Tips Mancing Cara Mudah Memancing Ikan Kiper

Tips Mancing Cara Mudah Memancing Ikan Kiper
Ikan kiper atau biasa disebut ikan kitang atau ketang-ketang merupakan ikan yang paling sering ditemui angler ketika memancing di spot pantai berbatu, tepi dermaga, daerah muara dan bagan-bagan yang dipasang oleh nelayan di sekitar laut dangkal. Ikan ini sering dijumpai dalam koloni yang cukup banyak, berkerumun dan dikenal sangat rakus karena bisa memakan apa saja yang ditemui di habitatnya.

Ikan Kiper / Ketang-Ketang (Gambar Dari: inilah.com)


Mengenal Ikan Kiper
Bagi sobat Aliems' Journey yang belum pernah memancing dan belum tahu seperti apa itu ikan kiper, sobat harus memancing di spot air asin (tepi pantai atau dermaga).  Ikan kiper memiliki ciri khas. Bentuk tubuhnya yang oval dan umumnya berwarna perak kecoklatan dilengkapi tanda berupa spot (bintik atau totol) berwarna hitam dan duri-duri panjang di pagian punggungnya. Nama ilmiah atau nama latin ikan kiper adalah Scatophagus argus. Ikan yang sekilas mirip dengan ikan Baronang ini selain dijadikan konsumsi manusia juga banyak dijadikan ikan hias di akuarium karena bentuknya yang mirip ikan discus. Ikan kiper memiliki toleransi yang tinggi terhadap salinitas atau kadar garam yang ada di habitatnya. Ikan kiper selain ditemukan di air laut (asin), juga bisa hidup di tambak yang berdekatan dengan laut, sungai yang berdekatan dengan muara atau bahkan di air yang kadar garamnya rendah (tawar) sekalipun. Ukuran ikan kiper dewasa secara umum memiliki kisaran panjang 20 cm dan maksimum pada 38 cm.

Baca Juga: Tips Memancing Ikan Baronang

Di hatibat alaminya ikan kiper akan memakan cacing, krustasea (udang), serangga dan fragmen tumbuhan. Satu hal yang harus diwaspadai oleh pemancing adalah bagian sirip dorsal dan anal ikan kiper yang berbisa. Bagian tubuh yang terkena duri akan terasa sangat perih dan sakit bahkan menyebabkan sensasi panas dingin serta kepala pusing. Cara terbaik untuk mengobati bagian tubuh yang terkena racun ikan kiper adalah merendam luka di dalam air hangat sehingga efek racunnya akan cepat berkurang.

Umpan Mancing Ikan Kiper
Tidak perlu pusing untuk mencari umpan mancing ikan kiper. Sifatnya yang rakus dan dikenal sebagai ikan pemakan segala, membuat sobat bisa memanfaatkan bahan makanan di sekitar untuk dijadikan umpan mancing ikan kiper. Biasanya, memancing ikan kiper dilakukan angler sebagai alternatif di samping memancing ikan target lain. Sambil menunggu ikan target menyambar umpan, sobat bisa memancing ikan kiper di pinggir dermaga atau muara.  Udang kupas adalah umpan paling populer untuk memancing ikan kiper di bagan atau DAM. Sobat juga bisa menggunakan daging cumi, atau cacing laut. Umpan racikan (pelet), roti tawar juga bisa digunakan. Tapi, berdasarkan pengalaman penulis, untuk memancing di pinggiran pelabuhan umpan yang paling sering dimakan adalah empleng dan gorengan bakwan. 


Cara membuat racikan empleng sebagai umpan yang jitu untuk memancing ikan kiper sangat mudah. Sobat hanya memerlukan terigu, telur dan penyedap rasa (kalau penulis memakai merek royco). Buat adonan terigu dengan menggunakan sedikit air dan telur lalu tambahkan royco secukupnya. Goreng sampai matang dan iris kecil-kecil mengikuti ukuran kail pancing. Jika sobat malas membuat empleng, sobat bisa menggantinya dengan membeli gorengan bakwan. Cara masang dikailnya juga sama, tinggal dicuil sesuaikan dengan ukuran kail. Selain bisa buat umpan ikan, gorengan bakwan bisa jadi cemilan untuk sobat saat memancing hehehe.

Empleng Untuk Umpan Mancing Ketang-Ketang
Empleng (Gambar Dari: Cookpad.com)


Rangkaian Pancing Ikan Kiper
Setelah mengetahui jenis-jenis umpan ikan kiper yang akan sobat bawa untuk memancing, sobat juga harus menyiapkan rangkaian pancing untuk ikan kiper. Karena mulut ikan ini cukup kecil maka sobat maksimal hanya bisa menggunakan ukuran kail 3-5. Nomor 3 dan nomor 4 adalah yang paling pas. Sobat bisa menggunakan rangkaian kail dasaran dengan timah di bawah (dasaran atau glosor) atau bisa menggunakan timah gantung yang berukuran kecil. Sobat Aliems' Journey juga bisa menggunakan rangkaian kail 3 atau lebih untuk meningkatkan potensi sambaran karena ikan ini biasanya berkelompok. Selain menggunakan teknik dasaran, memancing ikan kiper juga bisa menggunakan pelampung. Sesuaikan ukuran pelampung dengan timah dan umpan agar pelampung tidak tenggelam.


Daging Ikan Kiper Enak Untuk Dikonsumsi?
Bagaimana sih rasanya ikan kiper ketika dimakan? Ya tentu rasa ikan boss... hahaha...! Dibilang enak banget juga gak, dibilang gak enak juga, gak! Standar aja sih. Asal bisa mengolahnya baik dengan cara goreng garing atau goreng standar, dibumbu kuning atau dibikin tumis (seperti masak peda) plus campur petai, enak kok! Apalagi kalau hasil memancing kita cuma dapat ikan kiper doang pasti enak. Tapi kalau disandingkan dengan daging ikan kakap tompel ya bakal kebanting rasanya bos...hahaha... Meskipun relatif sih, tergantung orang itu seleranya demen ama rasa ikan yang seperti apa.

Info tambahan ya guys, sebagai bukti bahwa ikan ini sangat rakus, sobat bisa lihat isi perutnya saat ikan ini dibersihkan (disiangi sebelum dimasak). Ukuran tubuhnya boleh kecil, tapi dalam perutnya banyak banget isinya loh. Namanya juga rakus! Nah, demikian cara mudah memancing ikan kiper sebagai alternatif mengusir jenuh ketika ikan target yang sobat pancing tidak kunjung menyambar umpan.

Aliemsurya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mancing Cara Mudah Memancing Ikan Kiper"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray