Cara Membuat Rangkaian Pancing dan Resep Jitu Umpan Bandeng Kolam

Cara Membuat Rangkaian Pancing dan Resep Jitu Umpan Bandeng Kolam
Ilustrasi Mancing Ikan Bandeng / Milkfish (http://www.alphonsefishingco.com)
Cara Membuat Rangkaian Pancing dan Resep Jitu Umpan Bandeng Kolam. Halo mancing mania! Memancing Ikan Bandeng sangat mengasyikan dan disukai oleh para anglers. Untuk itu dibutuhkan strategi khusus baik dari cara membuat rangkaian pancing khusus Ikan Bandeng maupun umpan yang jitu untuk menaklukannya. 

Ikan Bandeng atau milkfish adalah salah satu ikan konsumsi populer di masyarakat Indonesia. Ikan yang banyak dibudidaya di kolam atau tambak ini merupakan salah satu ikan yang disukai anglers karena sensasi tarikannya ketika posisi fish on. Tak jarang ketika pemancing lengah, joran ikut terseret masuk ke dalam kolam. Ikan Bandeng juga merupakan perenang yang tangguh karena memiliki morfologi tubuh yang sangat ideal untuk "berlari" cepat di dalam air. Karakter inilah yang disukai oleh anglers dan membuatnya ketagihan untuk terus memancing ikan satu ini.


Baca Juga : Tempat Mancing Bandeng Gratis Di Pantai Marunda

Karakteristik Ikan Bandeng

Ikan Bandeng dewasa hidup di laut dalam dan berkembang biak di karang-karang laut. Setelah menetas anakan Bandeng berusia 2-3 minggu akan keluar menuju muara laut yang berair payau. Ikan dewasa yang siap bereproduksi akan kembali lagi ke laut dalam. Karakter lain dari ikan ini adalah tipikal ikan yang suka bergerombol. Mereka berkerumun dan sama-sama berselancar di perairan bersama kelompoknya. Umumnya, Ikan Bandeng akan mencari makan pada saat pagi dan sore hari, tetapi tidak tertarik untuk makan pada saat kadar salinitas (garam) sedang rendah. Kadar salinitas rendah biasanya terjadi ketika cuaca sedang hujan. 

Resep Jitu Umpan Bandeng

Salah satu rahasia simpel dalam memancing agar sukses mendapatkan ikan target adalah mengenali kebiasaan ikan tersebut tentang apa yang dimakan, dan pancinglah menggunakan makanan kesukaannya. Bandeng di habitat aslinya adalah pemakan plankton dan udang-udang kecil. Ketika dibudidayakan di dalam kolam atau tambak, Ikan Bandeng memakan apa saja yang diberikan pemiliknya. Karena hal inilah, memancing di habitat aslinya akan lebih susah di bandingkan dengan di habitat bautan seperti kolam atau tambak.


Cara Membuat Rangkaian Pancing dan Resep Jitu Umpan Bandeng Kolam
Ikan Bandeng "Terciduk" (http://www.iftfishing.com)


Umumnya anglers menggunakan pelet umpan khusus Ikan Bandeng yang banyak dijual di toko peralatan pancing baik offline maupun online. Anda bisa gunakan pelet tersebut dan harganya juga cukup terjangkau. Jika anda berniat menggunakan umpan sendiri, anda bisa mencobanya dengan menggunakan cacing, roti tawar, atau umpan racikan sendiri.

Salah satu umpan racikan sendiri yang cukup sederhana adalah gunakan bahan-bahan berikut:

1. Pelet ikan, anda bisa pilih yang jenis amis mereknya bisa apa saja
2. Kuning telur bebek lebih bagus menggunakan kuning telur asin
3. Essen Amis jika ada
4. Bisa tambahkan kroto

Caranya anda hanya mencampur semua bahan tersebut di atas dengan bantuan air panas sampai mendapatkan tingkat kekenyalan yang diinginkan. Umpan siap dipakai. Jangan lupa guys, mulut Ikan Bandeng relatif lebih kecil sehingga tidak perlu membuat bulatan umpan terlalu besar. 


Rangkaian Pancing Ikan Bandeng

Dalam memancing Ikan Bandeng, umumnya ada dua teknik yang digunakan. Pertama, adalah teknik casting dan teknik dasaran. Pada ulasan kali ini akan dibahas membuat rangkaian pancing teknik dasaran, baik menggunakan pelampung maupun tanpa pelampung. Kail yang digunakan untuk memancing Bandeng bisa dipilih ukurun 3 - 5 mm.

  • Menggunakan rangkaian glosor dengan 3 mata kail (rangkaian T), cara membuatnya anda bisa lihat di sini.
  • Menggunakan satu pelampung berukuran besar dan menyusun rangkaiannya (dari atas ke bawah) dengan urutan sebagai berikut: stopper - pelampung - stopper - timah pemberat - kili-kili atau swivel - mata kail (anda bisa menggunakan mata kail glosor berisi 2-3).
  • Menggunakan variasi dengan dua pelampung. Pelampung besar digunakan untuk menahan umpan agar tetap mengambang sesuai dengan kedalaman yang anda inginkan. Sementara pelampung kecil untuk mendeteksi kapan kita harus menarik/menyentak joran. Urutannya dari atas ke bawah sebagai berikut : Stopper - pelampung kecil - mata kail (rangkaian 3) - pelampung besar - timah pemberat.

Kondisi angin di sekitar kolam Bandeng sangat mempengaruhi rangkaian mana yang bisa anda gunakan. Pelampung tidak direkomendasikan ketika angin sedang bertiup kencang. Angin juga kadangkala membuat gerombolan Ikan Bandeng menuju ke pinggir kolam, sehingga anda tidak perlu jauh-jauh melempar umpan ke tengah kolam.

Tips Saat Memancing Ikan Bandeng

Siapkan beberapa perbekalan berikut ketika anda berniat memancing Ikan Bandeng.
  • Bawa sunblock (lotion anti matahari), kaos lengan panjang atau gunakan manset (untuk lengan) jika anda hanya menggunakan kaos lengan pendek. Tidak lupa membawa kacamata hitam. Ingat ya guys, kolam pemancingan ikan bandeng tidak seperti tempat pemancingan ikan mas, nila, dan lainnya karena umumnya terletak dipinggir laut yang panasnya luar biasa.
  • Bawa minimal 2 joran, jika ada masalah seperti kusut dengan pemancing lain, putus atau lainnya, anda tidak kehilangan moment strike.
  • Bawa minum yang banyak, supaya tidak dehidrasi.
  • Siapkan kain lap atau sarung tangan, supaya ikan bandeng yang kita dapat tidak mudah lepas. Sarung tangan bisa anda pakai ditangan sebelah kiri/kanan sedangkan tangan yang lain untuk memegang joran atau memasang umpan.

Oke guys, demikian ulasan cara membuat rangkaian pancing dan resep jitu umpan Bandeng kolam. Selamat berburu dan merasakan mantapnya sensasi tarikan Ikan Bandeng ya, guys.


Salam Mancing Mania,


~Aliem Surya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Rangkaian Pancing dan Resep Jitu Umpan Bandeng Kolam"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray