Mengenal Istilah-Istilah Dalam Memancing

Istilah-Istilah Dalam Memancing
Memancing - Fishing - Ilustrasi (backstorysport.com)


Mengenal Istilah-Istilah Dalam Memancing. Halo guys, para mancing mania..! Tulisan kali ini akan menampilkan beberapa istilah yang familiar dan populer di dunia memancing (fishing). Para pemancing di tiap daerah di seluruh penjuru dunia, mungkin sudah memiliki nama serta istilah sendiri. Nah, istilah ini biasanya berlaku secara universal dan mungkin akan familiar dalam bahasa luar (Inggris).

Oke guys, simak selengkapnya di bawah ini ya.

  • Angler / angling: Sebutan untuk orang yang memancing dengan kail (hook) and senar/tali (line). Angling adalah kata lain untuk memancing dan pemancing adalah orang yang memancing.
  • Backlash : Kekusutan pada senar/tali pancing pada reel yang anda pakai. Biasanya akibat salah melempar atau terjadi simpul yang saling melilit satu dengan lainnya.
  • Bait: Umpan yang digunakan untuk memancing, berupa umpan hidup seperti cacing, serangga, ikan kecil ataupun umpan tiruan.
  • Baitcasting: Teknik mamancing dengan menggunakan reel dan joran (rod) khusus dan biasanya menggunakan umpan tiruan seperti katak, ikan untuk mendapatkan target ikan predator.



  • Boober / Float: Dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan pelampung atau kukumbul atau bandul. Tujuannya adalah menjaga kail yang berisi umpan tidak sampai ke dasar perairan. Pelampung juga bisa sebagai detector untuk mengetahui ketika umpan dimakan ikan.
Istilah-Istilah Dalam Memancing
Variasi Bentuk Dari Pelampung/Kukumbul/Boobers/Float (Bentley Fishing USA)

  • Catch & Release: Tindakan untuk melepaskan kembali ikan yang terpancing dengan tujuan untuk konservasi dan menjaga populasinya di alam liar agar tidak mengalami kelangkaan.
  • Fly-fishing: Teknik memancing dengan menggunakan pancing ringan dan sporty (disebut tangkai terbang) yang digunakan untuk melepaskan serangga hidup atau tiruan yang terikat pada kail.
  • Jig / jigging: Jig adalah umpan tiruan, biasanya menggunakan bahan logam. Dibuat menyerupai ikan hidup dan sering dirangkai dengan bulu, bulu, atau bodi / ekor plastik. Umpan hidup bisa ditambahkan ke hook. Jigging adalah teknik di mana jig bergerak naik turun secara vertikal. Teknik memancing ini biasanya digunakan di perairan yang dalam.
  • Tali Leader: Tali leader adalah tali utama yang menghubungkan antara kail (hook) dengan tali yang dari reel. Tali leader biasanya menggunakan bahan yang kuat bisa berupa senar biasa atau menggunakan kawat / nicklelin.
Istilah-Istilah Dalam Memancing
Contoh Senar Leader Pancing (Thropy Rigs)


  • Lures: Umpan buatan yang dibuat menyerupai umpan hidup. Bisa menyerupai ikan, katak, tikus atau lainnya.
Istilah-Istilah Dalam Memancing
Macam-macam Bentuk Lures / Umpan Tiruan

  • Line: Biasa disebut tali pancing, senar, kenur adalah alat untuk menghubungkan kail berisi umpan dengan reel atau langsung dengan joran (rod). Tipe senar pancing biasanya terdiri dari monofilamen dan multifilamen
  • Reel: Perangkat mekanis untuk memancing yang di dalamnya berisi tempat untuk menggulung senar pancing dan dilekatkan pada joran. Ada berbagai jenis reel, terutama spin-casting, spinning, umpan-casting dan fly-casting. Jenis spin-casting reel adalah yang paling banyak digunakan terutama oleh pemula karena mudah digunakan dan kurang rentan terhadap kusut.

Istilah-Istilah Dalam Memancing
Jenis-jenis Reel Pancing (shimanofish.blogspot)

  • Rod: Bagian tiang pancing, biasa disebut dengan joran. Biasanya terbuat dari bahan fiberglass, grafit atau komposit, batangnya memiliki berbagai ukuran dan kekuatan. Berbagai jenis batang bisa digunakan untuk fly fishing, spinning, spin casting, dan umpan casting.

Istilah-Istilah Dalam Memancing
Jenis-jenis Joran Pancing / Rod (anglingcouncilireland.ie)

  • Sinker: Pemberat yang digunakan untuk menenggelamkan umpan ke dasar perairan. Umumnya terbuat dari timah dengan berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda.
  • Snap / snap swivel / swivel: Peniti atau snap adalah potongan kawat berbentuk kait dengan gesper yang terikat pada pancing, tujuannya untuk mempermudah melepas dan memasang rangkaian pancing leader dari senar. Swivel atau biasa disebut kili-kili adalah piranti kecil untuk menghubungkan senar utama dengan leader atau membuat rangkaian cabang pancing. Swivel mencegah terjadinya kusut pada senar karena memiliki sumbu berupa ball bearing yang bisa berputar.

  • Strike: Sebuah tarikan pada garis pancing pertanda bahwa seekor ikan mencoba memakan umpan. 
Istilah-Istilah Dalam Memancing
Ekspresi Strike - Ilustrasi (thesportbriefing.com)

  • Trolling: Memancing dari kapal yang bergerak. Umpan dilemparkan di belakang kapal dan motor dijaga dengan gigi depan dengan kecepatan rendah. 
Nah, demikian istilah-istilah populer dalam dunia mancing. Setidaknya sebagai mancing mania, anda tidak ketinggalan jaman dan mengetahui sebagian besar istilah-istilah tersebut.


Salam mancing mania,


~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Istilah-Istilah Dalam Memancing"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray