Tips Cara Mancing Ikan Keropak Atau Kedukang

Tips Cara Mancing Ikan Keropak Atau Kedukang

Ikan Keropak atau biasa juga disebut Ikan Kedukang adalah jenis Catfish yang mendiami habitat air asin dan sekitar muara yang berair payau. Ikan yang memiliki kekerabatan dengan Ikan Lundu, Baung, Manyung ini biasanya menghuni pinggiran laut dengan dasar yang berlumpur atau berbatu. Keropak datang berkelompok dan akan memakan apa saja yang ditemui di sekitar habitatnya.


Tips Mancing Ikan Keropak / Kedukang


Baca Juga: Jenis-jenis Catfish Yang Populer Di Indonesia

Spot Mancing Ikan Keropak atau Ikan Kedukang

Sebagai penghuni habitat air asin dan payau, anda bisa menemukan Ikan Keropak atau Kedukang ini di laut atau muara di manapun. Asalkan penggunaan umpan mancing yang tepat, ikan ini akan dapat dengan mudah dipancing. Beberapa spot yang penulis pernah kunjungi seperti yang tercantum di bawah ini, anglers seringkali bisa mendapatkan sanbaran Ikan Kedukang.



Ikan Keropak Di Lokasi Spot Mancing Ujung BKT Marunda
Ikan Keropak Di Lokasi Spot Mancing Ujung BKT Marunda

Jadi, jika ada pertanyaan dimanakah lokasi atau spot mancing paling potensial untuk memancing Ikan Kedukang atau Keropak? Jawabannya, selama memancing di sekitar laut atau air payau, anda akan punya kesempatan untuk mendapatkan Ikan Kedukang ini, ya guys.

loading...

Baca Juga: Tips Cara Mancing Ikan Sembilang

Rangkaian Pancing Ikan Kedukang Atau Keropak

Tidak terlalu rumit, kok memancing Ikan Kedukang atau Keropak ini. Populasinya yang masih cukup banyak, datang secara bergerombol akan memudahkan anda untuk memancing kelompok ikan ini. Namun alangkah lebih baiknya jika anda juga memperhatikan teknik mancing Ikan Kedukang ini. Yang pertama adalah penggunaan rangkaian pancing untuk memancing Ikan Keropak atau Kedukang adalah menggunakan rangkaian pancing dasaran atau glosor. Anda bisa mrnggunakan dua atau tiga mata pancing dengan timah pemberat berada di posisi paling depan (ujung). Silahkan simak cara membuat rangkaian pancing dasaran untuk laut di link berikut.

Umpan Jitu Mancing Ikan Keropak Atau Kedukang

Meskipun terlihat simpel mengingat Ikan Kedukang seperti halnya Catfish lainnya bisa memakan umpan apa saja, ternyata ada umpan yang lebih disukai oleh Ikan Keropak. Umpan utama yang paling ampuh berdasarkan pengalaman penulis adalah menggunakan Cacing Laut atau Cacing Kolor.  Umpan inilah yang terkenal paling galak dan sangat di sukai oleh kelompok Catfish atau ikan-ikan laut pinggiran lainnya. Penulis mencoba membandingkan dengan menggunakan udang mati atau udang kupas dan Keropak lebih menyukai umpan Cacing Laut.

Cacing Laut Lur Sebagai Umpan Mancing Ikan Keropak Atau Kedukang
Cacing Laut Lur Sebagai Umpan Mancing Ikan Keropak Atau Kedukang


Baca Juga: Cara Yang Tepat Memasang Cacing Sebagai Umpan Mancing

Umpan mancing Ikan Keropak atau Kedukang lainnya yang juga cukup ampuh adalah menggunakan daging kerang. Kerang mentah yang dipakai adalah kerang dara atau kerang bulu. Penulis sudah mencoba menggunakan kerang hijau atau ijoan, tapi tidak mendapatkan sambaran. Berbeda ketika penulis menggunakan Kerang Bulu, meskipun tidak segalak ketika menggunakan Cacing Laut, Ikan Kedukang masih merespon dan bisa mendapatkan sambaran dari Catfish berukuran bongsor ini.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Memancing Ikan Kedukang atau Keropak?

Sebenarnya kapanpun anda memancing, ikan jenis ini bisa didapat. Tetapi, berdasarkan pengalaman, pagi dan sore hari adalah waktu yang paling tepat untuk memancing Ikan Keropak. Setelah turun hujan biasanya sambaran akan lebih intens dan saat air laut beranjak pasang atau beranjak surut anda juga bisa mendapatkan sambaran lebih banyak di banding ketika laut sedang pasang maksimal atua surut maksimal.

Baca Juga: Tips Memancing Di Dermaga Agar Hasilnya Optimal

Beberapa anglers juga bisa mendapatkan sambaran yang banyak ketika mancing malam. Ikan Kedukang sepertu halnya Catfish lainnya mengandalkan insting penciuman untuk mendeteksi umpan atau mangsanya. Saat Ikan Kedukan mulai menyambar umpan anda, segera bersiaplah karena karakteristiknya yang berkelompok akan memberikan peluang pancing anda mendapatkan sambaran yang lebih intens.

Masakan Olahan Daging Ikan Keropak Atau Kedukang

Dibandingkan dengan Ikan Kakap Putih atau Ikan Kerapu, Ikan Kedukang atau jenis Catfish lainnya dianggap hanya sebagai selingan bagi pemancing. Tak jarang pemancing juga ogah untuk membawa pulang kelompok Catfish karena di rasa mengganggu ikan target utama. Tetapi jika Ikan Keropak atau Kedukang ini berukuran besar, anglers biasanya akan membawa pulang untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Tips Mancing Ikan Kakap Putih / Barramundi

Meskipun secara ekonomis memiliki nilai jual yang rendah, beberapa pecinta Catfish menggemari olahan daging Ikan Keropak terutama jika di masak dengan bumbu kuning. Untuk rasanya menurut pengalaman penulis, lebih enak dari Ikan Patin dan Ikan Lele tapi kelezatannya masih di bawah Ikan Sembilang.

Demikian ya guys, ulasan mengenai Tips Cara Memancing Ikan Keropak atau Kedukang. Jika anda penasaran dengan sedotannya ketika menyambar umpan yang membuat ujung joran melengkung, segera siapkan piranti memancing anda, kunjungi penjual Cacing Laut dan selamat mencoba.

-aliemsurya-
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Mancing Ikan Keropak Atau Kedukang"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray