Kapan Seharusnya Memancing Menggunakan Senar PE?

Kapan Seharusnya Memancing Menggunakan Senar PE?

Sejak mengenal senar berkepang (braided fishing line) atau yang populer di Indonesia dengan sebutan senar PE, saya sudah jatuh hati dengan tali pancing jenis ini. Satu hal yang membuat saya awalnya ragu memakai senar PE adalah harganya yang mahal. Itulah yang menurut saya menjadi satu kekurangan paling mencolok dari senar PE. Maklum sebagai angler pemula dengan budget seret, membeli senar PE adalah sesuatu yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Apalagi spot yang biasa dipancingi hanya dihuni ikan-ikan kecil, buat apa harus menggunakan senar PE?

kelebihan dan kelemahan senar PE, cara memilih senar PE terbaik, senar PE murah dan bagus, tips memilih senar PE, braided fishing line, kelebihan PE dibanding nilon


Seiring waktu, ketika spot memancing mulai merambah ke jalur air asin (spot laut) dan beberapa kali senar mudah putus ketika fight melawan ikan yang berukuran lebih besar dari biasa yang saya pancing, di titik inilah senar PE sudah ada dalam benak saya. Pertimbangan paling utama sudah bukan lagi masalah harga yang mahal. Apalah artinya harga murah, tapi ketika adrenalin sedang tersentak dengan kuat karena umpan disambar ikan tiba-tiba menjadi drop dan loyo. Ikan yang seharusnya bisa landed berhasil kabur karena senar nilon yang saya pakai putus. Belum juga kelihatan ikan apa yang menyambar umpan kita, tapi tali sudah putus. Pasti nyeselnya gak hilang-hilang ya, sob! Meratapi nasib, kenapa tadi gak pakai senar yang kuat?!!

Baca: Cara Membaca Informasi Senar Pancing Dari Box Kemasan

Manfaat Dan Kelebihan Senar PE

Dari pengalaman tidak mengenakkan di atas saya belajar banyak. Harga yang sedikit mahal yang kita keluarkan akan terbayar oleh kepuasan ketika ikan berukuran besar berhasil landed tanpa memutuskan senar pancing. Lalu, seiring berkembangnya jual-beli secara online ternyata senar PE yang saya bisa beli tidak mahal-mahal amat kok! Malah banyak pilihan yang bisa dibeli dengan menyesuaikan budget di kantong. Harga senar PE yang sedikit mahal juga menghasilkan beberapa benefit bagi anglers yang menggunakannya. Berikut beberapa keunggulan senar PE dibanding senar nilon (monofilamen)

  • Dengan ukuran (diameter) yang sama dengan senar monofilamen, senar PE bisa menahan ikan yang berukuran lebih besar. Misalnya senar PE dengan diameter 0.28mm menghasilkan kekuatan test 30lbs, sementara senar monofilamen hanya sekitar 20lbs.
  • Bisa tertampung dengan banyak di dalam spul reel. Misalnya sobat menggunakan senar mono untuk ukuran 30lbs dengan diamter 0.4mm bisa tertampung 150meter. Tapi jika sobat menggunakan senar PE 30lbs hanya dengan diameter 0.28mm tentu akan bisa tertampung lebih banyak di dalam spul reel, bukan?
  • Lebih awet. Jika sobat menggunakan senar nilon terutama di spot laut, seiring pemakaian senar akan cepat rapuh, mudah melinting sehingga sobat akan menggantinya  dengan senar nilon yang baru. Tapi jika sobat menggunakan senar PE, sobat tidak perlu terlalu sering menggantinya.
  • Lebih sensitif terhadap gigitan ikan. Senar PE tidak bisa meregang atau tidak ada daya lentur sama sekali jika dibandingkan dengan senar nilon. Itulah sebabnya ketika ikan menyambar umpan, senar PE akan memberikan getaran yang lebih terasa jika dibandingkan dengan menggunakan senar nilon.
Jadi, kembali ke judul tulisan ini, kapan seharusnya kita memancing dengan menggunakan senar PE? Jawabannya, bisa kapan saja, di spot mana saja dan untuk ikan target apa aja.


Lho, kok? Lha iya, senar PE lebih awet, bisa tertampung lebih banyak di spul reel, lebih kuat, lebih sensitif, mau pakai senar yang mana lagi? Eits, tunggu dulu kisanak! Dua kondisi berikut tidak disarankan memancing menggunakan senar PE, tapi lebih direkomendasikan menggunakan senar nilon, yaitu:
  • Kondisi angin kencang. Senar PE bobotnya lebih ringan dengan diameter yang kecil. Ketika angin berhembus dengan kencang, tingkat akurasi lemparan akan terpengaruh karena mudah terbawa atau terseret oleh angin sehingga menyebabkan senar menjadi kusut atau terjadi simpul.
  • Kondisi perairan dengan arus deras atau jeram. Sama dengan kondisi pertama, arus yang sangat kencang mudah menyeret senar PE dibandingkan dengan senar nilon yang mempunya bobot lebih besar.
Selain dua kondisi di atas apa sih kekurangan menggunakan senar PE?
  • Yang pertama dan selalu menjadi ganjalan adalah harga lebih mahal. Padahal sejatinya, sekali memakai PE mungkin berbanding 3-5 kali memakai senar nilon. Maksudnya, sobat memakai senar PE selama 6 bulan untuk sekali pakai. Tapi jika menggunakan senar nilon, 6 bulan mungkin saja sudah 3-5 kali ganti.
  • Mudah kusut, karena ringan dan lebih kecil sehingga memiliki tingkat kekusutan yang lebih tinggi.
  • Lebih terlihat di dalam air (daya transaparansi rendah) dibanding nilon atau fluorocarbon. Untuk meredam masalah ini sobat wajib menggunakan tali leader berbahan transfaran pada saat membuat rangkaian pancing.
  • Sudah diputuskan jika sudah tersangkut di dasar perairan. Butuh tenaga ekstra dan cara yang benar memutuskan senar yang tersangkut di dasar perairan agar tidak merusak reel pancing.

Bagaimana Cara Memilih Senar PE terbaik?

Terbaik menurut kita belum tentu terbaik menurut orang lain. Dalam hal ini budget akan sangat menentukan. Hampir semua angler mencari barang dengan kualitas bagus tapi harga murah. Meskipun pada kenyataannya susah. Prinsip yang bermain biasanya ada harga ada kualiatas. Maka jika sobat memiliki budget lebih, belilah senar PE dari produsen ternama yang sudah tidak diragukan lagu kualitasnya. Nah, jika budget menjadi kendala silahkan lakukan langkah-langkah di bawah.
  • Minta rekomendasi dari teman yang biasa menggunakan senar PE untuk menentukan merek dan tipe PE apa yang cocok dan sesuai dengan piranti yang sobat pakai
  • Jika membeli secara online, bandingkan harga dari beberapa merchan (toko online), pilih yang rating penjualannya banyak dan penilaiannya bagus.
  • Trial dan error, artinya coba beli satu jenis merek, lalu untuk pemakaian berikutnya beli merek yang lainnya dan sobat bandingkan mana kualitas yang terbaik.
Kesimpulannya, memakai senar PE dalam memancing banyak keuntungannya. Harga yang mahal terkesan relatif karena dengan banyaknya penjualan secara online kita bisa memilih sesuai budget dengan kualitas yang lumayan. Memakai senar PE memberikan keuntungan dan kepuasan yang setimpal dengan harga rupiah yang sobat keluarkan dibandingkan dengan kekurangannya.

Aliemsurya

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapan Seharusnya Memancing Menggunakan Senar PE?"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray