Joran Pancing Terbawa Sambaran Ikan? Lakukan Hal Berikut Untuk Mencegahnya

Joran Pancing Terbawa Sambaran Ikan? Lakukan Hal Berikut Untuk Mencegahnya

Sobat Aliems’ Journey, menunggu saat umpan disambar oleh ikan adalah momen yang pastinya akan selalu dinantikan oleh semua anglers. Gembira bercampur tidak sabar menanti ikan jenis apa yang menyambar umpan menyebabkan adrenalin menjadi naik. Melihat keindahan ujung joran yang melengkung ke bawah saat ikan menyambar umpan adalah saat paling menakjubkan dan pastinya bikin semua anglers ketagihan. Momen saat strike adalah momen yang menentukan, apakah ikan akan hooked up sampai landed atau justru ikan ternyata bisa melepaskan diri dari ujung kail pada saat pertama strike atau pada saat perjalanan untuk membawa ikan landed.

cara mencegah joran terbawa sambaran ikan, joran pancing, cara mengatur reel pancing, drag adjusment, bail arm, fungsi anti-reverse reel


Adakalanya momen yang paling ditunggu-tunggu tersebut berubah menjadi momen horor bagi sobat, ketika joran pancing yang sobat simpan di pinggiran spot ternyata ikut terbawa masuk ke dalam air akibat sambaran ikan. Hal ini seringkali terjadi karena ketidak hati-hatian sobat dalam menyimpan joran pancing sehingga ketika sambaran datang, sobat tidak siap karena berbagai alasan seperti posisi joran yang jauh, sobat tertidur atau sedang asyik mengobrol dengan rekan pemancing lain. Intinya ketika ikan menyambar umpan, sobat tidak dalam kondisi siaga dan berjaga dengan joran yang sobat gunakan.

Baca Juga: Cara Memilih Joran Pancing Terbaik

Inilah uniknya memancing ya, Sob! Kadangkala, ketika sobat sedang semangat sampai berjam-jam menunggu joran bergerak, tidak ada satu ekor ikan pun yang mau menyambar umpan. Tapi begitu sobat meleng sebentar saja, tiba-tiba sambaran besar datang tanpa di duga sehingga menyebabkan sobat lengah. Kelengahan yang harus dibayar mahal jika joran dan reel sobat sampai harus terbawa sambaran ikan dan hanyut di dalam air.

Ketika joran sudah masuk dalam air dan terbawa ikan, dan biasanya ikan besar yang menyambar, akan sulit untuk bisa ditemukan dan diangkat kembali apalagi jika spot memancing terlalu dalam. Ikan yang tersangkut kail akan terus menyeret joran beserta reelnya kemanapun dia mau. Kecewa berat pasti akan sobat rasakan, mengingat selain ikan yang terlepas, joran beserta reel pun hanyut terbawa ikan. Jika sobat membawa joran dan reel cadangan mungkin masih sedikit terhibur, bagaimana jika sobat hanya membawa satu-satunya perangkat tersebut ke spot? Amburadul pastinya dan mau gak mau sobat harus segera berkemas untuk pulang haahaha…

Nah, berdasarkan pengalaman saya selama memancing, untuk mencegah joran dan reel sampai terseret sambaran ikan, sobat bisa melakukan hal-hal berikut ya...

Baca Juga: Mengenal Reel Pancing dan Cara Memilih Reel Pancing Terbaik

Kendorkan Drag Adjustment Pada Reel

Pengatur drag (drag adjustment) letaknya berada pada ujung, jika fight dengan ikan besar drag ini memiliki peran untuk mengatur seberapa kuat tali pancing keluar dari reel agar joran tidak patah, atau tali pancing tidak langsung putus. Semakin lemah atau kendor drag maka tali pancing akan mudah terulur, begitupun sebaliknya. Semakin kencang settingan drag, maka tali akan susah terulur. Kejadian joran yang terbawa sambaran ikan karena drag disetting terlalu kencang, sehingga pada saat ikan menyambar umpan, tali pancing tidak bisa terulur dan langsung menyeret reel beserta jorannya. Untuk itu, sobat harus mengendorkan settingan drag, sehingga pada saat ditinggal pun, joran akan aman karena tali pancing yang akan terus terulur ketika ikan menyeret umpan.

reel pancing, bagian-bagian reel pancing, fungsi bagian reel pancing, reel paning spinning
Bagian - Bagian Reel Pancing Spinning (sumber: wawanglakeresort)

loading...
Buka Bail Arm pada reel

Bagian reel ini harus dibuka saat anda akan melontarkan umpan. Jika ditutup tali pancing tidak akan bisa keluar dari reel. Nah, salah satu cara agar joran anda tidak terseret sambaran ikan selain dengan mengendorkan drag adjustment adalah dengan membuka bail arm. Setelah umpan terlempar, biarkan bail arm dalam posisi terbuka sebelum anda meletakkan joran dan reel di spot. Sobat Aliems’ Journey bisa dengan tenang untuk meninggalkan joran meskipun letaknya jauh dari lokasi tempat sobat duduk karena ketika ikan menyambar, dengan sendirinya, tali akan bebas terulur tanpa tersangkut di reel.

Aktifkan Anti-Reverse Pada reel

Cara yang ketiga masih berhubungan dengan settingan pada reel, yaitu mengaktifkan switch anti-reverse yang pada joran spinning terletak di bagian belakang. Anti-reverse pada reel jika dimatikan maka senar hanya akan tergulung ke arah reel (hanya satu arah), tetapi jika switch ini diaktifkan maka senar bisa terulur dengan sendirinya ketika ada sambaran datang atau ketika anda memutar handle reel ke arah yang berlawanan.

Baca Juga: Cara Merawat Dan Membersihkan Reel Pancing

Nah sob, selain ketiga cara di atas yang berhubungan dengan settingan pada reel dengan tujuan agar senar tidak tertahan di dalam reel ketika sambaran datang, cara lainnya yang juga paling umum dilakukan tanpa harus mengubah settingan pada reel adalah dengan mengikat joran dengan tali ke pagar atau benda berat yang ada di sekitar spot mancing atau jika tidak ada tali, sobat bisa meinindih joran dengan batu atau benda berat lainnya sehingga joran bisa tertahan dan tidak kabur begitu saja ketika sambaran datang.

Demikian ya guys, silahkan memilih cara mana yang menurut sobat Aliems' Journey paling mudah untuk di lakukan dan semoga tulisan tentang cara mencegah agar joran pancing beserta reelnya tidak hilang terseret sambaran ikan ini bermanfaat.

aliemsurya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Joran Pancing Terbawa Sambaran Ikan? Lakukan Hal Berikut Untuk Mencegahnya"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray