Manfaatkan Tiga Barang Bekas Ini Sebagai Alternatif Pengganti Timah Pemberat Pancing

Manfaatkan Tiga Barang Bekas Ini Sebagai Alternatif Pengganti Timah Pemberat Pancing

Halo sobat Aliem’s Journey, pada tulisan sebelumnya saya sudah pernah mengulas tentang timah pemberat pancing, baik dari bentuk, fungsi sampai cara yang tepat untuk memasang timah pemberat pada rangkaian pancing. Kali ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana cara memanfaatkan tiga barang bekas yang ada di sekitar rumah sobat untuk mengganti timah pemberat pancing. 

busi bekas, mur bekas, baut bekas, timah pancing, pemberat selain timah pancing, bandul pancing

Kenapa Harus Menggunakan Barang Bekas Untuk Alternatif Pengganti Timah Pemberat Pancing?

Timah pancing, terutama untuk mancing di pinggiran dermaga, muara atau mancing surfing (pasiran) adalah komponen penting yang sangat sobat butuhkan untuk dapat melontarkan umpan secara maksimal dan sejauh mungkin ke tengah laut. Harapannya, umpan yang terlempar jauh ke tengah lautan yang lebih dalam, kemungkinan besar bisa sampai ke spot yang dihuni oleh ikan-ikan besar jika dibandingkan dengan di pinggiran laut. Semakin besar timah pemberat pancing yang sobat gunakan, akan semakin jauh jangkauan lemparan apalagi jika didukung oleh joran panjang yang digunakan serta ukuran reel yang bisa menampung senar dalam jumlah banyak. 

Baca Juga: Tips Cara Memilih Reel Pancing Terbaik

Masalah yang acapkali dirasakan oleh sebagian besar anglers adalah, semakin besar ukuran timah pancing yang digunakan maka semakin mahal harganya. Masalah akan bertambah jika sobat memancing di spot yang banyak terdapat benda-benda di dalam air seperti rumpon buatan, bekas kapal tenggelam, batu-batu karang yang berpotensi menyebabkan rangkaian pancing anda tersangkut (biasa disebut spot banyak sangkutannya). Sobat perlu menyiapkan timah pemberat pancing dalam jumlah yang banyak agar tidak kehabisan pada saat rangkaian pancing yang digunakan sering tersangkut dan putus. Meskipun menggunakan timah mancing dengan model gantung bisa membantu anda meminimalisir rangkaian pancing untuk tersangkut di dasar perairan.

Atas dasar efisiensi biaya agar timah pancing tidak terlalu membebani sobat Aliems’ Journey pada saat memancing, sobat bisa memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah atau lingkungan sobat untuk alternatif pengganti timah pemberat pancing. Barang-barang bekas di bawah ini tidak perlu sobat beli karena umumnya ada di rumah atau bisa minta ke rekan serta tetangga sobat. 

Baca Juga: Tips Cara Mengikat Kili-Kili Pancing Yang Benar

Busi Motor Bekas

Sobat Aliems’ Journey pasti tahu barang satu ini, busi motor bekas yang sudah tidak berfungsi adalah barang bekas pertama yang bisa digunakan untuk alternatif pengganti timah pancing. Cara memakainya, bagian kepala yang memiliki celah (lingkaran merah) bisa sobat tekan dengan tang atau pukul dengan palu sehingga celah bisa tertutup atau minimal lebih rapat dari sebelumnya sehingga bisa sobat ikatkan rangkaian pancing (leader) atau bisa juga disambungkan dengan snap/peniti pancing.

busi bekas, mur bekas, baut bekas, timah pancing, pemberat selain timah pancing, bandul pancing

Dengan ukuran yang lumayan besar, sobat bisa melontarkan umpan sejauh yang sobat inginkan. Jika sobat mengalami apes karena tersangkut dan pada akhirnya rangkaian pancing sobat putus, tidak perlu disesali, toh barang bekas yang masih bisa sobat cari lagi di lain waktu. 

loading...

Baca Juga: Tips Cara Memilih dan Merakit Senar Leader

Baut dan Mur Bekas

Barang bekas berikutnya yang bisa sobat Aliems’ Journey manfaatkan sebagai alternatif pengganti timah pancing adalah baut atau mur bekas. Sobat sudah tahu dong bentuknya seperti apa dan bagaimana cara mengikat kedua barang ini sebagai pengganti timah pancing? Sobat hanya perlu membuatan ikatan yang kuat di lubang untuk mur dan di dekat kepala untuk baut. Kelebihan baut dan mur bekas dibandingkan dengan busi motor bekas adalah ukurannya lebih bervariasi sehingga bisa sobat sesuaikan dengan spot mancing. 

busi bekas, mur bekas, baut bekas, timah pancing, pemberat selain timah pancing, bandul pancing


Nah, demikian ulasan mengenai cara memanfaatkan barang bekas sebagai alternatif pengganti timah pemberat pancing. Jika sobat Aliems' Journey punya alternatif lainnya yang lebih menarik dan mudah didapatkan serta mudah dipakai, silahkan share di kolom komentar. Semoga bermanfaat ya, Sob.

Salam mancing mania,

aliemsurya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaatkan Tiga Barang Bekas Ini Sebagai Alternatif Pengganti Timah Pemberat Pancing"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray