Tips Cara Memancing Ikan Gebel, Ikan Asli Penghuni Teluk Jakarta

Apa Itu Ikan Gebel?

Ikan gebel (sebagian menyebutnya gebel bunder) sekilas mirip dengan ikan bawal laut. Yang membedakan secara jelas adalah bagian sirip atas dan bawahnya yang lebih panjang dan lebar dari ikan bawal laut. Jika dilihat lebih detail ikan ini akan menyerupai bentuk kelelawar. Bentuk inilah yang menjadi dasar penamaan ikan gebel (longfin batfish - ikan kelelawar dengan sirip panjang). Sebagian orang menyebutnya sebagai ikan bawal karang karena kemiripan bentuknya dengan ikan bawal. Ikan gebel (Platax orbicularis) dapat tumbuh mencapai 40 cm dengan bobot bisa sampai 2-3 kg.  Warna khas hitam berseling putih akan nampak ketika masih dalam kondisi hidup. Saat ikan mati, warna hitam akan memudar berganti dengan warna krem/abu-abu. Di Indonesia sendiri ada salah satu jenis dari keluarga ikan kelelawar yaitu spesies Platax batavianus. Dari namanya, ikan ini pertama kali ditemukan di sekitar teluk Jakarta (Batavia).

ikan gebel, ikan bawal karang, ikan bawal laut, batfish, ikan kelelawar
Ikan Gebel Teluk Jakarta (Platax batavianus)


Habitat Ikan Gebel

Selain di perairan Indonesia, ikan ini juga ditemukan di Afrika, Vietnam, Thailand, Filipina, Taiwan, Jepang, Australia, dan Selandia Baru. Ikan gebel adalah ikan yang tinggal di sekitar terumbu karang. Penulis sendiri sering mendapatkan ikan ini saat memancing di sekitaran dermaga pelabuhan atau di dekat-dekat kapal yang bersandar.  Ikan gebel bisa menghuni perairan di laut dangkal sampai dengan perairan laut dalam.


ikan gebel, ikan bawal karang, ikan bawal laut, ikan kelelawar, batfish
Ikan Gebel


Makanan Ikan Gebel

Ikan gebel termasuk ikan omnivora (memakan hewan dan tumbuhan). Ikan ini bisa memakan bagian dari tumbuhan, maupun hewan lainnya. Makanan yang sering dikonsumsi oleh ikan gebel adalah kelompok udang-udang kecil, rumput (ganggang) maupun lumut laut, serta jika di sekitar dermaga ikan ini bisa memakan apa saja yang ditemukan di dasar perairan seperti sisa nasi dan makanan lainnya.

Cara Memancing Ikan Gebel

Sensasi memancing ikan gebel sangat mengasyikkan dan dijamin akan membuat sobat Aliems' Journey ketagihan karena tarikannya yang setara dengan tarikan ikan kuwe rambe. Dengan bentuk badannya yang pipih, ikan gebel akan berenang sangat cepat untuk melepaskan diri dari jerat kail pancing. Berikut beberapa tips cara memancing ikan gebel.

Rangkaian Pancing Ikan Gebel

Rangkaian pancing yang digunakan untuk memancing ikan gebel adalah rangkaian pancing dasaran (timah di bawah), bisa menggunakan 2 atau 3 buah kail dengan simpul T.  Leader 0.35 - 0.4mm bahan fluorocarbon agar kuat. Ukuran kail yang biasa saya gunakan adalah ukuran 3-4 (kail kecil).

Umpan Memancing Ikan Gebel

Umpan yang biasa digunakan untuk memancing ikan gebel adalah udang kupas. Di samping itu bisa juga sobat siapkan bakwan yang biasa dipakai untuk memancing ikan kiper (ketang-ketang). Sebelum memancing sobat dianjurkan untuk melakukan bom umpan menggunakan nasi agar ikan bergerombol ke arah spot yang sedang sobat pancingi.

Kapan Waktu Tepat Memancing Ikan Gebel?

Sebenarnya jika ikan gebel sedang bergerombol di suatu spot tertentu misalnya di dekat terumbu karang laut lepas, kapanpun waktu sobat memancing baik pagi, siang, sore atau malam, ikan ini akan sangat agresif untuk menyambar umpan yang sobat lempar. Masalahnya, jika memancing di sekitaran dermaga, pagi sampai sore hari menggunakan udang kupas atau bakwan, ikan gebel kalah jumlah dengan ikan kiper atau ikan kecil lainnya. Saya sendiri selama memancing jenis ikan gebel ini, selalu mendapatkan sambaran pada malam sampai menjelang subuh. Alasan logisnya, saingan ikan gebel, seperti ikan kiper tidak aktif pada malam hari sehingga potensi mendapatkan sambaran jauh lebih besar dibandingkan saat memancing pada siang hari.

Cara Memasak Ikan Gebel

Apa rasanya ikan gebel? Mungkin bagi sebagian sobat yang melihat ikan ini sebagai ikan hias di akuarium, akan bertanya-tanya. Apa enak ikan gebel untuk dikonsumsi? Jawabannya, sangat enak! Sangat mirip dengan bawal laut. Lalu, cara memasak ikan gebel yang paling tepat apa? Dibakar ya, sob! Rasanya top dan dijamin bikin sobat ketagihan.

Salam mancing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Memancing Ikan Gebel, Ikan Asli Penghuni Teluk Jakarta"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray