Spot Mancing Kakap Putih DAM Bungko Kabupaten Cirebon

Spot Mancing Kakap Putih DAM Bungko Kabupaten Cirebon

Ikan Kakap Putih atau biasa disebut Ikan Ceplek (Bahasa Jawa) memiliki nama keren Barramundi. Pemberian nama Barramundi sesuai dengan nama ikan ini dalam bahasa Aborigin, yang berarti ikan besar. Ikan yang sangat digemari oleh anglers ini tersebar di sekitaran Asia Tenggara sampai dengan Australia. Tanpa mengenal cuaca, baik musim hujan maupun kemarau, ikan yang memiliki nama latin Lates calcarifer ini mudah di temukan di sekitar muara, pinggiran laut, sungai-sungai besar yang berbatasan dengan laut, atau berada di sekitar rumpon. Tidak jarang ikan ini ikut masuk ke dalam tambak-tambak Ikan Bandeng dan berkembang di dalamnya.

Spot Mancing Barramundi Di Bungko Cirebon

Bagi saya yang berdomisili di Ibukota Indonesia, saat paling menyenangkan dan paling dinanti adalah ketika pulang kampung ke Kota Udang, Cirebon. Selain untuk silaturahmi dengan kedua orang tua, mudik ke Cirebon meskipun hanya dua hari bisa dimanfaatkan untuk mancing bersama dengan beberapa member Komunitas Mancing Cirebon (Komaci). Seperti yang pernah saya tuliskan di sini, Cirebon memiliki banyak alternif spot mancing liar potensial baik air laut maupun air tawar jika dibandingkan dengan di Jakarta.


Baca Juga: Sensasi Mancing Di DAM Tanjung Priok
Penampakan Kakap Putih Di Dam Karet Bungko
Penampakan Kakap Putih Di Dam Karet Bungko

Tiga kali acara mancing bareng (cingbar) dengan "Team Plengoes Komaci" dalam kurun waktu dan semuanya berakhir dengan menyenangkan. Satu spot yang kami kunjungi dua kali adalah spot mancing di DAM 17 dan DAM Karet Bungko dengan ikan target utama yang ingin kami dapatkan adalah Ikan Kakap Putih (Barramundi). Target lainnya adalah Ikan Sembilang berukuran besar yang kerap kali terjerat kail pancing para anglers yang sering memancing di spot ini.


loading...

Baca Juga: Spot Mancing Liar Banjir Kanal Timur (BKT) Jakarta

Spot mancing Bungko bagi sebagian orang luar Cirebon, Indramayu dan sekitarnya mungkin masih belum terlalu familiar. Tapi bagi anglers di sekitaran Cirebon, spot mancing ini sangat diminati. Apalagi akhir-akhir ini banyak para pemancing yang kerapkali berhasil mendaratkan Ikan Kakap Putih berukuran lumayan besar. Pemancing rela seharian bahkan menginap di area spot DAM 17 maupun DAM Karet di Desar Bungko.

Jika anda ingin mengunjungi tempat ini, silahkan ikuti panduan yang saya sajikan dalam gambar di bawah. Di mana gambar tersebut saya capture dari Maps-nya Mbah Google. Jadi, anda nanti tinggal ketik Desa Kedaton Bungko Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon, dan arahkan destinasi atau tujuan akhir anda sesuai dengan gambar pada Maps berikut.


Spot Mancing Dam 17 dan Dam Karet Bungko Cirebon
Spot Mancing Dam 17 dan Dam Karet Bungko Cirebon


Spot Mancing DAM 17 Bungko Cirebon

Dari satu destinasi anda ke Desa Kedaton Bungko, anda bisa memilih dua spot potensial yang seringkali anglers setempat bisa mendaratkan Ikan Kakap Putih maupun Ikan Sembilang berukuran babon. Spot yang pertama adalah spot Dam 17. Jika melalui Maps Google anda juga masih kesulitan, jika sudah mendekati area spot, anda bisa menanyakan ke penduduk sekitar dimana lokasi spot ini. Warga juga sering menyebut Dam 17 ini dengan Dam Baru karena menurut warga Dam atau pintu air tersebut masih tergolong baru dibangun. Agak sulit menjangkau lokasi ini jika anda tidak bertanya terlebih dahulu, jadi daripada capek mencari-cari, tidak ada salahnya anda segera bertanya ke warga ya, guys.


Spot Mancing Kakap Putih DAM 17 Bungko Kabupaten Cirebon
Lokasi Spot Mancing Kakap Putih DAM 17 Bungko Kabupaten Cirebon

Spot Pintu air DAM 17 Bungko jika dilihat dari lokasinya adalah tempat mancing liar yang potensial dihuni oleh Ikan Kakap Putih. Lokasinya yang berada tepat setelah muara laut menyebabkan Ikan Kakap dan beberapa Ikan lainnya akan senang berburu mangsa di spot ini, apalagi terdapat banyak ikan-ikan kecil lainnya seperti Belanak, Ketang-ketang, Kerong-kerong dan Ikan Glodok yang sangat mungkin menjadi makanan alami bagi Kakap Putih.


Baca Juga: Tips Memancing Ikan Belanak Tanpa Menggunakan Kail

Air yang datang ketika pasang datang membuat kelompok ikan berwarna perak ini bergerombol mencari mangsa. Saat inilah para anglers harus bersiap menunggu sambaran pada umpan yang dipakai. Umpan udang putih hidup adalah umpan yang lazim digunakan untuk memancing Ikan Kakap Putih. Kebanyakan pemancing menggunakan teknik kumbul atau ngoncer untuk menjerat ikan yang terkenal dengan loncatannya ketika posisi hook up ini.


Ikan Sembilang Berukuran Babon Di Dam 17 Bungko
Ikan Sembilang Berukuran Babon Di Dam 17 Bungko

Lokasi spot mancing liar ini menurut saya juga cukup asyik. Karena selain lebar sungai yang cukup luas, anda juga bisa berteduh dari sengatan panas matahari di pinggir pintu air. Pengalaman saya, pintu air ini tidak dikunci sehingga para pemancing bisa memancing di dalam, ngopi atau sekedar untuk berteduh. Tidak jarang sambaran dari Lundu/Keting dan Sembilang datang ketika anda memancing di sela-sela pintu air ini.


Spot Mancing DAM Karet Bungko Cirebon

Jika anda sudah merasa jenuh atau sedang tidak ada sambaran Monster Barramundi di spot Dam 17, anda bisa segera beralih ke satu spot lainnya di mana para warga dan anglers setempat menyebutnya dengan DAM Karet Bungko.

Lokasi spot ini jika dari arah aliran sungai maka posisinya ada di depan Dam 17. Jika dari arah Dam 17, anda kembali ke tempat anda datang. Lokasi Dam Karet sesuai dengan namanya berupa bendungan tanpa pintu air yang mana bendungan tersebut dilapisi semacam karet di atasnya. Dengan adanya bendungan ini, air dari sungai dan air dari muara terpisah di area ini. Artinya, ikan-ikan yang berasal dari laut dan muara akan berkumpul di sini karena tidak mungkin untuk melewati bendungan karet, kecuali dengan cara melompat.


Kakap Putih Di Dam Karet Kedaton Bungko Cirebon
Kakap Putih Di Dam Karet Kedaton Bungko Cirebon


Dengan posisi yang sangat strategis yakni sebagai tempat terakhir ikan dari arah muara, spot Dam Karet Bungko ini sangat potensial dan dihuni berbagai macam ikan yang berasal dari muara. Sambaran-sambaran Ikan Kakap putih berukutan lumayan besar, serta ikan-ikan kecil seperti Bloso, Ketang dan Kerong sangat mungkin terjadi di sini. Bahkan tidak jarang udang galah, belut sampai dengan Mangrove Jack ukuran baby yang ikut terciduk di spot ini.

Nah guys, demikian ulasan mengenai spot mancing Ikan Kakap Putih atau Barramundi di Desa Kedaton Bungko Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Anda bisa menyimak question dan answer mengenai spot ini, dari mulai lokasi mancing, tempat membeli udang hidup di sekitaran spot Bungko, teknik memancing kakap serta hal-hal lainnya.


Question(Q) & Answer(A) Seputaran Spot Bungko Kedaton

Q: Gan, Bungko itu masuknya dari mana, dan termasuk ke dalam teritori Cirebon atau Indramayu?
A: Kedaton Bungko masuknya dari dua arah, dari arah Kuningan, Jawa Tengah dan Cirebon Kota anda harus masuk ke Jalan Raya Cirebon Indramayu (via Gunung Jati) dan arahkan Map anda dengan Destinasi Kedaton Bungko. Spot mancing Bungko masuk wilayah administrasi Kabupaten Cirebon.

Q: Kalau beli udang hidup di sekitaran spot Bungko di mana, Gan?
A: Pengalaman saya ada yang jual di sekitaran spot Dam 17, tetapi seringkali stoknya habis atau menunggu yang jual sedang menjaring udang. Saya dan team biasanya membeli udang hidup di kawasan Bondet Cirebon (kalau dari arah Cirebon Kota, lokasinya sebelum Bungko). Jadi, lebih baik anda ke Bondet dulu, beli udang di sana supaya tidak repot jika di spot ternyata stok udang untuk umpan mancing kosong.


Baca Juga: Cara Memasang Udang Hidup Untuk Memancing

Q: Bawa mobil menuju spot mancing Bungko bisa gak Gan? Terus Jalannya bagus atau gak?
A: Bawa mobil bisa gan, tapi agak susah jika anda sudah salah memilih jalur ke arah spot. Gambarannya begini, sungai bungko ini diapit dua jalan. Satu jalan ke arah pemukiman penduduk yang sudah diaspal. Sayangnya jalur ini akan buntu di ujungnya, Jika anda akan menuju ke Dam 17, anda harus melewati jembatan kecil yang hanya bisa dilewati oleh motor atau sepeda. Jika anda memakai mobil dan melewati jalur ini, Anda mungkin hanya bisa memancing di spot Dam Karet, anda bisa menitipkan mobilnya di rumah warga lalu jalan kaki menuju spot Dam Karet. Namun, jika anda melewati jalan di sisi sebelahnya, anda bisa mengendarai mobil untuk menjangkau spot Dam Karet maupun Dam 17. Kelemahannya jalan ini masih belum diaspal. Jika musim hujan datang, akan sangat berat melewati jalan ini. Di samping itu banyak kerbau yang digembalakan di sepanjang jalur ini jika sore hari.


Baby Mangrove Jack Dam Karet Bungko
Baby Mangrove Jack Dam Karet Bungko

Q: Selain menggunakan umpan udang, apa yang ente bawa untuk memancing di spot ini, gan?
A: Paling cacing, terserah mau cacing kolor / cacing laut, maupun cacing tanah biasa. Biasanya saya memanfaatkan udang yang mati, di kupas dan memancing dasaran / glosor untuk mencari Ikan Sembilang, Lundu dan sejenisnya. Anda juga bisa mencoba teknik casting dengan menggunakan umpan tiruan terutama di spot Dam Karet.

Q: Teknik mancing yang agan pakai untuk mancing Ikan Kakap di spot ini biasanya apa?
A: Saya dan teman biasanya memakai teknik ampul (menggunakan pelampung) atau bisa juga tanpa pelampung. Tidak disarankan dasaran/glosoran  dengan timah pemberat yang besar karena Ikan Kakap cenderung makan di permukaan.Biarkan udang bebas berenang dengan hanya menambahkan timah lipat secukupnya atau tidak memakai sama sekali. Satu lagi kunci suksesnya untuk memancing di Dam 17 adalah pasang umpan di dekat pintu air. Biasanya lokasi ini sudah ramai dan banyak anglers yang sudah nongkrong duluan. Untuk itu, anda harus datang lebih pagi dari yang lain. Sementara untuk di Dam Karet, tidak perlu melempar umpan terlalu ke tengah sungai, cukup di pinggir sungainya saja. Saya pribadi memakai pelampung untuk mempermudah deteksi sambaran dan kapan saat yang tepat untuk menghentak joran.

Q: Mancing malam direkomendasikan gak Gan di spot Bungko ini?
A: Boleh gan, karena di spot juga lumayan ramai pemancing lain yang sampai menginap (mancing malam). Jangan lupa bawa alat penerangan (senter, lampu dan sejenisnya) serta sediakan lotion anti nyamuk juga.


Baca Juga: Sensasi Mancing Malam Di Dermaga Ancol Jakarta Utara

Q: Agan Mancing di spot ini dapat ikan apa saja dan umpannya apa?
A: Di spot ini saya bisa menjerat ikan-ikan yang recehan model lundu dengan udang mati atau cacing, yang kumisan besar seperti sembilang (lumayan babon, seperti gambar di atas). Ikan Kakap juga dapat, sisanya kawan-kawan yang memang domisili di Cirebon yang sering dapat (karena sering mancing.... ^_^ ).

Q: Kalau boleh tahu, rangkaian pancing model bagaimana yang agan pakai untuk mancing Kakap Putih (Barramundi)?
A: Seperti yang saya tuliskan pada jawaban pertanyaan teknik mancing Ikan Kakap di spot Dam Bungko, karena spot adalah sungai yang mana alirannya relatif lebih tenang, saya menggunakan teknik mancing dengan pelampung. Urutan senar leader untuk memancing Ikan Kakap Putih dari bawah ke atas adalah: Kail (tunggal), manik-manik pancing (bagi yang belum tahu fungsi manik-manik pancing, silahkan akses tulisan ini), timah lipat (timah daun), kili-kili atau bisa juga combined dengan snap (peniti). Panjang dari kail sampai dengan snap sekitar 50 - 80 cm. Timah daun ditambahkan secukupnya saja tidak terlalu berat karena akan membebani udang ketika berenang. Leader tersebut diikatkan dengan tali pancing utama bisa nilon atau lebih bagus tali PE (braided). Dan pasang pelampung sesuai dengan perkiraan kedalaman sungai. Tidak perlu terlalu dalam, karena Kakap Putih biasanya mencari umpan sekitar 50 cm - 1 meter dari permukaan air.


Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Dasaran Untuk Mancing Di Laut

Q: Pelampung model dan bentuk apa yang cocok untuk memancing Ikan Kakap (Barramundi)?
A: Bebas saja sebenarnya, pelampung dengan bobot yang lebih ringan lebih baik, karena udang bisa berenang bebas kemanapun dia suka. Baik pelampung berbahan busa maupun berbahan kayu anda bisa menggunakannya sesuai dengan selera dan tentu saja, yang memudahkan anda untuk bisa secepatnya melihat adanya sambaran pada umpan.


loading...

Barramundi Dam Karet Bungko Cirebon
Barramundi Dam Karet Bungko Cirebon

Q: Untuk leader pancing Ikan Kakap, bolehkan menggunakan nikelin (kawat)? 
A: Sebenarnya tidak ada yang melarang jika anda mau menggunakan kawat agar tidak mudah putus. Namun, perlu diketahui karakter Ikan Kakap ini sangat sensitif ketika melihat ada tali atau kawat. Nikelin akan sangat terlihat di dalam air, beda ketika anda menggunakan senar fluorocarbon atau tali senar nilon biasa.


Baca Juga: Cara Membuat Tali Pancing Menjadi Kuat dan Mudah Tenggelam

Q: Kalau menggunakan umpan hidup, selain udang, umpan apa yang disukai oleh Kakap Putih atau Barramundi? 
A: Berdasarkan referensi, ini urutannya gan, Ikan Bandeng, Ikan Belanak, Udang Hidup.  Jadi, paling favorit sebenarnya Ikan Bandeng dan Belanak, cuma agak susah karena ukurannya harus yang pas, tidak boleh terlalu kecil dan juga tidak boleh terlalu besar. Yang paling umum dipakai memang Udang Hidup.

Nah guys, itu tadi beberapa question dan answer seputaran spot Mancing Dam Bungko dan tips-trik memancing Ikan Kakap Putih atau Barramundi. Jika masih ada pertanyaan lainnya, silahkan tinggalkan jejak Anda di kolom komentar.

Salam mancing mania...

~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spot Mancing Kakap Putih DAM Bungko Kabupaten Cirebon"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray