Tips, Umpan Jitu, Rangkaian Dan Teknik Mancing Ikan Baronang

Tips, Umpan Jitu, Rangkaian Dan Teknik Mancing Ikan BaronangSalah satu ikan laut yang cukup populer dan memiliki penggemar di kalangan mancing mania adalah Ikan Baronang. Ikan berbentuk pipih ini pada umumnya dipancing dengan cara khusus. Dikutip dari Wikipedia Indonesia, Baronang (Siganus Sp.) adalah nama untuk ikan laut yang masuk dalam keluarga Siginidae. Penamaan Ikan Baronang pun beranaeka ragam tergantung dari daerahnya. Kepulauan Seribu misalnya, nama lain Ikan Baronang dinamakan kea-kea, sedangkan di Jawa Tengah dinamai Biawas. Sementara nelayan-nelayan di Pulau Maluku menamakan Ikan Baronang dengan sebutan Samadar. Baronang ditemukan di perairan dangkal laguna di wilayah Indo-Pasifik dan timur Laut Tengah. Ikan Baronang dalam Bahasa Inggris disebut rabbitfish karena prilaku makannya yang memakan tumbuh-tumbuhan (rumput laut) secara rapi seperti dipangkas mesin rumput kecil.



Salah Satu Variasi Jenis Ikan Baronang
Salah Satu Variasi Jenis Ikan Baronang


loading...
Baca Juga: Tips Mancing Ikan Gabus dan Toman

Variasi Spesies Ikan Baronang
Ikan Baronang di Indonesia secara umum dikenal beberapa spesies yaitu Baronang susu (Siganus canaliculatus), Baronang Lada (Siganus guttatus) dan Baronang Angin(Siganus javus). Selain itu terdapat juga Baronang Tompel (Siganus stellatus), Baronang Batik (Siganus vermiculatus), Baronang Kalung (Siganus virgatus), Baronang Kunyit (Siganus puellus). Namun dikarenakan populasinya yang sudah langka, jenis-jenis yang terakhir ini mulai jarang ditemukan di habitat alaminya. Mancing mania sangat menyukai memancing Baronang Tompel karena tubuhnya yang agak lebar dan relatif lebih besar dibandingkan memiliki sensasi tarikan paling liar dan alot. Ikan Baronang Tompel tidak akan menyerah begitu saja dan akan terus meronta melepaskan diri dari jeratan kail pancing anda. Sementara itu dari  semua variasi jenis Ikan Baronang, yang paling banyak ditemui dan kemungkinan adalah species terbanyak adalah kelompok Baronang Susu.


Baca Juga: Tips Ampuh Mancing Ikan Gurame

Mencari Spot Mancing Ikan Baronang
Habitat Ikan Baronang adalah di laut, so...memancing ikan yang memiliki morfologi seperti kelinci ini harus di laut ya, guys. Jangan pernah nyasar mancing Ikan Baronang ke empang atau sungai.. hehehe...! Laut seperti apa sih yang banyak dihuni oleh Ikan Baronang? Hampir semua laut dihuni oleh Ikan Baronang terutama yang masih banyak karang. Ikan yang memiliki duri beracun ini cenderung lebih suka untuk mendiami celah-celah karang. 


Salah Satu Spot Untuk Memancing Baronang
Salah Satu Spot Untuk Memancing Baronang


Jika anda ingin memancing Ikan Baronang di laut tertentu, tanyakan ke anglers yang ada di spot, apakah pernah ada yang dapat Ikan Baronang atau tidak. Atau, bisa juga tanyakan ke penduduk setempat. Berdasarkan pengalaman, hampir semua spot laut biasanya dihuni oleh Ikan bermulut mungil ini. Jika anda memancing di sekitaran Jakarta, maka di Ancol dan Dam Priok anda juga bisa menemukan beberapa anglers sedang memancing Ikan Baronang.
Umpan Jitu Ikan Baronang
Setelah menemukan spot potensial yang dihuni oleh Ikan Baronang, bersiaplah untuk menyiapkan umpan jitu untuk memancing Ikan Baronang. Seperti yang diuraikan di atas, Ikan Baronang di habitat alaminya adalah herbivora. Itu artinya, Ikan Baronang akan memakan tumbuhan laut yang ada di sekitar habitatnya. Untuk itu, umpan jitu yang harus disiapkan adalah lumut laut. Inilah umpan yang paling potensial disambar oleh Ikan Baronang. Selain itu, anda juga bisa membawa lumut sawah jika tidak memiliki lumut laut atau jika ada anda bisa membawa berbagai macam jenis ganggang. Beberapa anglers memancing Ikan Baronang dengan tumbukan nasi putih, adonan untuk membuat bakwan atau bahkan membawa bakwan yang sudah digoreng.


Umpan Jitu Ikan Baronang
Umpan Jitu Ikan Baronang
Apapun umpan yang anda bawa untuk memancing Ikan Baronang, anda bisa mencobanya dan yang paling utama tentu saja lumut laut. Lumut laut ini mungkin terdengar sedikit asing ya, guys...! Biasanya anda lebih familiar dengan rumput laut untuk bahan agar-agar atau minuman. Lumut laut ini sesuai dengan namanya menghuni dasar laut baik menempel di bebatuan laut, di karang atau di tempat-tempat lain yang ada di dasar laut. Jika anda ingin membelinya secara online juga sudah tersedia meskipun mungkin hanya satu pelapak yang jual. Penggunaan lumut laut sebagai umpan ini hanya akan efektif jika kondisi lumut masih segar. Paling lama satu hari setelah didapatkan, lumut laut harus sudah digunakan untuk memancing. Jika lebih dari dari sehari, lumut tidak akan efektif untuk anda gunakan sebagai umpan jitu untuk memancing Ikan Baronang.


Baca Juga: Tips Mancing & Umpan Jitu Ikan Tawes

Rangkaian Pancing Ikan Baronang
Spot dan umpan sudah siap, saatnya anda membuat rangkaian pancing untuk Ikan Baronang. Biasanya anglers lebih menyukai memancing Ikan Baronang menggunakan joran tegek karena memancing Ikan Baronang biasanya dekat dengan batu-batu, di bawah jembatan atau dermaga, sehingga menggunakan joran tegek akan lebih leluasa dibandingkan dengan menggunakan joran biasa. Bagi anda yang belum mengetahui, joran tegek adalah joran (biasanya panjang) yang tanpa dilengkapi dengan ring guide pada badan joran. Tali pancing nantinya anda ikatkan diujung joran tegek dan joran ini tidak perlu menggunakan reel pancing.


Baca Juga: Umpan Jitu Mancing Ikan Lele

Selain menggunakan joran tegek, satu lagi yang khas untuk memancing Ikan Baronang adalah menggunakan kail khusus dengan beberapa mata kail yang disatukan (biasanya disolder). Di kalangan para mancing mania, jenis kail khusus untuk memancing Ikan Baronang ini disebut Kail Garong. Anda bisa membuatnya sendiri. Jika tidak ingin repot, anda juga bisa membelinya di toko pancing langganan anda atau membelinya secara online.


Peralatan Mancing Ikan Baronang
Peralatan Mancing Ikan Baronang
Baca Juga: Tips Mancing Mujair Di Spot Liar
Lalu, rangkaian pancing apa yang cocok digunakan untuk Ikan Baronang, apakah menggunakan pelampung atau teknik mancing dasaran alias glosor? Dua-duanya bisa anda pakai, guys...! Tapi yang paling direkomendasikan adalah memakai pelampung besar dengan lubang yang berada di tengah pelampung sehingga tali pancing masuk kedalam pelampung. Akan tetapi, jika kondisi permukaan air bagian atas lebih tenang cukup kencang, anda bisa melepas pelampung dan menggantinya dengan rangkaian pancing dasaran. 


Waktu Tepat Untuk Mancing Ikan Baronang
Setelah menentukan spot mancing, menyiapkan umpan jitu, membuat rangkaian dan mengetahui teknik mancing Ikan Baronang tibalah saatnya anda untuk pergi ke spot dan bersiap memancing. Waktu yang paling tepat adalah pada saat suhu air hangat. Berdasarkan pengalaman, saat musim kemarau sambaran Ikan Baronang lebih galak dibandikan pada saat musim hujan. Dan, sebagai referensi paling penting adalah, Ikan Baronang adalah kelompok ikan yang termasuk ke dalam hewan diurnal. Hewan diurnal adalah hewan yang aktif pada siang hari, sementara pada malam hari hewa ini akan pasif dan istirahat. Ikan Baronang akan mencari makanan pada siang hari, sementara pada malam hari bersembunyi di celah-celah batu pemecah ombak. celah karang, atau bangkai kapal tenggelam. 


Baca Juga: Cara Neger Ikan Gabus, Mancing Tidak Perlu Repot!

Jadi, jangan mancing Ikan Baronang malam hari ya, guys...kemungkinan disambarnya sangat kecil. Jikapun tersambar, mungkin ikannya sedang mengantuk, tergelincir dan mengenai kail garong anda ya, guys!! hahahaa... Sampai dengan saat ini, saya belum dapat informasi ada anglers yang bisa mendapatkan Ikan Baronang pada saat memancing malam hari.

Cara Memasang Umpan Mancing Ikan Baronang
Tips yang terakhir mancing Ikan Baronang adalah cara memasang umpan. Umpan mancing Ikan Baronang dikelompokkan menjadi dua, yaitu umpan lumut, ganggang, dan tanaman air lainnya dan umpan yang tenggelam seperti nasi, umpan racik lainnya. Biasanya umpan lumut dan tanaman air disimpan tepat di atas kail garong dan anda bisa menjepitnya dengan alat jepit apa saja agar umpan tidak mudah lepas. Sementara jika anda menggunakan umpan racikan yang tenggelam, anda bisa memakai kail garong berukuran lebih kecil dan menempatkan tumbukan nasi, roti, umpan racik lainnya menutupi semua bagian kail garong yang dipakai. Untuk melihat perbedaannya, perhatikan gambar di bawah ini.


Cara Memasang Umpan Pancing Ikan Baronang
Cara Memasang Umpan Pancing Ikan Baronang (Squidfish.net)
Baca Juga: Cara Membuat Perangkap Ikan Belanak

Oh ya, last but not least, perhatikan tips mancing tambahan berikut agar anda bisa waspada saat memancing Ikan Baronang.

  • Ikan Baronang memiliki duri yang beracun, meskipun demikian, dagingnya tidak beracun dan aman untuk dikonsumsi. 
  • Racun di dalam duri akan sangat menyakitkan jika mengenail kulit anda, jadi berhati-hatilah pada saat akan memegang ikan ini. Gunakan sarung tangan, kain atau pelindung lainnya ketika akan melepas kail dari mulit Ikan Kelinci ini.
  • Ikan Baronang juga akan memakan kotoran manusia / tinja terutama di laut yang dekat dengan pemukiman nelayan. Jadi, jika ingin aman, carilah spot mancing yang cukup jauh dari pemukiman penduduk.
Nah... demikian ya, guys tulisan saya mengenai tips, umpan jitu, rangkaian dan teknik mancing Ikan Baronang. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda sebelum memancing Ikan Baronang. Salam mancing mania..... !
loading...

~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips, Umpan Jitu, Rangkaian Dan Teknik Mancing Ikan Baronang"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray