Ikan Kurisi, Ikan Cantik Idaman Para Angler

Ikan Kurisi, Ikan Cantik Tinggi Protein Idaman Para Angler

Apa itu ikan kurisi? Seperti apa bentuk ikan kurisi? Ikan kurisi mirip ikan apa? Daging ikan kurisi enak dimakan apa tidak? Pertanyaan-pertanyaan tersebut kerap kali muncul di benak para pemancing pemula yang belum pernah atau baru pertama kali mendapatkan ikan kurisi. Kesan pertama yang muncul dari ikan kurisi adalah bentuknya yang cantik dengan warna merah, orange dan kuning yang menyelimuti kulitnya.

Tentang Ikan Kurisi

Ikan kurisi mempunyai memiliki nama ilmiah Nemipterus nematophorus. Secara internasional (dalama bahasa Inggris) disebut Threadfin Bream Fish. Ikan kurisi di Indonesia memiliki beberapa nama daerah yaitu ikan kambayan, trisi, gurisi.

ikan kurisi, ikan gurisi, ikan trisi
Ikan Kurisi

 

Morfologi & Biologis Ikan Kurisi

Kurisi memiliki tubuh warna putih kemerahan dengan sirip punggung yang menjulang ke atas seperti kipas. Ikan kurisi memiliki bentuk mulut yang letaknya sedikit ke bawah dan memliliki sungut di sekitar dagunya yang digunakan untuk meraba atau menditeksi mekanan dalam pencarian makanan. Ikan kurisi berukur kecil, badan langsing dan padat. Bagian kepala tidak memiliki sisik. Sisik berada pada bagian tubuh dari mulai keping tutup insang. Tubuh ikan kurisi berbentuk memanjang dengan mulut terminal, lubang hidung terletak di kedua sisi moncong berdekatan satu sama lain. Ikan kurisi memiliki rahang yang ukurannya hampir sama antara atas dan bawah, pada kedua rahang tersebut terdapat barisan gigi berbentuk kerucut. Ikan kurisi yaitu sirip dorsal terdiri dari 10 duri keras dan 9 duri lunak, pada sirip anal terdiri dari 3 duri keras dan 7 duri lunak. Ukuran tumbuh ikan kurisi betina umumnya kecil dan jantan sebaliknya. Bagian badan atas terdapat garis rusuk (linear lateral). Bagian sirip dorsal merwarna merah dengan bergaris di tepi berwarna kuning atau jingga.

Baca Juga: Mengenal Ikan Gebel, Ikan Mirip Bawal Laut Dengan Sensasi Tarikan Yang Aduhai

Habitat & Makanan Ikan Kurisi

Ikan kurisi hidup di dasar laut, karang-karang, dasar lumpur atau lumpur pasir pada kedalaman 20-50 meter. Makanan ikan merupakan organisme dasar seperti udang kecil, ikan kecil dan cumi. Ikan Kurisi merupakan ikan demersal dengan habitat meliputi perairan estuari dan perairan laut. Ikan kurisi tidak melakukan migrasi dan berasosiasi dengan karang. 

Cara Mancing Ikan Kurisi

Pertama kali penulis mancing mendapatkan ikan kurisi ketika berada di spot sekitaran karang di laut Jakarta. Ikan ini terkena kail pancing bersama dengan ikan-ikan kecil penghuni karang seperti ikan kuniran, ikan mujair laut, ikan kerong-kerong dan kelompok ikan kerapu. Spot memancing ikan kurisi yang potensial adalah dekat dengan terumbu karang karena habitat ikan kurisi dominan beraada di spot mancing tersebut. Ikan kurisi dipancing dengan teknik dasaran (timah bawah) dengan mata kail berukuran kecil sampai sedang (3-5). Adapun umpan yang dipakai adalah potongan udang (udang kupas) maupun cumi.

Cara Masak & Nilai Ekonomis Ikan Kurisi

Ikan kurisi memiliki daging yang agak lembek dan sisik yang mudah mengelupas. Ikan kurisi yang mati hasil mancing lebih cepat membusuk dibanding ikan lainnya jika tidak segera dimasukkan ke box berisi es batu. Citarasa dagingnya sangat lezat. Wangi, gurih dan sangat enak. Wangi khas ikan kurisi ketika digoreng ini tidak ditemukan di ikan lainnya yang pernah penulis dapat. Selain digoreng ikan kurisi juga bisa dimasak bumbu kuning atau masakan lainnya. Daging ikan kurisi tidak disarankan untuk dibakar karena cenderung lebih lembek dan mudah lengket.


Di Jepang ikan yang tergolong famili Nemipteridae (termasuk ikan kurisi) memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena memiliki kandungan protein tinggi. Ikan kurisi memiliki protein yang tinggi berkisar 15-20% sementara lemaknya hanya 5%. Adanya protein miofibril pada ikan kurisi membuat ikan ini menjadi bahan baku utama pembuatan surimi. Surimi adalah bahan makanan yang  dibuat dari daging ikan giling yang telah diekstraksi dengan air dan diberi bahan anti-denaturasi, lalu dibekukan. Surimi merupakan produk antara atau bahan-bahan baku dasar dalam pembuatan kamaboko (produk gel ikan), sosis. fish nugget, ham ikan dan lain-lain.

surimi ikan
Surimi dari bahan dasar ikan kurisi



Di spot sekitaran pinggiran laut Jakarta (tempat penulis mancing) sudah cukup susah mendapatkan ikan kurisi. Kecuali jika sobat Aliems' Journey memancing agak ke tengah laut menggunakan perahu (ngapung) di mana masih ada sopt yang banyak terumbu karang (misalnya sekitaran Kepulauan Seribu).

Salam Mancing.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikan Kurisi, Ikan Cantik Idaman Para Angler"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray