Tips Mancing, Cara Memilih Joran Pancing Terbaik

Cara Memilih Joran Pancing Terbaik
Bagian-Bagian Dari Joran Pancing/Fishing Rod (www.opticsplanet.com)

Tips Mancing, Cara Memilih Joran Pancing Terbaik. Hai para mancing mania! Joran atau rod fishing adalah salah satu piranti utama dalam memancing. Fungsi joran adalah sebagai tempat melekatnya tali pancing baik yang terhubung langsung (jenis tegek) maupun yang tersambung dengan gulungan tali (reel). Joran memiliki tipe dan bentuk yang bervariasi. Untuk itu, anda dapat menggunakan referensi di bawah ini untuk mengenal tipe joran yang digunakan untuk memancing di air tawar dan bagaimana cara memilih joran yang terbaik dan cocok untuk anda gunakan.


Baca Juga: Cara Memilih Tali / Senar Pancing Terbaik

Joran memiliki variasi dalam lebar, panjang dan fleksibilitas. Tergantung di mana anda memancing dan ikan jenis apa yang ingin anda tangkap. Pada dasarnya, joran pancing terbaik adalah  jenis joran yang cukup kaku sehingga tidak patah pada saat menarik ikan yang tersangkut kail anda. Selain memiliki sifat kaku joran terbaik memiliki sifat yang cukup fleksibel untuk melawan tarikan ikan sehingga tidak menyebabkan tali pancing anda terputus.

Berikut jenis-jenis joran pancing yang lazimnya dipakai di air tawar tapi tidak menutup kemungkinan juga digunakan untuk memancing di laut.

Joran Spinning (Spinning Rod)

Joran spinning adalah jenis joran pancing yang terbuat dari grafit atau fiberglass dengan gabus atau pegangan busa PVC. Memiliki panjang kira-kira antara 5 dan 8,5 kaki (1,5 sampai 2,6 m). Biasanya, batang pemintal memiliki lima sampai delapan panduan (ring guides) berdiameter besar yang disusun di sepanjang bagian bawah batang untuk membantu mengendalikan tali/senar pancing. Ukuran ring guides dari pengan sampai ke ujung joran akan semakin mengecil.


Cara Memilih Joran Pancing Terbaik
Contoh Joran Spinning (Spinning Rod)



Dudukan reel (reel seat) pada tipe joran spinning biasanya terletak di bagian bawah joran, dan reel biasanya direkatkan ke joran dengan menggunakan pengunci reel dengan tipe putar geser. Joran jenis spinning ini adalah tipe joran yang populer dan banyak digunakan untuk memancing di air tawar. Jika anglers menggunakannya untuk memancing di laut, biasanya joran spinning yang digunakan berukuran lebih panjang dari biasanya.


Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Cabang Untuk Dasaran atau Glosor


Joran Tipe Bait Casting


Cara termudah membedakan joran tipe ini dengan joran spinning adalah posisi atau letak reel yang ada di joran. Tidak seperti pada tipe spinning, joran tipe bait casting memiliki dudukan reel di atas, sehingga ring guides juga berada di bagian atas joran serta handle untuk melepas tali (casting trigger) terletak di bagian bawah.

Untuk bahan joran sediri tidak berbeda dengan tipe spinning, terbuat dari grafit atau fiberglass dengan pegangan busa gabus atau PVC dan panjangnya antara 5 dan 8,5 kaki (1,5 sampai 2,6 m). Tipe bait casting  umumnya memiliki lima sampai delapan ring guides untuk membantu mengendalikan tali/senar pancing. Memiliki kesamaan dengan tipe spinning pada ukuran ring guides yang semakin mengecil ke arah ujung joran.


Cara Memilih Joran Pancing Terbaik
Contoh Joran Tipe Baitcasting Rod (fishingtrends.net)


Jadi, perbedaan yang mencolok antara kedua tipe joran di atas hanya pada bagian dudukan reel pada joran. Perhatikan perbedaannya melalui gambar di bawah.


Cara Memilih Joran Pancing Terbaik
Perbedaan Joran Spinning & Casting (www.123rf.com)


Joran Tipe Teleskopik


Tipe joran pancing berikutnya adakah teleskopik. Sesuai namanya joran ini bisa diperpendek dari ukuran normalnya dan dirancang untuk mudah dibawa. Tipe joran ini bisa menyingkat ukuran dari 20 - atau bahkan batang 30 kaki sampai menjadi satu setengah kaki. Hal ini membuat mereka sangat mudah untuk dibawa dan menjadi joran favorit bagi anglers yang hobi travelling.

Pancing teleskopik dibuat dari bahan yang sama seperti batang lainnya, terbuat dari grafit dan fiberglass atau komposit.  Bahan ini dirancang untuk saling menyelinap satu dengan yang lainnya sehingga joran mudah untuk dipanjang atau dipendekkan.  Joran juga dilengkapi dengan ring guides sama dengan dua tipe sebelumnya. Semakin banyak jumlah ring guides maka kekuatan joran akan semakin bagus dalam meredam perlawanan ikan.


Cara Memilih Joran Pancing Terbaik
Contoh Joran Teleskopik (www.fisherpants.com)


Nah, itulah tiga jenis joran atau fishing rod. Sama seperti tali pancing, masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Tiap anglers juga memiliki selera yang berbeda. Satu jenis joran terbaik belum tentu dianggap baik oleh anglers lainnya. Faktor tempat mancing dan ikan target yang akan dicari juga sangat berpengaruh. Joran dengan kekuatan besar tidak akan berasa nyaman dipakai untuk memancing ikan-ikan kecil. Pun sebaliknya, memancing di laut dengan target ikan besar akan sia-sia jika menggunakan jenis joran dengan kekuatan kurang mumpuni. 

Baca Juga: Istilah-istilah Populer Di Dunia Pancing, Mancing Mania Harus Tahu!

Memilih joran terbaik memerlukan pengalaman. Anda harus memiliki jam terbang agar bisa belajar untuk menentukan variasi pilihan dengan mulai dari cara mencocokkan joran dengan reel yang tepat, memilih tali pancing dan umpan yang tepat sehingga anda akan menjadi seorang anglers yang mumpuni.

Salam mancing mania,


~Aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mancing, Cara Memilih Joran Pancing Terbaik"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray