Jenis-Jenis Umpan Untuk Memancing Di Laut

Jenis-Jenis Umpan Untuk Memancing Di Laut

Umpan merupakan salah satu komponen terpenting yang akan menentukan hasil mancing. Sobat Aliems’ Journey yang sudah terbiasa memancing di laut baik di pinggiran, muara atau di tengah laut pasti paham jenis umpan apa yang harus dibawa ketika akan memancing di air laut. Umpan juga bisa menentukan ikan target apa yang akan anda harapkan, meskipun pada kenyataannya, factor hoki dan lucky juga kadangkala ikut berperan. Maksudnya, kadangkala sobat hanya membawa umpan seadanya, ternyata ikan besar yang menyambar umpan yang sobat gunakan, itu yang dinamakan factor hoki atau lucky.

umpan mancing laut, umpan mancing, udang hidup, cacing laut, cumi-cumi


Baca Juga: Tips Mancing Malam Di Laut

Memancing di laut jelas berbeda dengan memancing di spot air tawar seperti sungai, danau, kolam atau empang. Meskipun juga untuk ikan laut tertentu masih ada yang mau memakan umpan  yang biasanya lazim digunakan untuk memancing di air tawar. Intinya tergantung ikan apa yang akan anda pancing. Contohnya begini sob. Apakah Ikan Kakap Putih akan mau menyambar kail sobat yang diberi umpan cacing tanah? Secara logika tidak akan mungkin, karena Ikan Kakap Putih adalah predator, kecuali ikan tersebut tersangkut bagian tubuhnya! Atau karena factor hoki / lucky tadi yang tiba-tiba karena saking laparnya ikan tersebut mau memakan umpan cacing yang sobat gunakan.

Baca Juga: Tips Mancing Di Pinggiran Dermaga Laut

Oke sob, saya akan mencoba share tentang umpan apa saja yang umumnya bisa sobat pakai untuk memancing di laut. Di sini saya sebagai penulis tidak bermaksud menggurui lho ya! Hanya sekedar berbagi pengalaman yang mungkin sangat dibutuhkan pemancing pemula yang mulai hobi memancing di laut. Langsung saja berikut beberapa jenis umpan untuk memancing di laut.

Lures (Umpan Tiruan)

Umpan pertama yang biasa dipakai di laut adalah umpan tiruan, baik hardlures maupun softlures. Dengan berbagai macam bentuk tiruan menyerupai ikan, udang, serangga dan dari bahan keras maupun lunak lures digunakan untuk memancing dengan teknik casting, trolling, maupun jigging. Sobat yang biasa melihat program acara mancing populer di salah satu televisi swasta pasti akan tahu bahwa umpan yang biasa dipakai untuk memancing ikan-ikan besar di tengah laut menggunakan umpan tiruan.

Baca Juga: Tips Memancing Menggunakan Umpan Tiruan (Hard Lures)

Ikan Kecil Hidup

Ikan berukuran kecil yang hidup merupakan salah satu umpan yang paling ampuh untuk memancing di laut. Tanpa memerlukan aksi casting, umpan berupa ikan kecil yang masih hidup biasanya digunakan untuk memancing ikan-ikan predator baik di tengah maupun di pinggir laut seperti ikan kakap putih (Barramundi) dan ikan Kerapu. Jenis ikan yang bisa dijadikan umpan hidup adalah ikan selar, ikan cere, ikan belanak atau bandeng, ikan mujair.

Udang Hidup

Mayoritas pemancing di Indonesia menggunakan Udang hidup untuk memancing di laut. Udang hidup bisa dari jenis udang putih, udang vaname, udang api-api dan jenis lainnya biasa dipakai anglers sebagai umpan untuk memancing di laut. Hampir semua ikan di laut menyukai umpan ini. Udang yang sudah matipun bisa dijadikan udang kupas untuk target ikan yang biasanya berukuran lebih kecil.

Baca Juga: Cara Yang Benar Memasang Udang Hidup Sebagai Umpan Memancing

Cacing Laut

Cacing laut adalah salah satu umpan hidup yang sering anglers bawa selain Udang. Bau amis yang khas dari darah yang keluar dari badan cacing laut saat dijadikan umpan menjadi daya tarik bagi ikan di laut untuk berebut menyantapnya. Cacing Laut merupakan umpan yang sangat disukai oleh Ikan-ikan jenis Catfish seperti Sembilang, Lundu Laut, Keropak. Selain itu juga disukai oleh ikan-ikan pinggiran lainnya seperti Samge, Kerong-kerong maupun Ketang-ketang.
loading...

Daging Cumi

Daging cumi adalah salah satu jenis umpan untuk memancing di laut terutama jika sobat Aliems’ Journey ingin mendapatkan ikan-ikan yang menghuni karang. Tekstur umpan yang lebih keras dan tidak mudah rapuh sangat cocok untuk digunakan untuk memancing di spot berkarang jika dibandingkan dengan menggunakan udang. Spot berkarang biasanya mayoritas dihuni oleh ikan-ikan kecil dengan jumlah yang banyak.

Baca Juga: Mengenal Nama- Nama Ikan Yang Biasa Terpancing Di Pinggiran Laut 

Daging Kerang

Daging kerang, baik kerang dara, kerang hijau atau jenis kerang lainnya bisa digunakan untuk memancing di spot laut. Target ikan yang dipancing sama dengan menggunakan umpan berupa cacing laut, yakni kelompok ikan catfish atau ikan pinggiran lainnya.

Baca Juga: Jenis Catfish Populer Di Indonesia

Pelet & Roti Tawar

Kedua jenis umpan di atas dikenal sebagi umpan di kolam, empang atau tambak. Tapi untuk spot yang di huni oleh ikan Bandeng laut, anda bisa menggunakan kombinasi pelet ikan dan roti tawar untuk mendapatkan sensasi strike ikan bandeng laut yang dikenal memiliki tarikan istimewa. 

Baca Juga: Mancing Bandeng Kiloan Lokasi Dekat Muara Banjir Kanal Timur

Nah, demikian ya sobat Aliem’s Journey beberapa jenis umpan untuk memancing di laut berdasarkan pengalaman yang pernah penulis gunakan. Mungkin banyak dari anglers lainnya yang memiliki jenis umpan lainnya yang belum pernah penulis gunakan selama memancing di laut. Yang perlu digaris bawahi untuk sobat yang memancing di laut, sobat tidak perlu fokus untuk satu jenis umpan saja, lebih banyak menggunakan variasi umpan, maka kemungkinan mendapatkan sambaran ikan akan semakin besar.



Salam mancing mania…

aliemsurya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Umpan Untuk Memancing Di Laut"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray