Mengenal Ikan Mangrove Jack & Tips Cara Memancingnya

Mengenal Ikan Mangrove Jack & Tips Cara Memancingnya

Di spot mancing yang biasa penulis singgahi untuk memancing, keberadaan ikan Mangrove Jack terbilang langka. Disebut langka karena sangat susah mendapat sambaran ikan yang juga disebut ikan kakap bakau ini. Kalau dapat ikan ini berasa mendapat jackpot. Mungkin lokasi spotnya yang tidak ideal sehingga kurang disukai atau tidak cocok dengan kelompok ikan yang juga dijuluki sebagai ikan Somasi Merah ini.

Tentang Ikan Mangrove Jack

Nama Mangrove Jack disingkat dengan nama MJ adalah nama ikan laut yang tergabung family Lutjanidae (keluarga ikan kakap). Sebutan Mangrove Jack untuk ikan kakap bakau sendiri berasal dari negara Australia. Ada juga yang menyebutnya sebagai kakap merah bakau (mangrove red snapper). Dalam bahasa Indonesia cukup banyak nama lain dari ikan kakap bakau ini sepeti Ungar atau Sendarat, Jarang Gigi, Kakap Tambak, Kakap Gabus, Jarang Gigi, Somasi Merah.

ikan kakap, kakap bakau, mangrove jack, ikan mj, somasi merah, ikan ungar, ikan sendarat, ikan jarang gigi, ikan kakap tambak, ikan kakap gabus
Ikan Kakap Bakau (Mangrove Jack)

 

Warna ikan Mangrove Jack beragam mulai dari jingga terbakar, merah tembaga, perunggu sampai coklat tua kemerahan, tergantung dari usia dan lingkungannya. Ikan muda yang ditangkap di daerah muara sering berwarna lebih gelap daripada ikan lebih tua yang ditangkap di daerah terumbu lepas pantai, dimana ikan muda memiliki garis-garis vertikal dibawah sisi perut. Layaknya ikan-ikan kakap lainnya (Lutjanidae), mangrove jack memiliki gigi taring menonjol di rahangnya yang digunakan untuk menangkap dan menahan mangsa. Gigi tajam ini bisa mengakibatkan cedera parah terhadap nelayan dan angler yang tidak hati-hati.

Baca Juga: Mengenal Ikan Pari & Cara Memancing Ikan Pari

Ikan Mangrove Jack merupakan tipe ikan karnivora (predator) yang biasa memangsa ikan, udang-udangan, dan moluska terutama di malam hari (nokturnal). Ikan ini menyergap mangsanya di akar-akar pohon bakau, dinding batu, atau daerah sekitaran dahan dimana mangsanya berlindung. Ikan ini biasa ditemukan di susunan bakau sepanjang muara, tetapi ikan ini akan berpindah ke terumbu di laut lepas untuk berkembang biak. Setelah dewasa, Mangrove Jack akan berpindah ke lautan terbuka, kadang jaraknya ratusan kilometer dari pesisir untuk berkembang biak. Ikan ini sulit ditangkap oleh para pemancing karena kecepatannya dan jarak ikan yang dekat dengan dasar terumbu yang tajam.

Cara Mancing Ikan Mangrove Jack

Ikan Kakap Bakau merupakan salah satu ikan komersial dan ikan target untuk dipancing yang penting dan populer di sepanjang wilayah sebarannya, dimana ikan ini dianggap memiliki daging berkualitas unggul. Sensasi tarikannya yang mantap, rasa dagingnya yang lezat serta keberadaannya yang cukup jarang jika dibanding ikan kakap pada umumnya (contoh ikan kakap tompel), menjadikan ikan Mangrove Jack sebagai ikan target favorit para angler. Ikan Mangrove Jack lebih aktif mencari makan pada malam hari (nokturnal). Untuk itu, memancing ikan Mangrove Jack lebih direkomendasikan pada malam hari kecuali jika sobat mancing di sekitar habitatnya (di hutan bakau atau muara yang banyak ditumbuhi pohon bakau).

muara, pohon bakau, mangrove
Spot Potensial Untuk Memancing Ikan Mangrove Jack


Jika sobat memancing sekitaran tepi pantai atau dermaga, sobat harus mencari spot yang di bawahnya ada rumpon (baik alami atau buatan) untuk tempat ikan Mangrove Jack mencari mangsa. Untuk target ikan Mangrove Jack berukuran besar umpan yang digunakan adalah ikan hidup berukuran kecil (Ikan Tembang, Ikan Selar, Ikan Seriding) atau bisa juga potongan tubuh ikan (Ikan Belanak, Ikan Kembung, Ikan Selar). Umpan memancing ikan Mangrove Jack yang paling sering digunakan adalah udang hidup. Sedangkan untuk sobat yang suka dengan teknik casting bisa menggunakan hard lure terutama jika memancing di sekitar muara yang banyak ditumbuhi pohon mangrove (bakau).

Baca Juga: Mengenal Ikan Kobia (Gabus Laut) & Cara Memancing Ikan Gabus Laut

Rangkaian pancing (settingan) pancing untuk memancing ikan Mangrove Jack bisa menggunakan teknik dasaran (baik dengan timah atas atau timah bawah) maupun teknik pelampung. Tekinik pelampung digunakan hanya jika spot memancing tidak terlalu dalam dan air dalam kondisi tenang (tidak berombak besar) dan tidak ada angin yang kencang. Untuk ukuran kail bisa disesuaikan dengan umpan yang akan dipakai. Umpan udang hidup berukuran sedang bisa menggunakan kail nomor 7-8. Udang hidup berukuran besar bisa menggunakan kail nomor 9-10. Jika menggunakan ikan potong atau ikan hidup sobat bisa menggunakan kail berukuran nomor 12-13 (besar).

Cara Memasak Ikan Mangrove Jack

Seperti daging ikan kakap pada umumnya, ikan Mangrove Jack juga memiliki citarasa daging yang sangat lezat. Mengolah ikan Mangrove Jack dan menjadikannya sajian yang enak bisa dengan berbagai cara. Ikan berukuran besar bisa di fillet sebelum diolah lebih lanjut untuk membuat sup atau digoreng. Ikan berukuran sedang bisa di bakar, di steam seperti memasak ikan kerapu. Sekali lagi, rasanya dijamin sangat enak.


Salam mancing.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Ikan Mangrove Jack & Tips Cara Memancingnya"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray