Cara Membuat Perangkap Ikan Dari Botol Bekas

Cara Membuat Perangkap Ikan Dari Botol Bekas. Hallo guys, merasa jenuh ketika sedang memancing? Umpan anda tidak disambar-sambar ikan padahal ikan terlihat banyak di sekitar umpan pancing anda? Coba alternatif lain yuk guys, yaitu anda menangkap ikan menggunakan perangkap ikan. Tidak perlu peralatan yang ribet kok dan hanya memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar anda, yaitu botol kemasan air minum bekas. Lalu, bagaimana cara membuat perangkap ikan sederhana tersebut? Cek ulasan di bawah ya, guys


Baca Juga: Cara Membuat Simpul Pancing Bagi Pemula

Harus dicatat bahwa penggunaan botol bekas kemasan air minum ini hanya diperuntukkan menangkap ikan-ikan yang berukuran kecil ya, guys. Ikan-ikan syang bisa masuk ke dalam lubang tutup botol bekas air minum kemasi seperti betok, sepat, impun, keting dan lainnya. Ikan-ikan ini bisa anda manfaatkan sebagai umpan mancing, pakan untuk ikan peliharaan seperti Arwana, untuk dipelihara di aquarium dan untuk tujuan lain. Anda juga bisa memasang perangkap ini sambil tetap memancing ya, guys.

Bahan-bahan untuk membuat perangkap ikan kecil adalah sebagai berikut.


Loading...
  • 2 botol air mineral bekas atau botol bekas softdrink volume 2 liter
  • Senar/kawat atau tali pancing
  • Cutter atau pisau yang tajam
  • Lakban atau lem super
  • Roti atau remah roti atau pelet ikan 
  • Pasir, batu, kerikil 
Langkah Pertama
Ambil salah satu botol dan potong bagian bawahnya dengan menggunakan cutter atau pisau yang tajam. Potong botol menjadi dua potong 2-3 inci (5-8 cm) di atas bagian bawah. Buang bagian atas karena anda akan gunakan bagian setengah badan ke bawah.


cara membuat perangkap ikan dari botol bekas
Langkah Pertama: Potong Bagian Bawah Salah Satu Botol Bekas Kemasan Air Minum (wikihow)

Langkah Kedua:
Sebagai jalan masuk air ke dalam perangkap ikan, lubangi sisi botol sebanyak 10-15 lubang kecil dengan menggunakan ujung pisau atau ujung obeng/paku yang dipanaskan (panas akan menyebabkan plastik mudah mencair), buat lubang tesebut berjarak sekitar 1 cm antara satu dengan lainnya di tengah-tengah botol.



cara membuat perangkap ikan dengan botol bekas
Langkah Kedua: Buat Lubang Di Badan Botol Sebagai Jalan Masuk Air Ke Dalam Perangkap (wikihow)

Baca Juga: Mengenal Minyak Essen Untuk Bahan Tambahan Umpan Racikan Galatama


Langkah Ketiga:
Buat dua lubang kecil di bagian atas botol dan ikatkan tali pancing anda melalui kedua lubang tersebut. Langkah ini bertujuan agar perangkap bisa dilepaskan dan dinaikkan kembali dari dalam air melalui tali tersebut.

cara membuat perangkap ikan dengan botol bekas
Langkah Ketiga: Membuat Tali Untuk Memudahkan Menurunkan dan Mengangkat Kembali Perangkap  (wikihow)
Langkah Keempat:
Ambil satu botol lain yang tersisa. Kali ini anda harus memotong bagian atasnya. Anda memerlukan sedikit bagian atas dan tutup botol untuk dipasangkan dengan bagian bawah botol lain yang sudah anda kerjakan di langkah pertama sampai dengan ketiga.

cara membuat perangkap ikan dengan botol bekas
Langkah Keempat: Potong Bagian Atas Botol Lainnya (wikihow)

Langkah Kelima
Pasangkan bagian tutup yang anda potong di langkah ke empat ke bagian badan botol pertama dengan posisi terbalik membentuk sebuah corong. Ujung bagian tutup akan berada di bagian dalam botol pertama sementara bagian yang lebar sebagai pintu masuk ikan-ikan kecil untuk masuk ke dalam perangkap yang anda buat.

Baca Juga: Resep Jitu Umpan Racikan Untuk Galatama

cara membuat perangkap ikan dari botol bekas
Langkah Kelima: Pasangkan Bagian Tutup Botol Kedua Dengan Bagian Badan Botol Pertama (wikihow)

Langkah Keenam
Rekatkan antara kedua potongan botol tersebut menggunakan selotip atau lem yang kuat. Atau anda juga bisa memanaskan sambungan kedua botol tersebut dengan nyala api agar keduanya bisa meleleh bersama kemudian akan merekat dengan kuat satu dengan lainnya.

cara membuat perangkap ikan dari botol bekas
Langkah Keenam: Rekatkan Sambungan Botol Dengan Selotif Atau Bisa Juga Dipanaskan Dengan Nyala Api (wikihow)

Langkah Ketujuh
Letakan umpan berupa potongan roti atau kue atau juga bisa pelet yang biasa anda gunakan untuk memancing. Setelah itu tambahkan pemberat dengan batu kerikil, juga bisa anda tambahkan dengan rumput kering, sehingga menyerupai dasar perairan. Pemberian pemberat agar perangkap yang anda buat tetap berada di dasar perairan dan tidak terseret arus air.


cara membuat perangkap ikan dari botol bekas
Langkah Ketujuh: Masukan Roti Atau Pakan Ikan Serta Batu Sebagai Pemberat Dan Masukkan Perangkap Ke Dalam Air (wikihow)

Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Cabang 

Langkah Kedelapan
Biarkan perangkap terendam beberapa lama. Lebih baik jika anda biarkan selama sehari. Keesokan harinya anda bisa melihat kembali perangkap tersebut, mengangkatnya dari dalam air dan melihat apakah ada ikan-ikan kecil yang masuk ke dalam perangkap yang anda buat.

loading...
cara membuat perangkap ikan dari botol bekas
Langkah Terakhir: Angkat Perangkap Setelah Sehari Direndam Dalam Air (wikihow)

Nah, demikian ya guys, cara membuat perangkap untuk ikan kecil dengan memanfaatkan botol bekas. Anda bisa lakukan ini ketika anda sedang memancing di sungai, sawah atau rawa serta perairan lainnya. Jadi selain memancing, ada kegiatan lain yang anda bisa kerjakan, menarik bukan?

Selamat mencoba ya guys dan semoga perangkapa ikan anda berhasil mendapatkan ikan-ikan kecil.


Salam mancing mania,


~Aliemsurya~



*Referensi tulisan : wikihow
















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Perangkap Ikan Dari Botol Bekas"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray