Danau Sunter Destinasi Mancing Liar Favorit Di Jakarta Utara



Babon Patin Danau Sunter
Babon Patin Penghuni Danau Sunter Yang Terjerat Mata Kail (Dok. Pribadi)


Danau Sunter Destinasi Mancing Liar Favorit Di Jakarta Utara. Halo, para mancing mania!! Di tulisan saya sebelumnya telah dibahas salah satu tempat wisata di Bandung berupa hotel yang dilengkapi dengan fasilitas kolam pemancingan yang asyik, yaitu di "The Cipaku Garden Hotel". Kali ini saya akan ulas salah satu destinasi atau tempat mancing liar di sekitaran Jakarta.


Mungkin di antara Anda masih ada yang bertanya, destinasi mancing liar di sekitaran Jakarta, di mana? Memang masih ada ya tempat mancing liar, di Jakarta? 
Jawabannya ada lho, guys! Karena saya berdomisili di Jakarta Utara, saya akan menunjuk Danau Sunter sebagai salah satu tempat mancing liar yang direkomendasikan.





Danau Sunter Jakarta Utara
Salah Satu Spot Danau Sunter Jakarta Utara (Dok. Pribadi)
Ada beberapa alasan yang menyebabkan Danau Sunter atau biasa disebut Dasun sebagai destinasi mancing liar favorit. Berikut ulasannya.

Pertama, tentu saja gratis ya, guys. Tidak perlu bayar. Anda hanya perlu bawa uang buat jajan, kopi atau rokok. Tambahannya mungkin untuk beli umpan, jika Anda tidak membawa atau kebahisan umpan.


Apakah semua tempat di Dasun gratis? Ada tidak kolam pemancingan di sekitarnya yang bayar? Jawabannya ada, guys. Ada beberapa bagian kolam yang memang dikelola dan disewakan untuk tujuan mancing berbayar. Ikannya antara lain, Ikan Mas, Mujair atau Nila. Untuk kolam yang berbayar, saya belum pernah mencobanya.


Kedua, Dasun sangat luas, guys! Anda bisa mancing di manapun di sekeliling danau. Tinggal cari spot yang pas menurut Anda, pasang perangkat pancing, bersabar menunggu umpan Anda disambar penghuni danau.


Ketiga, Dasun juga cukup teduh. Ada banyak pepohonan di sekeliling danau yang bisa melindungi Anda dari sengatan matahari. Jadi tidak perlu risau kepanasan, guys. Tempat ini membuat suasana memancing Anda terasa nyaman.


Keempat, penjual perlengkapan dan peralatan pancing ada di sekitar danau. Jika Anda perlu peralatan atau perlengkapan pancing, seperti joran, reel, senar, pemberat, pelampung, mata kail, jaring tempat ikan, umpan dan peralatan lainnya, Anda bisa membeli di pedagang yang ada di trotoar depan danau.


Kelima, ada banyak penjual makanan di sekitar danau. Anda tidak perlu khawatir kelaparan, guys. Sediakan saja uang saku untuk perbekalan membeli makanan dan minuman. Dari mulai bakso, mie ayam, siomay, kopi, teh, dan aneka minuman serta rokok juga dijual di sini.


Target Ikan Apa Yang Paling Diburu? 

Kebanyakan anglers di sini memburu Patin yang berukuran jumbo. Sewaktu saya mancing di sini ada angler yang berhasil mengangkat Patin berukuran 10kg lebih dari dalam danau. Cek video di link ini, guys.

Selain Babon Patin, ikan lainnya yang kerap terjerat kail para anglers adalah Ikan Mas, Nila, Lele dan Udang Air Tawar.

Umpan Apa Yang Sering Digunakan Di Sini?

Untuk pakan tergantung selera ya, guys. Rata-rata anglers tidak membawa satu jenis umpan saja. Mereka rata-rata membawa umpan pelet juga umpan hidup seperti cacing tanah, jangkrik, kroto, lumut atau udang. Kebanyakan umpan yang dibawa adalah cacing tanah.

Apa Yang Kurang Dari Danau Sunter? 

Yang jelas crowded, guys. Kalau Anda datang siang atau sore, akan susah untuk mencari spot yang nyaman karena terlalu banyak anglers di sini terutama hari libur atau weekend.

Kekurangan berikutnya, para anglers tidak tertib dan banyak yang melanggar aturan dengan menggunakan jaring dan mata kail garong. Padahal di dekat danau sudah ada peringatan untuk tidak memancing menggunakan garong atau jaring.


Kekurangan berikutnya mungkin toilet. Selama memancing di Dasun, belum pernah terlihat atau menjumpai adanya toilet. Atau mungkin saya yang kurang tahu keberadaan toilet di sekitar danau. 


Nah, itu ulasan saya mengenai Danau Sunter sebagai salah satu destinasi favorit untuk mancing liar di sekitar Jakarta. Jika ada rekan anglers yang ingin memberi masukan dan tambahan, mohon dibantu di kolom komentar.



Updated
Setelah ada perbaikan dari pihak Pemda, kondisi Danau Sunter menjadi jauh lebih baik terutama trotoar yang semakin lebar dan rapi. Lokasi toilet ada di Danau Sunter di paling ujung, perhatikan gambar berikut.



Lokasi Toilet Di Danau Sunter
Lokasi Toilet Di Danau Sunter

Salam mancing mania,



~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Danau Sunter Destinasi Mancing Liar Favorit Di Jakarta Utara"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray