Ikan Selar Como Ikan Bukan Target Tapi Favorit Para Angler

Ikan Selar Como Ikan Bukan Target Tapi Favorit Para Angler

Sesenang apapun orang tersebut memancing, adakalanya muncul jenuh saat sambaran ikan target tak kunjung tiba. Waktu ikan makan memang bisa terjadi kapan saja. Tapi konon untuk memancing di laut ada rumusnya. Saat menjelang pasang sampai sebelum pasang maksimal adalah waktu terbaik untuk memancing. Saat menjelang surut sampai sebelum surut maksimal juga merupakan waktu terbaik dimana ikan sedang lapar-laparnya. Saat menunggu ikan target menyambar, biasanya angler menghibur diri dengan memancing ikan-ikan kecil yang kerap berseliweran dan bahkan jadi pengganggu karena sering mengoyak dan mencabik-cabik tubuh udang hidup sehingga menjadi mati. Nah, salah satu ikan favorit yang menjadi target sampingan para angler adalah ikan selar como (selar hijau).

Kenapa mancing ikan selar dikatakan target mancing sampingan? Jawabannya, setiap angler pasti ingin mendapatkan sambaran ikan besar. Ikan kakap, ikan kerapu, ikan barakuda, ikan kuwe gerong (GT), ikan talang-talang adalah ikan target yang ingin ditangkap oleh angler. Jarang ada angler yang target memancingnya adalah ikan selar como. Meskipun mungkin ada juga angler yang memang niatnya mencari ikan selar dengan membawa alat pancing kotrekan. Tapi ya itu tadi, jarang angler yang menargetkan ikan selar como sebagai target utama.

Tentang Ikan Selar Como

Apa itu ikan selar? Seperti apa penampakan ikan selar? Apa ciri khas ikan selar? Yuk, mari simak ulasannya berikut. Ikan selar como (ada juga yang menyebutnya sebagai ikan layang /scad) diberi nama Yellowtail scad dalam bahasa Inggris. Selar hijau atau disebut juga selar como memiliki nama latin Atule mate yang merupakan salah satu jenis ikan pelagis dari famili Carangidae (kelompok kuwe gerong, kuwe rambe, ikan talang). Ikan ini merupakan satu-satunya anggota genus Atule.

ikan selar, ikan selar hijau, ikan selar como, atule mate

 

Selar como dapat ditemukan perairan tropis dan sub-tropis di sepanjang perairan Indo-Pasifik, dari Laut Merah dan pesisir timur Afrika hingga India. Di perairan Pasifik, selar hijau dapat ditemukan di sepanjang pesisir Asia Tenggara, Indonesia, Jepang, Laut Arafura, pesisir utara Australia, hingga Kepulauan Hawaii dan Samoa di Samudera Pasifik. Distribusi dan jumlah ikan ini masih cukup melimpah sehingga selar como dikategorikan sebagai Least Concern oleh IUCN. Tidak ada tindakan pelestarian khusus untuk spesies ini.

Baca Juga: Mengenal Ikan Talang-Talang  

Selar como atau selar hijau memiliki ciri fisik berupa tubuh yang cenderung oval dan berbentuk pipih. Ikan ini punya sisik tajam pada pangkal ekor dan punya garis-garis hijau kekuningan yang samar (mirip dengan ikan GT atau talang-talang). Ikan selar como punya panjang rata-rata 26 cm dengan panjang maksimal 30 cm. Selar hijau makan krustasea (udang-udang kecil), ikan-ikan kecil (teri), dan zooplankton seperti sefalopoda. Ikan selar como dapat berenang dengan cepat untuk mengejar zooplankton.

Selar como adalah ikan laut yang umumnya hidup di hutan bakau, estuari, perairan pesisir dan perairan zona atas atau zona pelagik. Selar como membentuk kawanan ikan (schooling) hingga kedalaman 80 m di perairan pesisir. Selar hijau menyukai berenang bebas dan bergerak secara vertikal dan horizontal mendekati permukaan air. Ikan selar hijau banyak ditemukan di zona neritik yang mengandung banyak plankton yang dikonsumsi selar hijau.

Cara Memancing Ikan Selar Como

Ikan selar berukuran kecil, tapi sensasi sambaran dan tarikannya dijamin maknyoosss. Serasa tarikan ikan besar. Apalagi jika memancing menggunakan kotrekan dan yang menyambar 3-4 ekor ikan selar como sekaligus. Cara simpel memancing ikan selar dengan menggunakan kotrekan. Ulasan lengkap mengenai pancing kotrekan bisa sobat Aliems' Journey baca di link ini. Kemunculan ikan selar biasanya mudah dideteksi dengan adanya pergerakan ikan-ikan kecil (contohnya ikan teri) yang bergerak panik di permukaan air laut. Warna silver dan bayangan kuning kehijauan yang berkelebat dan bergerombol menandakan spot mancing sobat sedang disatroni kawanan ikan selar como. 

Baca Juga: Mengenal Ikan Gabus Laut (Cobia)

Jika sobat tidak memiliki pancing kotrekan, ikan selar como juga bisa dengan mudah dipancing dengan rangkaian dasaran dengan menggunakan kail kecil (nomor 3) dan timah yang kecil juga. Setelah timah menyentuh dasar laut, angkat (sedikit digantung) sambil dimainkan (naik turunkan senar atau gerakkan pelan-pelan). Umpan untuk memancing ikan selar como dengan teknik dasaran bisa menggunakan udang kupas atau udang hidup berukuran kecil (biasanya menggunakan udang api).

Cara Memasak Dan Nilai Ekonomis Ikan Selar Como

Daging ikan selar como termasuk yang familiar dan populer di kalangan ibu rumah tangga. Baik dimasak secara digoreng, pesmol, bakar, gulai, rasanya enak. Karena masih satu keluarga dengan kelompok ikan kuwe, citarasa daging ikan como sangat mirip. Durinya yang jarang, tidak ada sisik kasar yang melingkupi bagian tubuhnya menjadikan ikan selar como sangat praktis untuk dibersihkan sebelum dimasak.

Di Indonesia umumnya ikan selar dijual dalam bentuk segar dan menjadi salah satu ikan target tangkapan nelayan. Menurut data, di perairan Laut Sunda ikan selar diperkirakan telah mengalami penangkapan yang berlebihan atau overfishing.

Salam Mancing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikan Selar Como Ikan Bukan Target Tapi Favorit Para Angler"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray