Cara Memilih Kail Pancing Yang Tajam Dan Kuat

Cara Memilih Kail Pancing Yang Tajam Dan Kuat

Kail pancing mahal selalu bagus? Kail pancing bagus harganya selalu mahal? Bagaimana cara memilih kail pancing yang tajam dan kuat sesuai budget yang tersedia? Yuukk, mari simak ulasannya di dalam tulisan ini.


Tips Membeli Kail Pancing Secara Online

Jika sobat Aliem's Journey baru mulai menekuni hobi mancing dan masih belum tahu banyak tentang kail pancing, silahkan sobat klik link ini agar bisa nyambung dengan tulisan ini. Membeli kail pancing bagi pemula (apalagi belinya secara online) nyatanya gampang-gampang susah. 

kail pancing, kail pancing tajam, kail pancing kuat, kail pancing murah, kail pancing terbaik, kail pancing berkualitas


Sisi gampang (mudah) nya adalah tinggal search di toko online favorit sobat, maka secara cepat akan banyak opsi kail pancing yang tersedia. Dari yang paling mahal dan paling murah, dari kemasan kotak sampai kemasan plastik. Dari kail pancing bahan karbon, besi (stainless) atau kombinasi keduanya. Sisi susahnya ada kalanya penjual tidak mencantumkan barang pembanding (misalnya dengan koin) di gambar kail pancing. Jatuhnya jadi nebak-nebak. Apalagi kadang ukurannya berbeda. Ada kail yang ukuran menggunakan angka 1-13 untuk ukuran yang semakin besar atau justru sebaliknya 13-1 (13 paling kecil dan 1 paling besar).

Baca Juga: Tips Memilih Senar Pancing 

Jadi kalau sobat tidak benar-benar teliti, kail pancing yang akan sobat beli justru akan mubadzir. Bisa ukurannya kekecilan, bisa kebesaran atau ternyata kailnya tanpa lubang dan bingung bagaimana cara memasangkan ke leadernya. Untuk itu berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu sobat perhatikan untuk membeli kail pancing secara online.

  • Pastikan sobat tahu ukuran kail pancing tersebut apakah semakin besar angka ukuran kail pancing semakin besar atau sebaliknya. Caranya cari gambar pembanding, lihat di ukuran deskrispi barang yang dijual. Jika masih ragu jangan lupa kirim pertanyaan ke penjual melalui menu chat atau inbox. Tunggu sampai penjual membalas agar sobat tidak salah dalam memilih ukuran.
  • Perhatikan jumlah kail dalam kemasan yang dijual. Ada kemasan berbentuk kotak yang biasanya menjual kail dalam jumlah banyak (100 pcs) atau kemasan plastik yang biasanya hanya menjual beberapa buah kail (5 - 10 pcs). Beberapa online shop kadang mencantumkan harga termurah di tampilan awal, padahal harga tersebut ternyata untuk barang lainnya (bukan untuk kail pancing atau untuk kail pancing dengan tipe berbeda).
  • Perhatikan dengan seksama bagian bawah kail dan tangkainya. Ada yang ada lubang untuk mengikat tali pancing (tipe chinu), ada juga yang tanpa lubang. Tangkainya ada yang panjang (tipe J hook) atau tipe biasa. Mata kailnya ada yang standar ada juga yang tipe circle hook. Selengkapnya mengenai kail circle hook sobat bisa baca di link ini.

Tips Memilih Kail Tajam Dan Kuat

Semua produsen kail pancing pasti akan klaim bahwa kail yang mereka produksi adalah kail terbaik yang tajam dan kuat. Sama seperti kecap yang semuanya memiliki klaim bahwa produknyalah yang nomor satu hehehe. Lalu bagaimana cara agar sobat bisa mendapatkan kail tajam dan kuat serta kalau bisa harganya yang murah? Berikut beberapa tips berdasarkan pengalaman membeli kail pancing yang tajam dan kuat secara online.

  • Cari referensi beberapa merek yang cukup populer di kalangan angler seperti Mustad, Hemus, Daichi, Maguro, Pioneer, Daido. Merek-merek tersebut sudah biasa dipakai oleh kalangan angler dari angler cupu (baca: pemula) sampai yang mahir (baca: pro). 
  • Pastikan sobat sudah melihat deskripsi terutama bahan yang dipakai, apakah ada antikarat atau tidak, sampai teliti ke bagian-bagian kail (ada lubang atau tidak, tangkai panjang atau tidak, circle hook atau tidak)
  • Pastikan ukuran kailnya sudah tahu, jika kurang yakin jangan ragu tanyakan ke penjual. Jangan menebak-nebak hanya dari gambar, kecuali ada deskripsi yang jelas mengenai ukurannya serta ada gambar benda lain sebagai pembandingnya.
  • Kail yang tajam, kuat, tahan lama, cepat karatan atau tidak pada akhirnya nanti tergantung dari referensi masing-masing setelah kail tersebut dipakai. Sebagai catatan, kail yang dipakai di air laut pasti akan cepat mengalami korosi (karat) dibanding dengan dipakai di air tawar.
Jadi, untuk memastikan kail pancing yang sobat beli tajam atau tidak, kuat atau tidak kembali ke selera masing-masing. Satu angler dengan angler lainnya belum tentu sama. Lalu apakah jaminan harga mahal kualitas kailnya akan lebih bagus?

Kalau berdasarkan pengalaman saya pribadi, iya! Kail yang sobat beli dalam bentuk packing kotak (isi 100 pcs) kualitasnya masih di bawah jika dibandingkan dengan kail yang dijual dengan kemasan plastik (isi 10 pcs) dengan harga yang hampir sama (kualitasnya lebih bagus yang pakai bungkus plastik isi sedikit). 


Ada harga ada kualitas, meskipun nanti seiring bertambahnya jam terbang memancing, sobat akan menemukan kail yang pas. Pas dalam arti sesuai budget, sesuai dengan peruntukan (di laut atau di tawar) serta sesuai dengan target ikan yang dipancing.

Selamat mencoba dan salam mancing!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memilih Kail Pancing Yang Tajam Dan Kuat"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray