Mengenal Ikan Kuro & Tips Cara Memancing Ikan Kuro

Mengenal Ikan Kuro & Tips Cara Memancing Ikan Kuro

Salah satu ikan target yang merupakan favorit pemancing pinggir laut adalah Ikan Kuro. Ikan ini adalah "raja ikan" untuk kelas ikan pinggiran karena dagingnya yang sangat enak. Selain itu ikan yang bentuknya mirip dengan ikan bandeng ini memiliki sensasi tarikan yang sangat mantap.

ikan kuro, ikan senangin, ikan kurau, ikan kuro besar, cara mancing ikan kuro, umpan mancing ikan kuro, rangkaian mancing ikan kuro
Sumber Gambar: specieshunter.com



Tentang Ikan Kuro (Senangin)

Ikan kuro adalah jenis ikan laut dari family Polynemidae. Salah satu spesies yang memiliki ukuran cukup besar dan berada di laut Indonesia adalah ikan kuro (senangin) jenis Eleutheronema tridactylum. Beberapa karakteristik dan kebiasaan dari keluarga ikan Polynemidae antara lain sebagai berikut.

  • Habitat di laut dan payau dan beberapa jenis ada hidup di sungai. Distribusi untuk habitat laut adalah semua laut tropis dan subtropis.
  • Ciri khas memiliki mulut bagian bawah yang lebih rendah. Sirip dada dengan 2 bagian. Bagian atas sirip dada dengan sinar terpasang; bagian bawah memiliki 3-7 (kecuali di Polistonemus dengan 14 atau 15) sinar bebas panjang. Sirip punggung berduri dan lunak berjauhan. Subabdominal panggul. Satu tulang belakang di sirip perut; sinar lunak 5. Sirip ekor bercagak dalam.
  • Ada sirip yang berjumbai (memanjang). Oleh karenanya ikan kuro dalam bahasa Inggris disebut sebagai threadfin fish.
  • Bisa mencapai panjang maksimum 1,8 m.
  • Memakan invertebrata dan ikan-ikan kecil dari dasar berpasir hingga berlumpur.
  • Beberapa spesies di dekat terumbu karang.
  • Hidup berkelompok dan pelagis (berburu makanan di dekat permukaan air laut).


Spot Memancing Ikan Kuro

Berdasarkan pengalaman, ikan kuro bisa dijumpai di berbagai spot baik di tengah laut maupun pinggiran laut seperti DAM, muara laut, atau mendekat ke arah bagan pemancingan. Tipikal dari ikan kuro adalah datang bergerombol, mencari kerumunan ikan-ikan kecil untuk dimangsa. Kedatangannya yang bergerombol inilah yang membuat angler bisa strike berkali-kali jika spot mancingnya didatangi oleh kawanan ikan kuro.

ikan kuro, ikan senangin, tips mancing ikan kuro, cara mancing ikan kuro, spot mancing ikan kuro, casting ikan kuro
Ikan Kuro Dari Spot Tengah Laut


Cara Memancing Ikan Kuro

Keberadaan ikan kuro di sekitar spot mancing bisa segera di deteksi dengan kemunculannya yang menyebabkan kepanikan ikan-ikan kecil yang biasa berenang di atas permukaan air laut. Ikan kuro akan datang secara bergerombol dan bisanya secara berkelompok akan menyambar ikan-ikan kecil tersebut (biasanya jenis ikan teri dan ikan seriding). Ikan kuro biasanya akan sangat aktif berburu mangsa pada saat menjelang matahari terbit (subuh) sampai sekitar jam 9 atau 10 pagi. Apalagi jika kondisi air laut tenang (tidak berombak besar). Jika ombak datang, keberadaan ikan kuro akan lebih susah dideteksi.

Rangkaian Pancing Ikan Kuro Menggunakan Pelampung

Rangkaian ini cocok digunakan pada saat pagi hari dan air laut dalam kondisi tenang (tidak berombak besar). Cara merangkai setingan untuk memancing ikan kuro menggunakan pelampung hampir sama dengan rangkaian pancing untuk ikan kakap putih (baramundi). Untuk antisipasi sambaran ikan kuro berukuran monster, sobat Aliems' Journey bisa menggunakan leader kawat (slink) dengan menggunakan dua kail. Satu kail di simpul di bawah leader dan satu lagi dibiarkan bergerak bebas. Tujuan menggunakan kail yang dibiarkan bergerak bebas untuk membantu ketika ikan kuro yang sudah memakan umpan di kail bawah berontak, pada saat berontak biasanya bagian tubuh ikan kuro menancap di kail yang bergerak bebas tersebut sehingga ikan akan semakin susah untuk lepas.

ikan kuro, ikan senangin, rangkaian pancing ikan kuro, cara mancing ikan kuro, umpan mancing ikan kuro, spot ikan kuro
Rangkaian Pancing Ikan Kuro Dengan Satu
Mata Kail Dibiarkan Bergerak Bebas


Jika spot mancing memiliki kedalaman yang lebih dalam serta kondisi sedang berangin dan ombak, maka rangkaian pancing dasaran cocok untuk digunakan. Jika ikan kuro yang datang berukuran kecil sampai sedang, cukup menggunakan senar leader dengan ukuran normal (untuk memancing di laut). Penulis biasanya menggunakan ukuran 0.5-0.6 mm. Jika ikan kuro berukuran besar, leader bisa menggunakan slink atau senar leader berukuran lebih besar dari 0.6 mm.

Baca Juga: Ikan Gebel, Ikan Kupu-Kupu Penghuni Laut Jakarta

Memancing Ikan Kuro Menggunakan Metal Jig

Selain menggunakan umpan hidup seperti udang atau ikan kecil, ikan kuro juga mudah dipancing menggunakan hard lure seperti metal jig berukuran kecil (7-10 gram). Pastikan gerombolan ikan kuro mendekati spot mancing sobat dengan ditandai pergerakan ikan-ikan kecil yang panik serta kemunculan ikan kuro yang sedang berburu. Lempar dan mainkan metal jig menggunakan piranti casting.


Manfaat & Konsumsi Ikan Kuro

Seperti yang disebutkan di awal, ikan kuro adalah "ikan raja" untuk kelas ikan pinggiran laut karena dagingnya yang sangat enak. Tidak seperti bandeng yang banyak durinya, ikan kuro tidak memiliki duri-duri halus yang mengganggu saat dimakan. Dimasak dengan cara apapun ikan kuro akan memiliki cita rasa yang sangat lezat, dagingnya banyak dan tebal serta gurih. Bagi penulis, ikan kuro dengan cara dibakar adalah cara masak favorit karena aromanya yang sangat menggugah selera serta citarasa dagingnya yang sangat enak.

Dikutip dari nilaigizi.com, kandungan gizi unggulan dalam 100 gram ikan kuro segar adalah 27% protein, 20% mineral fosfor dan 7% kalsium. Untuk kandungan lebih lengkapnya bisa disimak pada gambar di bawah.

ikan kuro, kandungan gizi ikan kuro, cara mancing ikan kuro, spot mancing ikan kuro, ikan senangin, ikan mirip bandeng
Kandungan Gizi Ikan Kuro Segar (100 gram)

Salam mancing

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Ikan Kuro & Tips Cara Memancing Ikan Kuro"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray