Teknik Nutul, Sangat Ampuh Untuk Memancing Ikan Kerapu

Teknik Nutul, Sangat Ampuh Untuk Memancing Ikan Kerapu

Ikan kerapu merupakan salah satu ikan primadona pemancing pinggiran. Populasi ikan kerapu masih cukup banyak ditemukan di pinggiran laut yang berbatu, karang maupun rumpon buatan. Ikan kerapu juga mudah dipancing karena bisa menggunakan berbagai teknik, baik casting dengan soft lure, menggunakan pelampung maupun teknik dasaran. 

mancing ikan kerapu, ikan kerapu dermaga, cara mancing ikan kerapu


Tulisan kali ini akan mengupas salah satu teknik memancing kerapu untuk sobat Aliems' Journey. Namanya teknik "nutul". Teknik ini sangat ampuh dan terbukti untuk spot di bawah dermaga dengan dasar berbatu atau spot di dekat batu penahan ombak. Syarat utama keberhasilan teknik memancing dengan cara nutul ini adalah jangan "mager" alias malas gerak. Yup, jangan malas gerak karena prinsip utama dari teknik ini adalah mencari spot (batu atau rumpon) yang ditempati oleh ikan kerapu.


Baca Juga: Tips Mancing Ikan Kerapu

Sebagai informasi bagi sobat Aliems' Journey, keluarga ikan kerapu saat mencapai ukuran tertentu sampai dewasa cenderung lebih bersifat soliter (menyendiri atau memisahkan diri dengan kelompoknya). Berbeda dengan kelompok ikan kakap yang cenderung lebih aktif pindah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk mencari mangsa, ikan kerapu akan menghuni sarang yang sesuai dan akan lebih banyak diam (pasif) menunggu mangsanya mendekat ke sekitar sarang.

Rangkaian Pancing Kerapu Teknik Nutul

Dengan beberapa karakteristik seperti yang tersebut di atas, teknik nutul adalah salah satu teknik memancing kerapu yang wajib sobat coba gunakan. Persiapan untuk memancing dengan teknik nutul juga tidak susah. Sobat bisa pilih menggunakan pelampung atau tanpa pelampung. Biasanya pertimbangkan faktor arus air laut dan angin untuk menentukannya. Apabila angin dan arus cukup kencang tidak perlu memakai pelampung. Jika angin dan arus kecil, sobat bisa gunakan pelampung karena lebih mudah untuk mendeteksi dan tangan tidak capek karena tidak harus memegang joran terus menerus. Nah, jika jika angin sangat kencang bagaimana? Lebih baik tidur atau pulang ya bestiee hehee. Ikan biasanya jarang makan di saat kondisi angin dan arus yang sangat kencang.

Cara membuat rangkaian pancing menggunakan pelampung bisa sobat cek di link ini. Pada dasarnya cara membuat rangkaian pancingnya sama saja dengan memancing ikan lainnya, bedanya setelan pelampung agak dalam (mendekati dasar). Alasannya karakter ikan kerapu yang pasif dan cenderung menunggu umpan mendekati sarangnya. Jika umpan ditempatkan di pertengahan (medium) permukaan air, ikan kerapu kurang begitu mendeteksi dan malas untuk mengejarnya. 

Jika memilih rangkaian pancing tanpa pelampung, tidak disarankan menggunakan rangkaian dasaran ya, guys. Alasannya simpel. Spot yang dasarnya banyak batu atau rumpon menyebabkan rangkaian pancing dasaran (menggunakan timah bawah) akan mudah nyangkut! Untuk menyiasati agar rangkaian pancing tidak mudah tersangkut, sobat bisa pakai teknik timah gantung, itu pun timahnya yang paling kecil (jenis timah merica). Kalau saya pribadi lebih suka menggunakan timah daun. Ambil sedikit saja, lalu lipat di atas kail agar udang gak terlalu melayang ke atas permukaan air, biarkan udang sampai dasar lalu sesekali di mainkan angkat atas bawah, atau seret pelan-pelan kiri-kanan.

Oh ya, untuk kail dan senar leader saya biasa menggunakan kail carbon variasi dari ukuran nomor 6-9 untuk memancing kerapu di pinggiran dermaga dengan leader berbahan fluorocarbon minimal ketebalan 0.45mm.

Cara Memancing Ikan Kerapu Teknik Nutul

Setelah settingan rangkaian pancing siap, umpan yang  bisa sobat pakai adalah menggunakan udang hidup. Ukuran udangnya yang standar di jual di tempat udang. Sesuaikan dengan ukuran kail. Kail bisa ditempatkan di sekitar ekor atau kepala udang, terserah sesuai selera masing-masing. Jika udang hidup tidak tersedia, bisa menggunakan udang kupas atau ikan-ikan kecil. Lalu sobat terapkan teknik nutul. Sobat akan pindah spot secara terus menerus. Jika dalam waktu sekian menit tidak ada sambaran kerapu, maka akan pindah ke pinggirnya, dan begitu seterusnya sampai ada sambaran ikan kerapu. Jadi hanya menunggu sebentar saja di salah satu spot dan jika tidak ada sambaran pindah.

Karakter Tarikan Ikan Kerapu

Strike ikan kerapu cukup mudah dideteksi. Ikan kerapu saat menarik umpan memiliki ciri khas yaitu tarikan ke arah bawah. Saat umpan sudah disambar dan masuk ke dalam mulut, ikan kerapu berusaha untuk masuk kembali ke dalam sarangnya. Jika ikan lain biasanya akan lari menjauh, ikan kerapu cenderung menarik dengan keras tali dan joran ke arah bawah untuk masuk ke sarangnya. 

cara mancing ikan kerapu, ikan kerapu


Momen strike ini akan sangat krusial karena menentukan berhasil atau tidaknya ikan kerapu landed ke dalam box atau waring ikan. Tips agar ikan kerapu tidak lepas adalah "kasih keras dan jangan kasih kendor". Caranya dengan mengencangkan drag pada reel pancing, jangan sampai tali pancing mudah terulur karena ikan kerapu akan dengan mudah menarik dan membawanya ke sarang. Jika ikan berhasil masuk ke sarang, pada saat sobat menarik senar, tutup insangnya akan dilebarkan dengan tujuan "berpegangan" pada celah agar tidak bisa ditarik. Intinya jangan sampai sobat meleng karena kerapu berhasil masuk ke sarang perlu usaha ekstra untuk bisa mengeluarkan ikan tersebut. Berdasarkan pengalaman, kebanyakan ikannya lolos atau kita terpaksa memutuskan tali pancing karena susah untuk dilepaskan.


Selamat mencoba dan salam mancing!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Nutul, Sangat Ampuh Untuk Memancing Ikan Kerapu"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray