Tips Sukses Mancing Ikan Gurame, Anglers Wajib Tahu

Tips Sukses Mancing Ikan Gurame Anglers Wajib Tahu
Bagaimana ya rasanya mancing Ikan Gurame? Mungkin sebagian anglers masih ada yang belum mengetahui sama sekali sensasi memancing Ikan Gurame karena ikan yang berkerabat dengan Ikan Sepat ini jarang disediakan di kolam pemancingan ikan. Ikan Gurame meskipun cukup populer di Indonesia tetapi tidak seperti Ikan Nila, Ikan Mujair atau Ikan Mas yang bisa ditemukan dengan mudah kolam pemancingannya. Spot atau lokasi mancing Ikan Gurame liar juga jarang terekspos karena keberadannya yang lebih banyak terdapat di kolam peliharaan ikan milik pribadi.
loading...

Ikan Gurame Babon Ukuran Monster
Ilustrasi Ikan Gurame Babon Ukuran Monster (Big Fish of The World)

Baca Juga: Tips & Triks Ampuh Mancing Ikan Mujair Liar

Karakteristik Ikan Gurame
Sebelum anda mempelajari cara memancing Ikan Gurame, sebagai anglers yang baik, tidak ada salahnya untuk mengetahui karakteristik dari ikan yang akan anda pancing. Jika anda memiliki referensi tentang ikan target yang akan anda pancing, hal tersebut sedikit banyak akan membuat anda memiliki pengetahuan untuk kemudian bisa memilih umpan, memilih teknik mancing dan mencari spot atau lokasi memancing. Diharapkan dengan penguasaan materi mengenai karakteristik ikan target, kegiatan memancing anda akan lebih sukses dibandingkan dengan mancing serampangan alias mancing tanpa target sama sekali.

Ikan Gurame adalah salah satu ikan konsumsi yang cukup populer dan salah satu ikan tawar yang sering kali masuk di dalam menu yang disajikan oleh restauran seafood ternama. Nama latin Ikan Gurame adalah Osphronemus goramy. Di Indonesia, ikan ini disebut sebagai Ikan Gurame oleh masyarakat Sunda, Ikan Grameh di masyarakat Jawa dan Ikan Kali oleh masyarakat Palembang. Dalam Bahasa Melayu, Ikan Gurame di sebut sebagai Ikan Kaloi.

Baca Juga: Tips & Triks Mancing Ikan Bandeng

Dikutip dari Wikipedia, Ikan Gurame memiliki ciri khas karena bentuknya yang lebar dan pipih. Panjang tubuh sekitar 2 kali tinggi tubuh. Pada Ikan Gurame indukan dewasa, panjang tubuh total (dengan sirip ekor) bisa mencapai 1.000 mm (1 meter). Sirip perut dengan jari-jari pertama yang pendek berupa duri dan jari-jari kedua yang lentur panjang serupa cambuk. Ikan Gurame yang muda memiliki moncong yang meruncing, dengan 8-10 pita melintang (belang) di tubuhnya. Jika beranjak dewasa warna-warna ini memudar, dan kepala ikan akan membengkak secara tidak teratur.


Spot Liar Yang Berpotensi Dihuni Oleh Ikan Gurame
Bagi anda yang daerahnya masih terdapat Ikan Gurame liar, karakteristik berikut bisa anda jadikan referensi untuk mencari lokasi mancing Ikan Gurame liar. Gurami semula menyebar di pulau-pulau Sunda Besar (Sumatra, Jawa, dan Kalimantan), namun kini telah dipelihara sebagai ikan konsumsi di berbagai negara di Asia (terutama Asia Tenggara dan Asia Selatan) serta di Australia. Di alam, gurami hidup di sungai-sungai, rawa dan kolam, termasuk pula di air payau. Habitat yang paling disukai oleh Ikan Gurame adalah kolam-kolam dangkal dengan banyak tumbuhan air di dalamnya. Anda bisa mendeteksi keberadaan Ikan Gurame di spot mancing dengan memperhatikan pergerakan air, karena sesekali ikan ini muncul ke permukaan untuk bernapas langsung dari udara.

Spot Mancing Liar Ikan Gurame
Contoh Spot Mancing Liar Ikan Gurame
Baca Juga: Cara Lain Mancing Gabus Dengan Teknik Neger

Makanan Ikan Gurame
Tips utama agar anda bisa sukses mancing Ikan Gurame adalah anda sebagai anglers wajib untuk mengetahui makanan utama di habitat alaminya untuk kemudian menyiapkan umpan mancing. Gurami di habitat liarnya adalah ikan yang memakan tumbuhan, namun Ikan Gurame juga dapat memangsa serangga, ikan lain yang berukuran lebih kecil, serta juga barang-barang yang membusuk di air dalam kolam, danau, atau rawa.

Mencari Spot Liar Untuk Memancing Ikan Gurame
Setelah anda mengetahui baberapa karakteristik dari Ikan Gurame yang menjadi ikan target anda, saatnya melakukan persiapan awal dengan mencari lokasi yang diduga masih dihuni oleh Ikan Gurame liar. Bagaimana cara mencari spot liar yang anda prediksikan masih ada Ikan Gurame di dalamnya? Berikut beberapa kriteria spot untuk memancing Ikan Gurame liar yang patut anda coba yakni:
  • Spot yg di tumbuhi pohon teratai
  • Spot yang ditumbuhi Kangkung Air 
  • Spot yang terdapat tanaman-tanaman air di atasnya 
  • Spot danau, rawa, kolam di mana ada pohon tumbang yg jatuh ke dalam air tersebut 
  • Spot yang terdapat patok atau bambu atau pohon lain yang terendam di dalam air
  • Spot di kolam pemancingan, anda bisa mencari tempat yang berada di pojok-pojok kolam
Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame 
Seperti yang diuraikan pada karakteristik makanan Ikan Gurame di habitat alaminya, umpan-umpan berikut ini bisa anda siapkan untuk memancing Ikan Gurame.

a. Umpan Alami atau Umpan Hidup Ikan Gurame
Beberapa umpan hidup Ikan Gurame adalah jenis serangga yang bisa anda gunakan untuk memancing Ikan Gurame.
  • Jangkrik 
  • Capung
  • Kroto 
  • Anak lebah yang belum jadi
  • Belalang
  • Belatung
  • Ulat Pohon Bambu
  • Angge-angge atau Ga'ang atau Orong-orong
  • Kecoa tanah / kecoa batu atau celemende
loading...
Contoh Umpan Hidup Mancing Ikan Gurame
Contoh Umpan Hidup Mancing Ikan Gurame
b. Umpan Buatan Untuk Mancing Ikan Gurame
Sementara itu selain menggunakan umpan hidup anda bisa menggunakan umpan lainnya menggunakan tumbuh-tumbuhan sesuai dengan makanan alaminya atau menggunakan umpan racikan seperti contoh berikut:
  • Berbagai jenis variasi Roti
  • Bolu Kukus
  • Nangka Matang
  • Lumut
  • Daun Talas Muda (Orang Cirebon menyebutnya Daun Lompong)
  • Daun Kangkung Muda
  • Daun Singkong Muda
Baca Juga: Mancing Sambil Menikmati Kuliner Di RM Teh Haji Purwakarta

Teknik Memancing Ikan Gurame
Tips berikutnya agar anda sukses memancing Ikan Gurame adalah bagaimana cara memancing Ikan Gurame atau teknik apa yang cocok digunakan untuk memancing Ikan Gurame. Sesuai dengan karakteristiknya, Ikan Gurame lebih suka menempati perairan yang dangkal dan sesekali menyembul ke permukaan untuk mengambil oksigen. Teknik memancing menggunakan pelampung adalah teknik yang paling sering digunakan anglers untuk memancing Ikan Gurame. Jikapun anda ingin mencoba variasi lainnya, bisa menggunakan teknik mancing dasaran atau glosor dengan menggunakan timah yang kecil.

Satu hal yang anda juga harus tahu adalah cara mendeteksi sambaran Ikan Gurame pada saat memancing. Ikan Gurame tidak serta merta menyambar umpan anda, karena cenderung akan mempermainkan atau mencoba terlebih dahulu alias mencicipi. Jika makanan tersebut cocok, Ikan Gurame akan menarik umpan dan mencoba membawanya kabur. Anda bisa mendeteksinya pada pelampung. Pada saat pelampung masih timbul tenggelam jangan terburu-buru menyentak joran. Setelah pelampung terseret baru anda sentak.

Ukuran Kail Untuk Memancing Ikan Gurame
Tips memancing Ikan Gurame berikutnya adalah menentukan ukuran kail atau hook untuk memancing Gurame. Berapa sih ukuran kail yang direkomendasikan untuk memancing Ikan Gurame? Berdasarkan pengalaman, anglers pada umumnya menggunakan kail ukuran nomor 3 atau 4 untuk memancing Ikan Gurame. Ukuran kail tersebut sama dengan yang biasa digunakan untuk memancing Ikan Mas. Namun, untuk memancing Ikan Gurame berukuran monster atau babon, anda bisa menggunakan kail yang lebih besar (ukuran 5-7).


Baca Juga: Cara Memancing Ikan Nila Dengan Teknik Cotton Bud

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Memancing Ikan Gurame
Waktu yang dianggap paling tepat untuk memancing Ikan Gurame adalah saat setelah subuh sampai pagi menjelang siang atau saat sore menjelang magrib. Bisa juga pada saat siang hari ketika kondisi langit mendung. Tidak direkomendasikan memancing pada saat malam atau tengah malam karena Ikan Gurame sangat pasif pada saat malam hari dan tidak akan menyentuh umpan anda kecuali tidak sengaja tesenggol ketika Ikan Gurame sedang mengantuk ...hehee...

Oh ya guys, berdasarkan pengalaman, ketika memancing dengan kawan yang cukup banyak dan diselingi senda gurau, Ikan Gurame tidak mau memakan umpan. Apalagi ketika sandal salah satu teman masuk ke kolam, Ikan Gurame tidak mau muncul kembali dan hasil mancingnya boncos alias zonk. Tetapi, ketika mencoba kembali memancing sendiri dengan kondisi yang lebih hening, Ikan Guame bisa muncul dan mau menyambar umpan roti yang dipakai. Jadi, tips sukses mancing Ikan Gurame yang terakhir adalah, jangan pada berisik atau mengganggu air kolam agar umpan anda bisa disambar Ikan Gurame ya, guys ....

Selamat mencoba dan semoga beruntung..


~aliemsurya~


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Sukses Mancing Ikan Gurame, Anglers Wajib Tahu"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray