Jenis-Jenis Ikan Pinggiran Laut Yang Memiliki Rasa Daging Lezat

Jenis Ikan Pinggiran Laut Yang Memiliki Rasa Daging Lezat

Halo sobat Aliems' Journey, tulisan kali ini membahas tentang cita rasa daging ikan laut yang seringkali didapatkan ketika sobat memancing di pinggiran laut. Pinggiran laut yang dimaksud adalah daerah dekat pantai, muara, tepi DAM, pelabuhan dan spot mancing lainnya yang bukan lautan lepas. Sebelumnya, penulis sudah pernah mengupas tentang beberapa jenis ikan populer yang kerap ditemukan di spot pinggiran laut. Silahkan sobat akses dengan klik link ini.

Cita rasa daging ikan sebenarnya bersifat relatif. Tergantung pendapat masing-masing orang yang pernah merasakannya. Juga dipengaruhi dari cara pengolahannya atau cara masaknya. Masing-masing orang tentu punya pendapat sendiri. Satu jenis ikan tertentu menurut si A terasa sangat enak tapi si B lebih menyukai jenis ikan lainnya, demikian juga si C. Nah, berhubung agak bersifat relatif saya akan mencoba memaparkannya dari pengalaman sendiri, kebetulan selain hobi mancing, penulis juga sangat menyukai daging ikan untuk dikonsumsi.


Baca Juga: Tips Memancing Di Pinggiran Dermaga Laut


Ikan Kerapu

Selama mengenal ikan, jujur saja penulis baru merasakan nikmatnya daging kerapu ketika mulai hobi memancing di pinggiran laut. Sebelumnya, hanya daging ikan tawar saja yang lebih sering dikonsumsi karena memang lebih sering memancing di spot-spot air tawar. Ikan yang dimakan adalah ikan-ikan populer yang sering didapat ketika memancing di spot air tawar seperti Ikan Nila, Ikan Lundu, Ikan Betok, Ikan Gabus dan ikan lainnya. Begitu penulis merasakan lezatnya daging Ikan Kerapu, cita rasa daging ikan tawar yang pernah penulis rasakan hilang begitu saja. Seperti tidak ada apa-apanya ika dibandingkan dengan lezatnya daging Ikan Kerapu. Daging Ikan Kerapu sangat enak karena tekstur dagingnya yang lembut, duri juga jarang, dan aroma khas dagingnya yang sangat menggugah selera makan. Di masak dengan cara apapun bagi saya, daging ikan ini tetap enak. Sobat setuju dengan saya? Kalau gak setuju jangan protes ya, kan ini berdasarkan pengalaman saya..hehe...


Ikan yang dagingnya enak, ikan kerapu muara, ikan kerapu batu, ikan kerapu macan, ikan kerapu kembang
Ikan Kerapu


Baca Juga: Spot Mancing Di Dalam Pelabuhan Tanjung Priok


Ikan Kakap Tompel / Jenaha

Penulis baru mengenal cita rasa daging ikan Kakap Tompel atau Ikan Tanda-Tanda atau Ikan Jenaha pada saat selesai mancing di DAM Merah Tanjung Priok. Awalnya tidak tahu nama jenis ikan yang memiliki ciri khas berupa spot hitam di dekat ekornya ini. Ketika memakan ikan ini, disajikan bersama dengan ikan-ikan lainnya seperti Ikan Kerong, Ketang-Ketang. Penulis baru menyadari ada satu daging ikan yang rasanya berbeda dengan rasa daging ikan lainnya. Setelah mencari informasi, akhirnya penulis tahu kalau nama ikan tersebut adalah Ikan Tompel. Sejak saat itu, ikan tompel selalu jadi target ketika memancing di pinggiran laut, karena citarasa dagingnya sangat lezat, lembut dan membuat lidah bergoyang manja....*lebay*. Tapi beneran daging ikan ini dijamin enak banget sob!!
loading...


ikan kakap tompel, ikan tanda-tanda, ikan jenaha, ikan laut yang dagingnya enak
Ikan Kakap Tompel / Tanda-Tanda / Jenaha





Ikan Kakap Putih

Daging ikan kakap putih atau barramundi sebenarnya tidak asing bagi penulis karena sudah sering memakan gulai Kepala Kakap di Restoran Padang. Beberapa restoran padang menyajikan jenis Kakap Merah, tapi tidak jarang juga yang menyediakan kepala Kakap Putih. Jadi rasanya sudah tidak aneh lagi. Tapi karena lezatnya daging ikan ini dan jadi buruan utama para anglers di pinggiran laut, selalu saja terasa spesial ketika memancing mendapatkan jenis ikan yang satu ini. Sobat Aliems' Journey pernah merasakan nikmatnya citarasa daging ikan ini ketika dibakar? Jika belum, cobalah maka kelezatannya akan membuat lidah sobat menari-nari..hahaha....


ikan laut yang dagingnya enak, ikan baramundi, ikan kakap putih, ikan kakap
Ikan Kakap Putih / Barramundi


Baca Juga: Spot Mancing Kakap Putih Di Dam Bungko


Ikan Kakap Batu

Belum lama ini saya berhasil mendaratkan ikan yang lumayan bikin saya dan anglers lain kaget. Seekor Ikan Kakap Batu, yang dari penampakannya sangat mirip dengan Ikan Mujair berhasil mendarat manis di spot mancing Pondok Dayung (Polairud) Jakarta Utara. Ukuran ikannya lumayan untuk dikonsumsi. Dan citarasa dagingnya mantap, perpaduan antara Ikan Jenaha, Ikan Kakap Putih dan Ikan Mujair... nah bayangkan sendiri ya sobat... hahahha.... Yang jelas enyaakkk!!!


Ikan Kakap Batu, Ikan yang dagingnya enak, kakap bakau, kakap batu, kakap putih
Ikan Kakap Batu



Ikan Sembilang

Pertama berhasil mendaratkan ikan ini saat memancing di DAM 17 Bungko Kabupaten Cirebon. Sekilas tidak ada beda dengan ikan lele jika sobat tidak menyimak adanya patil di punggung ikan yang termasuk kelompok catfish ini. Pertama kali mendapatkan ikan sembilang dengan ukuran yang lumayan besar, agak bergidik geli juga. Tetapi ketika daging ikan ini di masak dengan bumbu kuning, rasanya akan sangat luar biasa, gurih dan legitnya. Daging Ikan Lele kalah rasanya dengan daging Ikan Sembilang karena lebih memiliki rasa (tidak telalu hambar) dan memiliki kandungan minyak yang cukup banyak. Menurut pengalaman saya, di antara jenis ikan catfish yang pernah dicicipi rasanya, saya memilih Ikan Sembilang sebagai catfish yang paling mantap rasanya.


ikan sembilang, catfish, ikan yang dagingnya enak, ikan lele laut
Ikan Sembilang



Ikan Kapi-Kapi

Sama seperti Ikan Kakap Batu, pertama kali mendaratkan ikan yang berbentuk seperti daun totol-totol ini di spot mancing Pondok Dayung (Polairud). Yang penulis sangat ingat dari ikan ini adalah tarikannya yang mantap karena joran selalu tertarik ke bawah dan ikan yang bergerak memutar membuat sensasinya berbeda dengan tarikan ikan lainnya. Meskipun lebar, daging ikan ini cukup tebal dan memiliki citarasa tersendiri. Tidak terlalu lembut, juga tidak keras, gurihnya oke punya dan sangat enak jika dimasak dengan cara dibakar atau panggang.


ikan kapi-kapi, ikan daun, ikan berbentuk pipih ada totol, ikan laut yang dagingnya enak
Ikan Kapi-Kapi




Nah, itulah empat jenis ikan pinggiran laut yang memili rasa daging lezat menurut penulis. Seperti yang dituliskan di awal, sifatnya relatif dan sobat Aliems' Journey bisa saja tidak setuju dengan ulasan yang penuls paparkan. Lalu bagaimana dengan rasa ikan-ikan lainnya yang biasa penulis dapatkan dari hasil mancing? Ikan Samge, Ikan Kerong, Ikan Ketang-ketang, Ikan Lundu Laut, bagi penulis tidak terlalu istimewa, yaaa hanya berasa ikan saja tidak lebih... hehehe... piss!

Salam goyang lidah makan ikan.

aliemsurya


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Ikan Pinggiran Laut Yang Memiliki Rasa Daging Lezat"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray