Tips Ampuh Mancing Ikan Gabus Dan Ikan Toman

Tips Ampuh Mancing Ikan Gabus Dan Ikan Toman
Ikan Gabus (Channa striata) adalah salah satu predator air tawar yang sangat disenangi dan menjadi ikan target favorit para mancing mania. Ikan Gabus serta juga Ikan Toman merupakan predator rakus yang bisa menyambar apa saja yang bergerak dipermukaan air. Dagingnya yang kaya protein menjadikan Ikan Gabus memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Tidak salah jika para anglers sangat antusias untuk memancing ikan yang juga dijuluki sebagai snakehead fish ini.


Di tulisan saya sebelumnya, telah diuraikan mengenai tips mancing Ikan Gabus atau Ikan Toman dengan teknik mancing neger yang sebenarnya adalah teknik turunan yang paling sederhana dari teknik mancing ngoncer, yaitu teknik mancing dengan memanfaatkan umpan hidup. Dengan menggunakan teknik neger, anda tidak perlu menunggui joran. Anda hanya perlu mengontrolnya pada skala waktu tertentu dan memerika apakah pancing teger anda berhasil menjerat Ikan Gabus atau zonk. Simak selengkapnya ulasan mengenai teknik mancing neger Ikan Gabus di sini.

Baca Juga: Tips Sukses Mancing Ikan Gurame, Anglers Wajib Tahu

Perbedaan Ikan Gabus Dengan Ikan Toman
Sebelum mengupas lebih jauh mengenai tips memancing Ikan Gabus, anda sebagai mancing mania setidaknya bisa mengetahui perbedaan Ikan Gabus dengan Ikan Toman. Keduanya memang satu kerabat dan sama-sama berada di dalam genus Channa. Ikan Toman dan Ikan Gabus hampir serupa  tapi tak sama. Sama halnya dengan Ikan Mujair yang berbeda dengan Ikan Nila. Agar perbedaan antara Ikan Gabus dan Ikan Toman ini terlihat lebih jelas, silahkan perhatikan gambar di bawah.

Perbedaan Ikan Gabus dan Ikan Toman
Perbedaan Ikan Gabus dan Ikan Toman
Perbedaan Ikan Gabus dan Ikan Toman yang paling mencolok adalah pada warna dan sirip perut. Warna Ikan Gabus cenderung polos sementara Ikan Toman memiliki corak hitam-putih. Sedangkan sirip perut pada Ikan Toman terlihat lebih jelas dan lebar jika dibandingkan dengan Ikan Gabus. Dari segi ukuran, Ikan Toman bisa mencapai ukuran terbesar mencapai panjang 1,5 meter. Sedangkan Ikan Gabus ukurannya relatif lebih kecil dibandingkan Ikan Toman. Biasanya kelompok snakehead berukuran monster adalah dari kelompok Ikan Toman. Sebenarnya kelompok snakehead fish tidak hanya Ikan Gabus dan Toman, ada banyak spesies lain dari genus channa ini dan anda bisa lihat variasinya melalui gambar di bawah ini.

Variasi Ikan Gabus Genus Channa
Variasi Ikan Gabus Genus Channa
Baca Juga: Tips Mancing Ikan Mujair Di Spot Liar

Habitat & Makanan Alami Ikan Gabus

Tips mancing Ikan Gabus dan Toman yang paling dasar untuk anda kuasai adalah mengetahui karakteristik Ikan Gabus. Sebagai predator air tawar Ikan Gabus dapat ditemui di rawa-rawa, sawah, danau, sungai atau kolam. Ikan Gabus mudah hidup dan memangsa katak, ikan-ikan kecil, serangga, udang dan hewan lain seperti tikus. Anglers umumnya memancing gabus di rawa atau sawah, di danau atau di kolam yang terdapat semak di sekelilingnya. Memancing gabus, baik yang ukurun kecil maupun yang berukuran monster atau gabus raksasa sangat memacu adrenalin karena watak predator Ikan Gabus yang rakus pada saat menyambar umpan yang anda pakai.

loading...
Setelah mengenal habitat liarnya, anda bisa menentukan spot mancing yang diprediksi dihuni oleh Ikan Gabus atau Toman yang memiliki ciri-ciri atau kriteria antara lain sebagai berikut:

  1. Kolam dengan tumbuhan air di atasnya (kangkung, teratai, dan tanaman air lainnya)
  2. Sawah yang terdapat air, bukan sawah yang kering menjelang panen
  3. Rawa-rawa dengan dasar gambut yang berair
  4. Di pinggir sungai yang aliran airnya tidak terlalu deras dan dasar sungai yang berlumpur
  5. Selokan di sekitar rumah yang memungkinkan Ikan Gabus hidup

Baca Juga: Cara Mancing Ikan Nila Dengan Teknik Cotton Bud
Ikan Gabus atau Toman pada umumnya memiliki kebiasaan untuk menyembul ke permukaan (seperti halnya Ikan Gurame) untuk mengambil oksigen. Adanya riak air (cipakan) di sekitar permukaan air menandakan spot yang anda cari terdapat Ikan Gabus. Cara lainnya yang paling mudah untuk mendeteksi keberadaan Ikan Gabus di lokasi mancing adalah melihat keberadaan larva atau anak Ikan Gabus yang berukuran kecil. Seperti halnya Ikan Gurame, Ikan Gabus indukan akan protektif dan melindungi anak-anaknya. Jika di spot mancing terdapat larva Ikan Gabus, dipastikan lokasi tersebut sangat potensial untuk mendapatkan sambaran.

Peralatan Untuk Mancing Ikan Gabus
Setelah anda menentukan lokasi memancing Ikan Gabus atau Toman, saatnya anda menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk mancing Ikan Gabus. Peralatan utama meliputi joran, senar pancing, reel, umpan, soft lures. Tidak diperlukan peralatan khusus, karena yang paling utama dalam memancing Ikan Gabus dengan teknik casting adalah keseimbangan antara tiga komponen utama yaitu joran pancing, reel pancing dan senar pancing. Artinya joran yang anda pakai harus sesuai dengan reel dan juga tali pancing yang anda gunakan agar anda bisa memancing dengan nyaman dan leluasa.

Peralatan Mancing Ikan Gabus
Peralatan Mancing Ikan Gabus
Dengan keseimbangan tersebut, anda akan lebih mudah untuk melempar umpan ke tempat persembunyian Ikan Gabus dan Toman yang kadangkala tertutup oleh tanaman air. Sementara untuk perlengkapan tambahan memancing Ikan Gabus meliputi perbekalan anda selama memancing Ikan Gabus, karena pada umumnya lokasi memancing yang berada di sawah, rawa, kolam membutuhkan perlengkapan untuk melindungi anda.

Baca Juga: Spot Mancing Liar Wilayah Cirebon Dan Sekitarnya

1. Joran Pancing Ikan Gabus
Perlu anda ingat, Ikan Gabus suka bersembunyi di bawah tanaman air untuk mengintai dan menyergap mangsanya. Adakalanya karena lemparan umpan anda tujukan di dekat tanaman air, pada saat strike dan anda menggulung reel, tanaman air ikut terseret dan akan menambah beban baik untuk joran, reel maupun senar pancing anda. Untuk itu memilih joran pancing Ikan Gabus harus yang kuat (direkomendasikan yang bisa drag 10kg), dan direkomendasikan joran sambung dibandingkan joran antena karena joran sambung lebih kuat menahan beban.

Adapun tipe joran yang anda gunakan untuk casting baik spinning maupun baitcasting tergantung dari selera dan kenyamanan masing-masing. Asalkan seimbang antara joran, reel dan senar pancing baik jenis baitcasting maupun spinning bisa anda gunakan untuk memancing Ikan Gabus atau Toman. Panduan lengkap memilih joran pancing terbaik yang sesuai dengan ikan target bisa anda lihat di tulisan ini.

2. Reel Pancing Ikan Gabus
Reel ukuran berapa yang cocok dipakai untuk mancing ikan gabus? Jawabannya tergantung ukuran Ikan Gabus itu sendiri. Jika ukurannya kecil reel spinning dengan ukuran 2000 - 3000 sudah cukup untuk anda gunakan memancing Ikan Gabus dengan teknik casting. Jika anda memakai ukuran reel yang lebih besar untuk teknik casting anda akan merasa tidak nyaman karena terlalu berat dan anda mudah lelah, guys! Panduan untuk memilih reel terbaik yang sesuai dengan ikan target bisa anda simak di tulisan ini.

3. Tali Pancing atau Senar Pancing Ikan Gabus
Cobalah menggunakan senar pancing PE (multifilament atau braided line fishing) untuk memancing Ikan Gabus dengan teknik casting. Senar PE adalah senar yang kuat, tidak mudah menggulung (kusut) dan sangat nyaman untuk dipakai terutama teknik casting. Pilih senar PE dengan diameter kecil untuk memancing Ikan Gabus atau Toman karena anda akan bisa melempar umpan dengan jarak jangkauan yang lebih jauh dibandingkan dengan senar yang memiliki diameter yang lebih besar. untuk lebih detil mengupas kelebihan dan kekurangan senar pancing anda bisa menyimak tulisan saya di link ini.

Jangan khawatir, guys ... sekarang anda bisa memperoleh peralatan mancing dan juga perlengkapannya hanya dengan menggunakan smartphone anda. Anda bisa bebas berselancar dari satu merchant online ke merchant online lainnya untuk mencari peralatan pancing. Jika budget menjadi kendala, tidak perlu membeli yang bermerek, yang penting anda harus jeli melihat kondisi barang serta testimoni dari pembeli lainnya agar pembelian anda tidak mengecewakan dan membuat anda kapok. Untuk mengetahui tips dan triks membeli peralatan pancing secara online, anda bisa membacanya di tulisan ini.

Lalu, perlengkapan apa yang harus anda bawa untuk memancing Ikan Gabus atau Ikan Toman?perlengkapan yang harus anda bawa adalah air minum, bekal makanan atau camilan, sepatu kedap air yang juga berguna ketika anda harus masuk ke dalam spot seperti kolam atau rawa, pelindung kepala (topi), kacatama anti ultraviolet, buff atau masker dan sarung tangan untuk melindungi anda dari sengatan sinar matahari yang bisa melukai dan mengiritasi kulit anda.

Baca Juga: Mengenal Teknik Mancing Menggunakan Hard Lures

Teknik Mancing Ikan Gabus
Memancing Ikan Gabus atau Ikan Toman pada umumnya dilakukan dengan teknik casting menggunakan umpan tiruan (biasanya berupa soft lures, pelajari secara lengkap teknik mancing menggunakan soft lures di tulisan ini). Ikan Gabus seperti yang diuraikan di awal tulisan juga dipancing dengan teknik modifikasi dari ngoncer yakni dengan memakain teger. Tidak jarang, ketika anda memancing Ikan Sepat, Ikan Betok, Ikan Tawes di sungai, kolam, rawa atau sawah Ikan Gabus juga ikut menyambar umpan mancing yang anda pakai.

Contoh Soft Lures Untuk Memancing Gabus dan Toman
Contoh Soft Lures Untuk Memancing Gabus dan Toman
Teknik mancing Ikan Gabus dan Ikan Toman dengan menggunakan soft lures atau umpan tiruan dilakukan dengan berbagai macam jenis lures. Pada umumnya anglers menggunakan umpan tiruan yang menyerupai bentuk katak karena sesuai dengan di habitat liarnya, Ikan Gabus sangat menyukai umpan katak. Seperti halnya ketika anda melakukan teknik neger Ikan Gabus menggunakan umpan hidup berupa katak-katak kecil. Jika mancing adalah olahraga, maka teknik casting adalah salah satu olahraga terbaik karena menuntut anda selalu aktif bergerak melempar umpan ke berbagai penjuru spot, kemudian menggulungnya kembali, melempar lagi dan seterusnya.

Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran Untuk Mancing Di Laut

Anda mungkin mengira dan membayangkan teknik casting untuk memancing Ikan Gabus dan Toman merupakan teknik yang enak, mudah strike, menyenangkan, begitu guys? Kelihatannya seperti begitu, faktanya anda akan benar-benar merasa lelah apalagi ketika cuaca sangat panas ditambah sambaran yang minim. Tapi, yang namanya hobi itu pantang mengeluh, guys dan bagi mancing mania sejati inilah seninya memancing, lelah, capek, panas, hujan nihil hasil tetap dijalani dan tidak kapok.

loading...
Nah, jika anda sudah mengalami kondisi lelah tidak ada salahnya anda istirahat sambil memancing Ikan Gabus dan Toman dengan menggunakan teknik lainnya. Anda bisa memakai teknik biasa, memancing menggunakan pelampung atau juga teknik dasaran/glosor. Direkomendasikan teknik pelampung karena Ikan Gabus lebih menyukai menyambar umpan di dekat permukaan air. Umpan manjur dan ampuh serta jitu yang bisa anda gunakan memancing Ikan Gabus dan Toman adalah sebagai berikut:

  • Daging Ikan Tongkol / Cuwe
  • Udang
  • Cumi-cumi mati
  • Ikan kecil
  • Usus / jeroan ayam
Jadi, selain menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk teknik casting, anda juga bisa menyiapkan umpan seperti tersebut di atas untuk mencoba variasi mancing Ikan Gabus dan Toman ketika anda sudah mulai merasa lelah dan sambil istirahat anda bisa mencoba peruntungan dengan menggunakan teknik dasar maupun memakai pelampung. 

Demikian ulasan mengenai tips ampuh mancing Ikan Gabus dan Ikan Toman. Semoga tulisan ini bisa anda jadikan referensi dan berguna bagi anda para mancing mania di manapun anda berada. Selamat mencoba dan semoga beruntung.


~aliemsurya~




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Ampuh Mancing Ikan Gabus Dan Ikan Toman"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray