Tips Cara Merawat Senar PE Agar Awet

Tips Cara Merawat Senar PE Agar Awet

Lebih bagus mana senar biasa (nilon) dengan senar PE? Lebih awet mana antara senar nilon dengan senar PE? Pertanyaan itu pasti akan selalu ada terutama di kalangan angler pemula. Jika sobat termasuk kelompok angler pemula yang sedang semangat mencari informasi tentang peralatan dan perlengkapan mancing, maka tulisan ini bisa jadi salah satu referensi sobat.

senar pancing, senar PE, senar PE kuat, senar PE awet, cara merawat senar PE


Perbandingan antara senar nilon dengan senar PE (biasa di sebut senar kepang  atau "braided") bisa sobat simak di link ini. Di sana sudah dijelaskan berbagai karakterikstik serta kelebihan dan kekurangan senar pancing dari mulai nilon, senar PE maupun fluorocarbon. Untuk tulisan kali ini akan spesifik membahas tentang senar PE dan cara mudah merawat senar PE agar lebih kuat dan awet.

Baca Juga: Cara Membuat Senar Pancing Menjadi Lebih Kuat

Salah satu kelebihan senar PE dibanding senar berbahan nilon adalah lebih kuat (tahan lama). Sobat bisa bandingan dengan cara seperti ini. Sobat memiliki dua reel diisi dengan dua senar pancing yang berbeda. Satu dengan senar berbahan nilon, yang lainnya dengan senar PE. Lalu gunakan bersama-sama. Agar lebih cepat melihat efeknya, sobat gunakan untuk memancing di spot laut (air asin). Selang beberapa waktu, senar nilon yang sobat pakai akan lebih rapuh serta warna yang akan memudar. Sementara senar PE akan lebih awet, warna masih terjaga dan masih tetap kuat. 

Baca Juga: Kapan Seharusnya Memancing Menggunakan Senar PE?

Meskipun lebih kuat dari senar nilon, seiring berjalannya waktu senar PE juga akan rapuh. Ditandai dengan warna senar yang memudar dan mudah putus jika ditarik atau tersangkut benda di dasar spot mancing. Nah, tips mudah berikut ini akan menambah umur senar PE yang sobat pakai. Asalkan rutin dilakukan, senar PE akan lebih awet dan tahan lama. Ingat guys, senar PE harganya relatif lebih mahal dari senar nilon, jadi dengan merawatnya sobat bisa menghemat budget untuk membeli senar pancing.

Langkah-langkah merawat senar PE agar lebih awet.

  • Siapkan bahan-bahan berikut: botol bekas air minum (untuk menampung senar PE sementara), baby oil (minyak bayi), spon (buat cuci piring - kondisi kering).
  • Siapkan reel berisi senar PE yang akan dilakukan perawatan.
  • Ambil joran (jika pakai joran sambung cukup ambil bagian bawah). Jika pakai joran antena, gunakan hanya kolongan paling bawah saja.
  • Pasang reel ke joran lalu ulur senar PE melewati kolongan joran (pasang seperti akan dipakai mancing).
  • Ujung senar PE lilitkan ke botol bekas air minum.
  • Kendorkan drag reel sampai longgar dan gulung senar PE ke botol bekas sampai setengahnya atau bisa semuanya (kalau tidak capek :D)
  • Setelah dirasa cukup, siapkan spon dan tetesi dengan baby oil secukupnya. 
  • Kencangkan drag reel yang tadi dikendorkan lalu gulung ulang senar PE yang tadi sudah ada di botol bekas ke dalam reel.
  • Saat menggulung ulang sobat harus jepitkan spon yang sudah ditetesi baby oil ke senar yang di gulung. Caranya dengan menahan senar menggunakan spon dan rekatkan ke bagian joran sambil digulung.
  • Teteskan ulang baby oil jika spon sudah terlihat kering.
  • Gulung semua senar sampai masuk semua kembali ke dalam reel.
Setelah sobat melakukan langkah tersebut, senar PE akan berwarna lebih cerah (seperti terlihat baru) dan tentu akan lebih kuat adan menambah umur senar tersebut. Fungsi lainnya dari perawatan dengan menggunakan baby oil membuat senar PE tidak akan lengket di dalam reel. Sebagai informasi, senar PE yang jarang di bersihkan seiring berjalannya waktu mungkin akan melekat (lengket) satu sama lain di dalam reel. Hal ini jelas akan mengganggu kenyaman sobat saat akan melontarkan umpan. Efeknya jika senar lengket saat melempar umpan, senar akan kusut, umpan tidak terlempar sesuai target atau bahkan umpan bisa jatuh.

Tips Menggunakan Senar PE Agar Lebih Hemat

Sebagai tambahan Aliems' Journey informasikan dua tips agar sobat lebih hemat dalam menggunakan senar PE. Pertama, kombinasikan senar PE dengan senar PE lama atau dengan senar nilon di bagian bawah reel. Tujuannya jelas untuk menghemat. Senar PE harganya mahal, jika sobat pakai semua dalam satu reel, tentu akan boros. Untuk itu sobat bisa gunakan terlebih dahulu senar PE lama atau senar nilon untuk bagian bawah reel. Tentu yang kualitasnya masih cukup bagus ya, jangan yang sudah lapuk. Lalu sambung denga senar PE. Cara menyambung senar PE bisa klik link ini. Sisa senar PE (baru) yang belum terpakai bisa sobat gunakan untuk cadangan atau dipasang ke reel lainnya.

Cara kedua untuk menghemat senar PE adalah dengan cara membalik (memutar) posisi ujung senar PE. Maksud memutar itu mengganti posisi bagian bawah dijadikan bagian atas dan sebaliknya. Alasan kenapa senarnya dibalik adalah untuk memaksimalkan senar PE agar terpakai semua. Pada saat mancing terutama di pinggiran (air tidak terlalu dalam), bagian senar PE yang terpakai hanya sampai panjang tertentu saja, dalam arti jarang sekali senar bisa terpakai sampai dengan bagian bawah reel. Karena sering dipakai terus menerus, bagian ujung atas akan mudah lapuk, sementara senar yang ada di bagian bawah reel kondisinya tetap bagus. 


Untuk memaksimalkan agar senar yang dibawah (kondisi masih bagus) bisa terpakai, sobat bisa memutarnya. Memang agak ribet karena perlu dua kali menggulung agar posisi senar yang tadinya di bagian bawah reel bisa dituker ke bagian atas. Pertama sobat harus pindahkan semua senar ke wadah pertama (misalnya pakai botol bekas air minum). Setelahnya pindahkan lagi ke botol bekas kedua. Langkah terakhir gulung ulang ke reel pancing.

Selamat mencoba dan salam mancing!






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Merawat Senar PE Agar Awet"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray