Ikan Talang-Talang, Queenfish Idola Para Anglers

Ikan Talang-Talang, Queenfish Idola Para Anglers

Ikan talang-talang adalah salah satu ikan besar yang menjadi target para anglers. Sambaran dan tarikannya yang kuat dijamin akan membuat reel pancing sobat Aliems' Journey menjerit dan ujung joran pancing sobat akan melengkung dengan indah. Ikan talang-talang tergabung dalam family Carangidae dan masih satu kerabat dengan ikan kuwe (GT), ikan selar, kuwe rambe, ikan layang dan ikan selar.


Biologis Ikan Talang-Talang

Ikan talang-talang yang memiliki nama latin Scomberoides commersonnianus populasinya tersebar luas di Samudera Hindia & Pasifik (Afrika, Jepang, Papua Nugini, Indonesia, Australia sampai Afrika). Selain dijuluki sebagai queenfish, ikan talang-talang juga memiliki banyak nama lain giant dart, giant leatherskin, giant queenfish, largemouth queenfish, leatherjacket, leatherskin, dan Talang leatherskin.

Ikan talang-talang memiliki ciri khas berupa 5-6 bintik atau bercak keperakan gelap besar yang membentang di sepanjang sisi badannya. Talang-talang tidak memiliki ujung gelap pada cuping sirip punggungnya. Moncong ikan talang-talang agak tumpul dan mulutnya yang besar memiliki beberapa baris gigi yang sangat tajam. Sirip dubur dan sirip punggung dipotong dengan bagian belakang masing-masing sirip direduksi menjadi duri. Sirip ekor bercabang kuat. Kepala dan punggung berwarna abu-abu kebiruan sedangkan sisi perut berwarna keperakan. Ikan talang-talang dapat tumbuh dengan panjang total maksimum 120 cm. Tetapi umumnya ikan talang-talang besar berukuran sekitar 90 cm dan berat maksimum yang dipublikasikan adalah 16 kilogram (35 lb).

ikan talang, ikan talang-talang, queenfish



Ikan talang-talang dewasa ditemukan di perairan pantai, dan sering muncul di sekitar terumbu karang dan pulau lepas pantai. Ikan talang-talang sesekali masuk ke perairan muara. Ikan talang-talang dewasa bersifat predator, memakan ikan, cephalopoda, invertebrata kecil dan mangsa pelagis lainnya. ikan talang-talang remaja memakan sisik dan kulit ari ikan lain. Ikan talang-talang dapat tumbuh mencapai ukuran 25 cm pada tahun pertama mereka, dan 50cm pada tahun ketiga mereka. Ikan talang-talang betina mencapai kematangan seksual ketika mereka mencapai panjang 63cm pada usia sekitar 4-5 tahun.


Cara Mancing Ikan Talang-Talang

Ikan talang-talang atau queenfish bisa dipancing dengan menggunakan umpan hidup, umpan potongan ikan, berbagai lure dan dengan menggunakan umpan flies (fly fishing). Bila menggunakan lure harus ditekankan pada gerakan lure itu dan kecepatan dalam menarik umpan agar dapat merangsang nafsu queenfish untuk memakan lure. Leader sebaiknya menggunakan serat kawat nikelin (slink) karena ikan talang-talang memiliki gigi tajam yang akan dengan mudah dapat memutuskan leader yang terbuat dari kenur monofilament.

bagan mancing, ikan talang-talang, ikan talang
Bagan ikan salah satu tempat mancing ikan talang-talang



Di sekitaran pantai/teluk Jakarta ikan talang-talang biasanya dipancing dari bagan, batu bintang penahan ombak dan dam-dam dekat pelabuhan atau pintu keluar masuk kapan-kapal besar. Anglers yang memancing dengan kapal (mengapung) biasanya akan menuju kawasan Kepulauan Seribu untuk berburu ikan talang-talang. Ikan talang-talang biasanya bergerombol dalam jumlah yang kecil. Teknik memancing ikan talang-talang pada dasarnya sama dengan memancing ikan lainnya. Bisa menggunakan teknik dasaran atau pelampung. Umpan yang digunakan adalah udang hidup atau ikan potongan ikan tembang/selar, atau ikan hidup berukuran kecil seperti ikan seriding atau anakan ikan kuniran. Sobat harus siapkan joran dan reel yang kuat karena jika yang menyambar berukuran besar bersiaplah untuk fight dengan keras untuk menaklukan ikan ini.

Harga Ikan Talang-Talang

Ikan talang-talang merupakan ikan konsumsi yang cukup populer. Di tempat pelelangan ikan maupun pasar ikan, ikan talang-talang dengan mudah bisa ditemui. Harga ikan talang-talang per kilogram cukup terjangkau sekitar 35 ribu - 50 ribu. Tapi jika sobat membelinya dari toko online harganya ada di kisaran 60 ribu - 80 ribu perkilogram.

Cara Masak Ikan Talang-Talang

Ikan talang-talang menjadi primadona angler selain karena tarikannya yang mantap, ikan ini memiliki daging yang enak. Cara masak ikan talang-talang yang paling populer adalah dengan dibakar. Cara masak lainnya dengan cara digulai, bumbu kuning, steam ikan talang, sop ikan talang, ikan talang bumbu kecombrang, maupun cara yang paling simpel digoreng.

cara masak ikan talang, gule ikan talang, memasak ikan talang
Gule Ikan Talang, Salah Satu Cara Memasak Ikan Talang-Talang


 


Salam mancing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikan Talang-Talang, Queenfish Idola Para Anglers"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray