Cara Memancing Ikan Nila Menggunakan Teknik Rangkaian Cotton Bud

Cara Memancing Ikan Nila Menggunakan Teknik Rangkaian Cotton Bud
Ikan Nila Oreochromis niloticus adalah ikan yang berasal dari Benua Afrika. Masuk ke Indonesia pada tahun 1969, ikan yang masih satu keluarga dengan Ikan Betok ini menjadi primadona dan sangat populer di Indonesia. Ikan Nila menghuni kolam milik pribadi dan berbagai kolam mancing kiloan dan merupakan ikan konsumsi yang digemari oleh sebagian besar anglers di Indonesia. Secara liar, Ikan Nila juga banyak ditemui di waduk-waduk, danau buatan, bendungan, sungai dan muara. Pada umumnya untuk memancing Ikan Nila, para mancing mania melakukan teknik memancing menggunakan pelampung maupun teknik glosor atau dasaran. Salah satu teknik khusus lain untuk memancing Ikan Nila adalah dengan menggunakan cotton bud (atau kili/korek kuping).

Cara Memancing Ikan Nila Menggunakan Teknik Rangkaian Cotton Bud

Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Menggunakan Pelampung

Cara Membuat Rangkaian Mancing Menggunakan Cotton Bud
Untuk membuat rangkaian mancing Ikan Nila menggunakan cotton bud, anda harus menyiapkan beberapa peralatan dan perlengkapan berikut:
  • Kail, jika ada merek Daichi no 1 warna hitam, atau kail lainnya sesuai dengan selera anda
  • Senar leader fluro carbon atau senar mono (nilon) berukuran kuat
  • Bandul atau timah kecil jenis lada
  • Bandul atau timah besar jenis melinjo 
  • Pipa cotton bud dipotong potong kecil seukuran potongan beras (menir)
Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Dasaran Untuk Memancing Di Laut 
Langkah selanjutnya, anda membuat sebuah rangkaian mancing menggunakan cotton bud dengan merangkai semua bahan di atas. Perhatikan contohnya melalui gambar berikut.

Cara Membuat Rangkaian Pancing Menggunakan Cotton Bud
Cara Membuat Rangkaian Pancing Menggunakan Cotton Bud
Anda bisa membuat suatu rangkaian dengan menggunakan beberapa kail sesuai selera anda. Semakin banyak akan semakin baik karena potensi tersambar oleh Ikan Nila juga akan semakin besar. Jika anda kesulitan dalam membuat simpul pancing, anda bisa gunakan bantuan kili-kili atau fishing beads baik untuk membuat simpul "T" maupun untuk simpul "simpang 4" seperti pada gambar di atas. Teknik memancing dengan cara menggunakan cotton bud ini tidak menggunakan umpan yang ada tempatkan di kail. Cotton bud itu sendiri yang nantinya berfungsi sebagai umpan kamuflase yang akan tergigit oleh Ikan Nila.
Baca Juga: Stopper Untuk Mancing Ketinggalan? Atasi Dengan Cara-Cara Berikut!
Anda masih bingung, guys? Tentu saja anda akan bingung, bagaimana mungkin Ikan Nila akan memakan umpan yang hanya berupa potongan cotton bud? Tenang guys, hal itu sangat mungkin jika anda terlebih dahulu menggunakan umpan tabur atau umpan bom untuk menarik perhatian ikan terlebih dulu.  Anda akan menggunakan umpan bom berupa menir (tumbukan beras berukuran kecil biasanya digunakan untuk umpan ayam atau bebek). Nah, bersamaan dengan anda menaburkan menir, Ikan Nila biasanya akan datang berkelompok untuk memakan menir yang sudah ada tabur. Pada saat itulah anda siapkan rangkaian pancing dengan cotton bud sehingga terlihat mirip dengan butiran menir dan Ikan Nila akan memakannya.
Baca Juga: Beberapa Cara Membuat Simpul Tali Pancing Dengan Mudah
Ohhh.... ini namanya teknik kamuflase umpan ya, Boss?? Benullll sekali, sodara-sodara. Cara memancing Ikan Nila dengan menggunakan teknik rangkaian cotton bud memang merupakan salah satu teknik menyamarkan umpan (kamuflase). Anda membuat umpan imitasi berupa cotton bud yang ada dalam rangkaian pancing terlihat seperti butiran menir oleh Ikan Nila dan Ikan Nila akan tertipu, lalu memakannya.. dan Strike....!!
Baca Juga: Mengenal Reel Pancing Jenis Spinning
Nah, guys.... berikut panduan bagi anda cara mempraktekkan memancing Ikan Nila dengan menggunakan teknik rangkaian cotton bud sebagai umpan kamuflase.
Loading...
  1. Anda harus memilih spot yang potensial dengan kedalaman minimal 2 meter. Biasanya di waduk yang disediakan seperti spot mancing Ikan Nila Jatiluhur, Jatigede anda bisa menerapkan teknik ini
  2. Pilih spot yang yang tidak terlalu banyak sampah di dasarnya sehingga rangkaian pancing anda tidak tersangkut. 
  3. Jika anda memiliki alat untuk melempar bom umpan, gunakan alat tersebut untuk melempar bom menir untuk mengumpulkan ikan.
  4. Lemparkan rangkaian pancing Ikan Nila dengan cotton bud ke titik di mana umpan bom yang anda lempar disebar. 
  5. Biasanya teknik ini cukup efektif dengan menggunakan minimal 3 buah joran yang telah anda pasangkan dengan rangkaian cotton bud
  6. Perhatikan pergerakan tali senar yang anda pakai. Senar akan bergerak jika dimakan, jika senar kita maju sekitar 10 sd 15 cm baru anda sentak joran.
Baca Juga: Cara Memilih & Merakit Senar Leader Untuk Memancing
Tips Memancing Ikan Nila Menggunakan Teknik Rangkaian Cotton Bud
Teknik memancing Ikan Nila dengan menggunakan rangkaian pancing cotton bud akan berjalan dengan efektif jika anda lihai dalam menebar bom umpan berupa menir. Cara menebar umpan bom menir agar mengumpul di satu titik jarak lempar cukup jauh adalah sebagai berikut: 
  • Masukan menir ke dalam kantong plastik yang diikat kendor. 
  • Kaitkan bagian bawah dari plastik dengan senar pancing dan biarkan kantung plastik tersebut melorot sampai titik di mana rangkaian umpan kita lemparkan. 
  • Sentak-sentakkan sedikit benang anda dengan tujuan menumpahkan beras dari plastik. 
  • Perhitungkan jarak lempar boman disesuaikan dengan titik potensial ikan kumpul.
Selain cara melempar umpan bom menggunakan menir untuk mengumpulkan Ikan Nila, dalam teknik memancing menggunakan rangkaian cotton bud, disarankan untuk menggunakanlah joran yang relatif cukup kaku pada ujungnya dengan tujuan  agar cepat dalam kita menyentak ikan. Selain itu jika target Ikan Nila anda adalah Ikan Nila berukuran monster, maka anda harus menggunakan senar yang kuat, sebab sentakan Ikan Nila berukuran besar (babon) akan sangat kuat dan bahkan bisa menyebabkan banyak senar putus jika senar pancing anda kurang kuat.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Perangkap Ikan Belanak
Oke, guys... Demikian ulasan mengenai cara memancing Ikan Nila dengan menggunakan teknik rangkaian cotton bud. Selamat mencoba dan good luck.

Salam strike...


~aliemsurya~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memancing Ikan Nila Menggunakan Teknik Rangkaian Cotton Bud"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray