Spot Mancing Laut Dam Batu Ujung Banjir Kanal Timur (BKT)

Spot Mancing Laut Dam Batu Ujung Banjir Kanal Timur (BKT)

Banjir Kanal Timur (BKT) atau Kanal Banjir Timur (KBT) adalah sungai buatan yang dibuat untuk mengendalikan banjir. Banjir Kanal Timur menjadi penampungan air dari sungai-sungai kecil di sekitarnya sebelum akhirnya dibuang ke Laut Marunda. Selain sebagai pengendali banjir, sungai ini juga bamyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar Jakarta dan Bekasi untuk kegiatan lain seperti memancing.


View Spot Mancing Laut Dam Batu Ujung Banjir Kanal Timur (BKT)
View Spot Mancing Laut Dam Batu Ujung Banjir Kanal Timur (BKT) Sore Hari

Sebagai tempat mancing, Banjir Kanal Timur terutama di daerah pintu air Marunda dan daerah sekitar muara sudah cukup di kenal kalangan anglers untuk berburu Ikan Barramundi, Patin, Lundu dan ikan lainnya. Saat musim kemarau di mana debit sungai yang mengarah ke Banjir Kanal Timur sangat kecil dan keruh serta bercampur limbah, anglers yang biasanya memancing di sekitar pintu air akan berailih ke Dam Batu Ujung Marunda untuk berburu Ikan Kakap Putih atau Barramundi.


Baca Juga : Berburu Barramundi Di Spot Banjir Kanal Timur Marunda


Lokasi Spot Dam Batu Ujung Marunda

Spot mancing di Dam Batu Ujung BKT ini adalah spot mancing laut dangkal di daerah Marunda yang merupakan muara dari sungai Banjir Kanal Timur. Untuk menjangkau lokasi anda hanya perlu menelusuri daerah aliran sungai Banjir Kanal Timur sampai dengan ujungnya. Karena berada di ujung sungai BKT, warga sekitar menyebutnya sebagai Ujung BKT dan dinamakan DAM Batu karena terdapat baro atau batu penahan ombak di pinggir laut Marunda ini. Anda bisa menyimpan motor anda di depan warung warga dan membayar uang parkir Rp. 5.000. Anda juga bisa membeli perbekalan seperti air minum, makanan, kopi, rokok sebelum anda berjalan ke arah Dam Batu Ujung BKT.


Lokasi Spot Mancing Laut Dam Batu Ujung Banjir Kanal Timur (BKT)
Lokasi Spot Mancing Laut Dam Batu Ujung Banjir Kanal Timur (BKT)


loading...

Baca Juga: Tips Cara Mancing Di Dermaga Agar Hasilnya Maksimal

Beli Udang Hidup Untuk Mancing Di Dam Batu Ujung BKT

Sebelum menjangkau lokasi, penulisa sarankan agar anda membeli umpan mancing terlebih dahulu. Untuk umpan berupa udang hidup, anda bisa membelinya di sepanjang jalur dari mulai jembatan BKT sampai ke arah ujung. Anda hanya perlu mengamati plank kayu atau papan yang ditulisi jual udang hidup. Harga bervariasi mulai dari harga 500 per ekor untuk udang berukuran kecil, sampai dengan ukuran 2.000 per ekor. Anda bisa membeli secukupnya sesuai kebutuhan.

Sementara untuk umpan lain seperti kerang, cumi, cacing tanah atau cacing laut, anda bisa mencoba beli di sekitar pintu air Banjir Kanal Timur atau tanyakan ke warga setempat. Cacing laut, kerang dara atau kerang bulu bisa anda gunakan untuk mmancing Catfish di spot Dam Batu Ujung  BKT seperti Ikan Sembilang, Keropak dan tentu saja Lundu.


Baca Juga: Jenis-Jenis Catfish Populer Di Indonesia

Kondisi Spot Mancing Dam Batu Ujung BKT

Sepanjang jalan menuju spot sampai ke ujung yang saya perkirakan sekitar 500-600 meter anda akan berjalan di atas baro atau batu kubusan penahan ombak. Anda harus hati-hati supaya tidak tergelincir karena susunan batu yang tidak rata. Anda juga bisa bebas memilih spot sepanjang Dam Batu dari yang terdekat sampai dengan yang paling ujung yang berbatasan dengan Dermaga Marunda.


Baca Juga: Spot Mancing Laut Di Dam Tanjung Priok Jakarta Utara

Karena lokasinya yang di tepi laut, siang hari akan terasa sangat panas. Beberpa anglers membuat pelindung panas dari ranting pohon yang diberi kain seadanya. Cukup efektif untuk menghidari luka bakar akibat tersengat matahari. Anda bisa menggunakan tempat itu jika belum ditempati anglers lain. Siapa cepat dia dapat, daripada anda harus rela berpanas ria saat memancing.


Baca Juga : Cara Mencegah dan MenyembuhkanLuka Bakar Akibat Sinar Matahari


Ikan Target Mancing Di Spot Dam Batu Ujung BKT

Ikan Kakap Putih atau Baramundi menjadi target buruan para anglers di spot mancing Dam Batu Ujung BKT. Jika sedang musimnya (Juli - September), selain anglers para sniper ikan juga berbondong-bondong mencari peruntungan di spot mancing ini. Selain Ikan Kakap Putih, anglers juga kadang masih mendapatkan sambaran lain dari Ikan Samge, Ikan Kerong, maupun Catfish terutama Sembilang, Keropak dan Lundu.


Ikan Samge Seukuran Telapak Tangan Di Spot Mancing Laut Dam Batu Ujung Banjir Kanal Timur (BKT)

Ikan Samge Seukuran Telapak Tangan Di Spot Mancing Laut Dam Batu Ujung Banjir Kanal Timur (BKT)


Cara Mancing Ikan Kakap Putih Di Dam Batu Ujung BKT

Di spot Dam Batu Ujung BKT para anglers yang menarget Ikan Kakap Putih menggunakan rangkaian pancing menggunakan pelampung baik untuk memancing siang ataupun malam hari. Saat kondisi angin dan ombak tidak terlalu tinggi, teknik mancing menggunakan pelampung ini sangat efektif untuk memancing Ikan Kakap Putih dengan menggunakan umpan udang putih hidup. Sementara untuk teknik mancing glosoran atau dasar, sangat jarang dimakan oleh Ikan Kakap Putih dan cenderung lebih di makan oleh ikan lainnya.


Baca Juga: Tips Cara Mancing Ikan Kakap Putih Agar Hasilnya Maksimal

Ikan Kakap Putih Di Spot Mancing Laut Dam Batu Ujung Banjir Kanal Timur (BKT)
Ikan Kakap Putih Di Spot Mancing Laut Dam Batu Ujung Banjir Kanal Timur (BKT)

Mancing Malam Di Spot Dam Batu Ujung BKT

Sengatan matahari membuat anglers cenderung datang ke lokasi saat pagi hari atau sore sampai malam. Cukup banyak anglers yang bermalam di sini karena udara lebih sejuk dan tidak perlu terganggu panas. Sayangnya penerangan yang minim dan kondisi batu yang tidak rata menuntut anda harus berhati-hati. Membawa alat penerangan wajib anda jadikan prioritas jika anda ingan memancing malam di sini. Jangan lupa membawa lotion anti nyamuk agar monster penghisap darah ini tidak mengganggu anda. Baca selengkapnya mengenai Tips Mancing Malam Di Laut.

Demikian ya guys, ulasan mengenai spot mancing di Dam Batu Ujung Banjir Kanal Timur (BKT) Marunda Jakarta Utara. Jika ada hal yang masih perlu anda butuhkan mengenai spot mancing ini, silahkan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di bawah tulisan ini. Oh ya, guys... jika anda boncos memancing di spot ini tidak ada salahnya anda menghibur diri dengan memancing Ikan bandeng di kolam pemancingan kiloan yang lokasinya cukup dekat dengan spot ini.

Selamat mencoba...

-aliemsurya-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spot Mancing Laut Dam Batu Ujung Banjir Kanal Timur (BKT)"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray