Cara Benar Mengikat Kili-Kili Pancing Agar Kuat

Cara Benar Mengikat Kili-Kili Pancing Agar Kuat 
Untuk anda para anglers pemula yang masih belajar tentang seluk-beluk memancing dan segala macam tetek bengek nya, pasti akan sampai kepada pertanyaan apa fungsi kili-kili atau dalam bahasa universalnya disebut sebagai swivel? Kemudian, setelah mengetahui dan memakai kili-kili pada suatu rangkaian pancing, ternyata tali pancing utama terlepas dari tali leader pada saat terjadi sambaran atau ketika kail tersangkut sampah, batu yang ada di dasar perairan. Setelah diteliti, anda mengikat kili-kili kurang kuat yang mengakibatkan senar pancing mudah lepas karena simpulnya tidak erat.

Cara Benar Mengikat Kili-Kili Pancing Agar Kuat
Cara Benar Mengikat Kili-Kili Pancing Agar Kuat 
Baca Juga: Beberapa Cara Mengikat Simpul Pancing Bagi Pemula
Lalu, bagaimana seharusnya mengikat kili-kili pancing yang benar supaya simpulnya kuat dan tidak mudah terlepas? Sebenarnya pertanyaan ini masih sejenis dengan pertanyaan bagaimana cara membuat simpul pancing yang kuat? Tentunya ada berbagai cara dan variasi yang bisa anda lakukan. Apakah cara yang saat ini anda pakai untuk mengikat kili-kili sudah tepat? Jika sampai terjadi senar pancing yang dihubungkan ke senar leader menggunakan kili-kili sampai terlepas, itu artinya cara ikatan yang anda pakai tidak tepat, guys!

Tidak perlu rumit dan tidak perlu menerapkan berbagai gaya atau cara dalam mengikat kili-kili pancing agar kuat. Satu cara anda bisa pakai setelah cara tersebut teruji. Tidak perlu mencoba cara lain jika anda sudah benar dalam mengikat kili-kili yang tepat dan tentu saja anda bisa terapkan cara tersebut untuk berbagai keperluan memancing, baik memancing di laut atau di air tawar, baik menggunakan teknik pelampung, memancing menggunakan soft lures, hard lures atau yang paling umum adalah membuat rangkaian pancing dasaran.

loading...
Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Laut Dasaran

Oke, guys... berdasarkan pengalaman saya sendiri, inilah cara yang menurut saya tepat dalam membuat ikatan pada kili-kili agar kuat, tidak licin dan mudah lepas. Sebenarnya faktor tali senar utama juga sangat menentukan kuat atau tidaknya ikatan pada kili-kili. Menggunakan tali senar pancing PE (multifilamen) akan menghasilkan ikatan simpul yang kuat dibandingkan tali pancing nilon (monofilamen). Tapi, abaikan dulu perbedaan kedua jenis tali senar pancing tersebut. Berikut gambar yang anda bisa lihat dan langsung praktekkan.

Cara Benar Mengikat Kili-Kili Pancing Agar Kuat
Cara Benar Mengikat Kili-Kili Pancing Agar Kuat 
Langkah untuk mengikat kili-kili pancing agar kuat secara benar berdasarkan gambar:

  1. Masukkan tali pancing atau senar ke dalam lubang kili-kili
  2. Buat sebuah lingkaran dengan menahannya menggunakan jari tengah atau telunjuk anda, lalu ulang cara pertama. Artinya anda membuat dua buah lingkaran tali di dalam lubang kili-kili
  3. Sisa tali dari salah satu ujung kemudian anda lilitkan ke tali ujung lainnya bisa 5-6 kali lilitan tergantung selera anda.
  4. Sisa tali yang dililitkan kemudian dimasukkan ke dalam dua lingkaran tali yang terbentuk di langkah 1 dan 2
  5. Secara bersamaan, tahan sisa tali bekas lilitan, sementara ujung tali senar pancing utama lainnya anda tarik sehingga akan terbentuk simpul dari lilitan  tali senar yang kuat. Jika masih ada sisa yang panjang, rapihkan dengan cara digunting.
Baca Juga: Cara Memasang Tali Senar Pancing Baru Ke Dalam Reel
Cara mengikat kili-kili pancing agar kuat seperti tersebut di atas adalah cara saya memodifikasi dari awalnya yang hanya membuat satu lingkaran (pada langkah 1) dan langsung loncat ke langkah 3. Hasilnya, kili-kili tidak terbentuk simpul secara benar terutama ketika menggunakan senar nilon (monofilamen). Simpul mudah lepas ketika kail menyangkut sesuatu di dasar perairan dan tidak menutup kemungkinan, ketika mendapat sambaran ikan yang berukuran besar juga akan dengan mudah terlepas. Dengan memodifikasi menggunakan dua kali lingkaran tali di kili-kili simpul ikatan tali menjadi lebih solid, tidak licin dan tidak mudah terlepas. 


Baca Juga: Mengapa Anglers Lokal Jarang Pakai Aksesoris Pancing Ini?

Demikian cara yang benar mengikat kili-kili pancing agar kuat dan tidak mudah lepas. Mungkin sobat mancing mania lainnya memiliki cara beda yang lebih kuat dan lebih mudah dilakukan, silahkan dilanjutkan. Bagi anglers yang masih belajar cara mengikat kili-kili pancing, anda bisa praktekkan dan bisa buktikan sendiri kekuatan simpul yang dijelaskan pada langkah-langkah di atas. Semoga bermanfaat dan salam mancing mania.


~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Benar Mengikat Kili-Kili Pancing Agar Kuat "

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray