Beli Peralatan Pancing Murah, Bisa Awet Atau Mudah Rusak?

Beli Peralatan Pancing Murah, Bisa Awet Atau Mudah Rusak?

Setiap angler yang memiliki hobi mancing wajib memiliki peralatan pancing. Peralatan pancing utama seperti joran pancing, reel pancing, senar pancing, kail pancing adalah peralatan yang mutlak harus dimiliki oleh angler. Peralatan pancing yang tersedia di pasaran saat ini bisa dibilang mudah untuk mendapatkannya karena adanya toko pancing online yang bisa sobat beli melalui smartphone. Sayangnya perbedaan budget yang dimiliki oleh para angler menjadikan kualitas peralatan pancing terlihat subjektif.

Anglers Pro Yang Tajir & Anglers Minim Budjet

Bagi angler dengan budget terbatas, hanya sekedar memiliki joran dan reel yang bisa dipakai mancing saja sudah sangat puas. Tidak perduli apakah joran tersebut sudah usang dan penuh karat di sana-sini. Yang penting bisa buat pasang reel (kadang dudukan reelnya pun sudah jebol) dan bisa dipakai mancing, sudah happy. Apalagi bisa dapat ikan, rasa happynya jadi dua kali lipat. Kelompok pemancing dengan budget cekak ini asal bisa mancing sudah merasa sangat bahagia.

peralatan pancing, alat pancing, joran pancing, reel pancing



Akan beda halnya dengan para angler tajir. Kelompok angler tajir adalah angler berdompet tebal yang selain hobi memancing mereka juga menjadikan mancing sebagai olahraga profesional. Ikan yang dicari juga bukan ikan remehan yang asal dipancing. Kelompok angler tajir ini jelas memerlukan peralatan mancing yang mumpuni yang harganya bisa buat beli sepeda motor atau bahkan bisa lebih mahal dari sepeda motor. Ada kebanggaan dan rasa gengsi ketika bisa memiliki peralatan mancing yang limited edition dengan harga (bagi para angler kere) tidak masuk diakal.

Baca Juga: Tips Memilih Kail Pancing Tajam Dan Kuat

Tulisan ini tidak akan mengupas tentang peralatan pancing untuk para angler tajir. Wong saya sendiri saja tidak pernah pakai peralatan pancing yang mahal (wkwwk). Tulisan ini ditujukan untuk para anglers pemula yang akan membeli peralatan pancing, yang masih ragu-ragu, yang masih punya gengsi gede untuk beli peralatan pancing yang mahal tanpa tahu seluk beluk peralatan itu. Penulis mengalami hal ini di awal mulai suka memancing. Ingin beli peralatan seperti angler-angler di luar negeri, ingin beli seperti yang teman beli. Kenyataannya penulis lebih sering asal beli tapi ternyata tidak cocok digunakan dan akhirnya tidak terpakai.

Tips Agar Peralatan Mancing Tetap Awet

Lalu, bagaimana dengan budget terbatas kita bisa membuat peralatan pancing menjadi tidak mudah rusak? Apakah bisa? Bagaimana cara merawat peralatan pancing agar lebih awet? Berikut beberapa tips merawat peralatan pancing dan menghindari membeli peralatan pancing yang tidak sesuai dengan peruntukannya berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

Menyesuaikan Peralatan Dengan Ikan Target & Spot Mancing

Ini tips simpel bagi pemula. Sudahkah menentukan spot mancing dan ikan target yang akan dipancing? Kalau belum, jangan beli peralatan mancing dulu. Tapi jika sudah yakin menemukan spot mancing yang cocok mulailah mencari peralatan pancing yang sesuai. Contohnya sebagai berikut.

Mancing Di Pinggiran Pasir & Rock Fishing

  • Joran antena/surfing/sambung dengan panjang 3.6 meter
  • Reel berukuran besar di atas 6,000
  • Pemberat (timah) yang besar untuk melontarkan umpan lebih jauh

Mancing Di Tengah Laut / Ngapung (Dari Atas Perahu)

  • Joran sambung atau antena 1.5-1.8 meter
  • Reel 4.000 - 6.000
  • Bisa menggunakan umpan mainan (lure) baik umpan untuk popping, jigging, casting

Mancing Di Spot Sungai

  • Joran sambung atau antena 1.5- 2.4 meter (tergantung lebar suangainya)
  • Reel 3.000 - 6.000
  • Menggunakan pelampung, atau bisa memakai lure (katak) untuk casting ikan gabus

Mancing Target Ikan Kecil

  • Joran sambung, joran antena atau joran tegek
  • Reel kecil 1.000 - 2.000
  • Jika menggunakan joran tegek, sobat tidak memerlukan reel pancing

Merawat Peralatan Pancing

Kunci dari awetnya peralatan pancing adalah perawatan. Mau semahal apapun peralatan pancing yang sobat beli kalau minim perawatan tetap akan mudah rusak. Atau sebaliknya, peralatan mancing yang dibeli dengan harga murah tapi rutin melakukan perawatan dan perbaikan maka akan tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka yang lebih lama. Jika sobat memancing di air laut (tinggi kadar garam), sobat perlu melakukan perawatan lebih ekstra karena peralatan yang sobat beli rentan terkena karat. Apalagi jika peralatan itu dibeli dengan harga murah. Biasanya material yang dipakai tidak dilapisi dengan zat anti karat.

Baca Juga: Tips Cara Merawat Senar PE Agar Awet

Merawat peralatan pancing setelah dipakai yang wajib dilakukan para anglers meliputi, mencuci joran dan membersihkan reel pancing setelah dipakai, merawat senar pancing agar awet, mengganti secara rutin bagian-bagian joran yang mulai berkarat, merawat senar PE agar tetap kuat.


Salam mancing.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beli Peralatan Pancing Murah, Bisa Awet Atau Mudah Rusak?"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray