Berenang dan Mancing Di Cipaku Garden Hotel, Refreshing Mantap Di Kota Kembang

Kolam Renang Cipaku Garden Hotel
Kolam Pemancingan Ikan Cipaku Garden Hotel Bandung - Sumber Foto

Berenang dan Mancing Di Cipaku Garden Hotel, Refreshing Mantap Di Kota Kembang. Melupakan sejenak hiruk pikuk kota Jakarta dengan segala keriuhan lalu lintasnya dan panas udaranya serta menghangatnya kembali suhu politik warga Jakarta menjelang dilantiknya Anies - Sandi sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih periode 2017 - 2022. Sebagian memang sudah ramai dengan janji kampanye dan program andalan Anies - Sandi seperti kepemilikan rumah dengan DP nol persen dan rencana menghentikan reklamasi di Teluk dan Pantai Utara Jakarta.

Oke, guys .... Lupakan sejenak politik yang semakin pollll kalo kita gelitik 😁. Markising !! Mari kita refreshing

Nah, 14 Oktober 2017 lalu, saya sekeluarga mencoba suasana Bandung yang agak berbeda dari sebelumnya. Biasanya ngubek-ngubek Lembang dan sekitarnya. Kali ini agak sedikit turun tepatnya di daerah Cipaku Kecamatan Ledeng Bandung.

Yup, kalau kita menuju Lembang dari arah bawah (Pasteur dan sekitarnya), kita pasti akan melewati daerah ini, tepatnya setelah pintu gerbang UPI Bandung (yang ada masjidnya) pas di hook atau tikungan ke arah kanan lalu di arah kanan kita bisa lihat plank Cipaku Garden Hotel. Tidak jauh kok guys dari jalan masuk itu, namun jalannya memang agak sempit, berbelok dan ada beberapa tanjakan serta turunan yang lumayan curam. Lebih detil berikut gambaran lokasinya, guys..

Peta Lokasi Cipaku Garden Hotel
Rute Menuju Ke Cipaku Garden Hotel - Maps Google

Kami jauh-jauh hari sebelumnya sudah booked untuk kamar tipe grand deluxe, maklum kami berlima soalnya, dua orang dewasa dan tiga orang anak yang paling besar anak saya berumur 9 tahun sementara terkecil 2 tahun. Check In dan menurut resepsionisnya tidak ada tambahan biaya karena kami tidak pesan extra bed..mantappp... 😂.

Kami di antar oleh petugasnya ke kamari H-1, dari resepsionis mungkin sekitar 200 meter jauhnya. Kesan pertama melihat hotel ini adalah gaya klasik alias jadoel dengan tipe bangunan lama. Ya, saya ingat betul, sewaktu kuliah di UPI, hotel ini sudah ada dan saya termasuk yang cukup sering berenang di kolam renang hotelnya yang memang disediakan untuk umum.

Bedah Kamar Grand Deluxe The Cipaku Garden Hotel

Sebelum masuk ke kamar mobil bisa diparkir di depan/samping kamar masing-masing karena ada garasinya ya, guys... mantap deh! Gambarannya seperti ini ya..

Kamar Di Cipaku Garden Hotel
Kamar Cipaku Garden Hotel, Tipe Bangunan Lama dengan Garasi di Sampingnya - tripadvisor.co.id

Masuk ke kamar, kami dapati ruang tamu di depannya, lumayan luas bray! Lalu ada tanggal dan kamar kami ada di lantai atasnya. Luas banget, anak-anak langsung sumringah..Ndesoo 😂😂. Belum cukup dengan itu kami juga dapati teras dengan meja dan kursinya, lalu terdengar gemricik air di luar serta bunya serangga khas daerah hutan, orang Sunda suka menyebutnya tongeret. Mantap sekali, sampai-sampai lupa, kapan terakhir saya mendengar hewan itu "bernyanyi".

Kamar Tipe Grand Deluxe - Docs Pribadi
Si bungsu yang sumringah banget. Kali ini dia membekal "vespa" mainannya dan berselancar ria di dalam kamar. Yang punya anak kecil harap hati-hati ya, karena ada tangga walaupun tidak tinggi, khawatirnya mereka lari-lari dan terjatuh di tangga tersebut.

Tak lupa kita geledah isi kamarnya, guys TV jelas ada tapi AC tidak ada ya, udah dingin, coy. Jadi tidak perlu lagi AC. Pemanas air untuk bikin kopi ada plus kopi, teh dan gula (sesuai dengan yang di tawarkan oleh Traveloka). Lalu ada kulkas mini berisi tiga minuman ringan dingin. Ada lemari untuk baju, kamar mandi dengan bathub plus air panas. Kami merasa puas dengan kamar ini. Cuma menjelang malam ketika anak-anak tertidur, rasa sepinya berasa banget, guys! Kamar lega, ada ruang tamu, suara air gemericik, bunyi serangga malam dan suasana yang dingin...wihhhhhh agak seram juga ternyata... 😂

Cipaku Garden Hotel
Si Kecils Mejeng di Teras The Cipaku Garden Hotel - Docs Pribadi
Untuk bagian terasnya, tempatnya juga asyik. Bisa bawa kopi atau teh hangat sambil menikmati makanan ringan dan merokok tentu saja sambil mendengarkan musik alam berupa bunyi air dan serangga "Tongeret". Oh ya, sebelum lupa, setiap sudut kamar yang kami tempati diijinkan untuk merokok ya guys. Asbak sudah disediakan oleh pihak hotelnya, jadi saya rasa cocok banget kamar ini untuk para smokers.

Kolam Renang

Selonjoran sebentar, nyeduh kopi dan ngelepus ngisep si Hitam Angker 3 angka... 😎. Lalu bergegas ke kolam renang yang lokasinya 300 m dari kamar hotel dan harus berjalan dulu keluar gerbang, lumayan hitung-hitung pemanasan sebelum renang ya, guys. Mungkin ada yang mempermasalahkan karena musim hujan seperti sekarang ini, cukup ribet juga kalau kita harus keluar area hotel untuk berenang. Tapi si kecil sudah semangat ampat lima, nih. Jalan segitu mah kecil karena udah ngebet banget untuk berenang. Sebagai informasi, jika kita pengunjung yang akan menginap di The Cipaku Grand Hotel, makan kita akan diberikan kupon renang cuma-cuma. Bisa berapa kali saja menurut cashier nya, syaratnya, kalau ingin berenang lagi minta kupon kembali ke bagian resepsinya. Misalnya kami berenang sore hari, maka kupon akan kami serahkan ke cashier nya dan keesokan harinya jika ingin berenang lagi, pengunjung akan digratiskan syaratnya kita ke resepsionis tempat check in lalu minta kupon lagi. Alhamdulillah, kami berlima gratis semua tanpa ada penambahan biaya apapun.

Kolam Renang Cipaku Garden Hotel
Kolam Renang Air Dingin Cipaku Garden Hotel - info.wisatadibandung.blogspot.com
Kondisi kolam renang lumayan ramai, karena memang weekend dan seperti yang disampaikan di awal tulisan, kolam renang ini terbuka untuk umum, jadi siapapun bisa berenang di sini (kalo gak salah tiketnya 40 atau 45rb per-orang).

Kolam renang ada tiga, terdiri dari kolam renang air dingin (dua kolam) dan kolam renang air hangat (satu kolam). Kolam air dingin terdiri dari satu kolam renang buat anak-anak dan satu untuk kolam renang dalam (untuk dewasa). Dan primadona dari ketiga kolam renang yang ada di kawasan The Cipaku Garden Hotel tentu saja kolam air hangat. Suhu udara Bandung yang dingin menjadi alasan pengunjung kolam renang banyak yang menyerbu kolam ini. Satu hal yang disayangkan menurut saya adalah, kolam renang ini terlalu dalam untuk ukuran anak-anak. Bagian terdangkal hanya seukuran paha saya, jadi kalau anak-anak Anda berenang di kolam ini, selalu awasi dan waspada ya, guys.

Kolam Renang Air Hangat Cipaku Garden Hotel
Kolam Renang Air Hangat The Cipaku Garden Hotel - pegipegi.com

Kebersihan kolam renang cukup bagus, adanya tempat penjualan makanan dan minuman hangat dengan harga yang terjangkau membuat anak-anak saya sangat menikmati berenang di kolam air dingin khusus anak. Check it out video berikut!

Makan Malam

Untuk makan malam, kebetulan lagi mager, guys jadi bawaannya abis renang anak-anak pada ngarengkol di kamar, alhasil nyoba menu yang disiapin hotel deh! Harganya, ya lumayan mahal, namanya juga makan di hotel, tapi rasanya bener-bener maknyus, semua disantap habis tanpa sisa.

Sarapan

Untuk sarapan, kami dapat paket gratis sekaligus menginap di hotelnya. Untuk dua orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak kami nambah untuk satu orang saja untuk di santap bertiga. Waktu itu hanya dikenakan biaya tambahan 45rb rupiah untuk menu all you can eat. Ada soto, sop, nasi goreng, bubur ayam, dan lain sebagainya. Waktu sarapan dari jam 07.00 pagi sampai dengan 10.00. Sangat puas dengan makanannya dan suasana resto yang sejuk dan asri serta terbuka (bebas untuk merokok) membuat suasana sarapan semakin enjoy.

Restauran Cipaku Garden Hotel
Restauran The Cipaku Garden Hotel - 1001malam.com

Bermain & Memancing

Ini kegiatan yang paling ditunggu anak-anak. Tepat di samping resto, pasca sarapan anak-anak bisa bermain di lapangan yang cukup luas. Ada bola plastik, perlengkapan badminton. Lapangan yang luas membuat anak-anak bisa puas berlari. Sayangnya wahana permainan masih kosong. Alangkah lebih baiknya jika pihak pengelola hotel menambahkan wahana permainan sederhana untuk anak-anak seperti perosotan, ayunan, dan sejenisnya.

Tempat Bermain Anak Cipaku Garden Hotel
Lahan yang Lapang Untuk Bermain Anak-Anak
di Cipaku Garden Hotel - trabber.es

Selepas bermain, anak-anak kami bawa ke tempat pemancingan ikan air tawar yang lokasinya tidak jauh dari lapangan. Ada dua kolam pemancingan, yang pertama untuk kolam ikan Nila, Ikan Mas serta kolam untuk Ikan Bawal (walaupun ada juga di dalamnya ikan Nila dan ikan Mas). Alat pancing kami bawa sendiri dari rumah. Bagi Anda yang tidak membawa alat pancing atau umpang jangan khawatir karena semuanya disediakan oleh pihak pengelola, cukup sewa Rp. 10.000 saja per joran dan untuk umpannya berupa pelet kita beli Rp. 3.000.

Sensasi di kolam yang khusus Bawal benar-benar mantap, karena ikannya banyak dan mungkin banyak yang kelaparan, sehingga begitu umpan masuk kolam, Anda bisa langsung beradu tegang dengan Bawal yang terkenal dengan tenaganya yang besar.. 😂

Bagi yang ining bersantai sebaiknya, memilih kolam Nila dan Mas, karena Anda bisa sambil bersantai dan tidak terburu-buru "berkelahi" dengan ikan.

Sebagai informasi tambahan, pihak pengelola juga menyiapkan guide yang bisa membantu anak-anak untuk belajar memancing. Bagaimana memasang umpan dan bagaimana ketika posisi fish on sampai ikan akhirnya berhasil dilepaskan dari mata kail.

Nah, sebagai penutup tulisan ini, saya sarankan sebaiknya datang ke kolam pemancingan ini menjelang makan siang, guys. Ikan hasil pancingan kita, bisa request ke pihak pengelola untuk diolah menjadi masakan yang yummy. Bisa di goreng, atau di bakar dan bisa kita santap di tempat sambil menikmati sejuknya udara di sekitarnya. Harga perkilogram ikan dibandrol Rp. 40.000. Sedangkan jika kita minta diolah menjadi masakan, akan dikenakan charges sebesra Rp. 25.000 / kilogram.

Okay, guys.. semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menikmati suasana Bandung Utara dengan nuansa garden yang benar-benar masih asri ini. See you  di ulasan berikutnya.

Salam Blogger,

~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berenang dan Mancing Di Cipaku Garden Hotel, Refreshing Mantap Di Kota Kembang"