atau baris pada excel. Dengan kata lain, "countif" bisa anda gunakan untuk cek apakah ada data yang terinput double, triple dan seterusnya. Artinya, anda bisa cek apakah telah melakukan duplikasi ketika melakukan input data ke sheet excel.


Baca Juga: Cara Praktis Menghapus Cell Yang Tidak Berisi Data (Blank Cells) Sekaligus

Contoh kasusnya, ketika anda sedang merekap invoice dari satu perusahaan yang ditagihkan ke anda, seharusnya serial number dari invoice tersebut hanya ada satu. Namun, karena kesalahan tertentu, ada lebih dari satu invoice dengan nomor yang sama terinput. Atau bisa saja perusahaan rekanan tersebut iseng dan "nakal" dengan mengirimkan lagi tagihan yang sudah pernah dikirimkan. Sebagai kontrol, anda bisa melakukan cek terlebih dahulu data yang sudah diinput dan menggunakan fungsi formula "countinf" tersebut untuk memastikan bahwa data anda tidak terduplikasi. 



Baca Juga: Mengembalikan Tampilan Excel Yang Berubah Semua Menjadi Mode Formula

Perhatikan gambar di bawah. Anda punya data list nomor-nomor invoice dari perusahaan "PT. Angin Duduk", seharusnya nomor tersebut hanya satu yang harus anda input. Anda akan cek apakah ada di antara nomor tersebut yang diinput lebih dari satu kali (duplikasi).



Fungsi Countif Untuk Cek Duplikasi Data Yang Diinput
List Invoice Yang Harus Dicek Apakah Ada Duplikasi

Lalu anda siapkan satu kolom di samping (kolom E) untuk menuliskan formula "count if", =COUNTIF(range,criteria). Range adalah semua data awal dan akhir yang diinput; sedangkan "criteria" yang dipilih adalah nomor invoice yang ada di kolom D.


Lihat gambar di bawah!



Fungsi Countif Untuk Cek Duplikasi Data Yang Diinput
Input Formula Untuk Fungsi Countif

Agar memudahkan untuk copy-paste formula, untuk range masukan tanda "$". Jadi range data yang akan kita copy-paste ke bawah akan tetap dan yang berubah hanya di "criteria" saja. Jadi formula yang muncul di E3 adalah = COUNTIF($D$3:$D$25,D3). Anda bisa dengan mudah menyisipkan tanda "$" dengan menekan tombol "F4" pada keyboard setelah range tersebut diinput ke formula -- COUNTIF (D3-->tekan tombol F4: lalu D25 --> tekan lagi tombol F4).


Baca Juga: Membuat Terbilang Otomatis Pada Excel

Setelah semua formula terisi sampai dengan E25 (sebagai data terakhir) dengan metode copy paste rumus tadi, anda akan melihat ada angka yang berbeda di kolom E3 sampai dengan E25. Angka tersebut menunjukkan berapa kali data tersebut tersedia di antara range D3 sampai dengan D25. Angka 1 menunjukkan hanya sekali input, sedangkan angka 2 ada dua data sama yang terinput, angka 3 menunjukkan ada tiga data sama yang terinput, dan seterusnya.


Untuk mempermudah menandai, anda bisa pakai fungsi "Conditional Formation" yang tersedia di menu excel, lalu pilih "Highlight Cells Rules" dan pilih "Greater Than.." dan masukkan angka "1" di isian yang tersedia dan klik "OK". Jadi tujuannya adalah selain angka 1, adalah data yang terduplikasi dan anda akan tandai untuk dicek ulang atau dihapus, akan tertandai dengan warna "fill" dan "font" yang berbeda untuk mempermudah anda mendeteksinya.


 Perhatikan gambar di bawah!


Fungsi Countif Untuk Cek Duplikasi Data Yang Diinput
Fungsi Conditional If Untuk Menandai Angka Selain "Satu" Di Range E3:E25


Hasil akhirnya akan tertandai seperti berikut.



Fungsi Countif Untuk Cek Duplikasi Data Yang Diinput
Angka Selain "1" Pada Range E3:E25 Otomatis Tertandai Dengan Warna "Fill" dan "Font" Beda

Nah, itulah cara mendeteksi dan cek data yang terduplikasi di dalam suatu baris atau kolom di worksheet excel anda dengan menggunakan fungsi formula "countif". Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.




Salam,


~Aliemsurya~


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Excel, Fungsi Countif Untuk Cek Duplikasi Data Yang Diinput"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray