Tips Memilih Joran Pancing Surfing Untuk Memancing Di Pasiran Atau Dermaga

Tips Memilih Joran Pancing Surfing Untuk Memancing Di Pasiran Atau Dermaga

Joran pancing, bersama dengan reel dan senar pancing merupakan piranti utama yang digunakan untuk memancing modern. Seiring perkembangan jaman, joran atau batang pancing (fishing rod) memiliki banyak variasi dan bahan baku pembuatannya sehingga joran pancing bisa digunakan untuk mendaratkan ikan-ikan raksasa yang berukuran sangat besar. Bagi sobat Aliems' Journey yang hobi memancing di pinggiran dermaga atau mancing pasiran dan rock fishing (mancing dari atas tebing) pasti sudah tidak asing dengan joran surfing yang memang di desain untuk memancing di sekitar pinggir pantai.

tips memilih joran pancing, tips memilih joran surfing, perbedaan joran pancing surfing hard dan ultra, apa itu joran surfing, surfing fishing rod, harga joran pancing surfing
Joran Surfing (aliexpress.com)


Kenapa Memancing Di Pinggir Pantai Memerlukan Joran Surfing Yang Berukuran Panjang?

Bagi angler pemula atau angler yang biasa mancing di air tawar seperti sungai, empang dan kolam, melihat dan memegang joran surfing mungkin sesuatu yang aneh. Ngapain sih joran harus panjang dan berat seperti ini? Emang gak bisa pakai joran yang lebih pendek? Gak capek apa pegangnya? Itulah beberapa pertanyaan yang muncul di dalam benak para angler pemula ketika mereka belum tahu dan belum pernah memakai joran surfing. Tapi begitu mereka beranjak ke lokasi memancing di dermaga dengan membawa piranti kesayangannya yang biasa dipakai untuk memancing di empang, mereka kaget karena joran yang dipakai terasa sangat pendek. Mereka kesulitkan untuk melontarkan umpan pancing sejauh yang diinginkan. 

Semakin panjang joran pancing, semakin banyak senar pancing yang muat di dalam spul reel pancing anda, maka semakin besar peluang sobat untuk melontarkan umpan ke spot yang lebih dalam (lebih ke tengah). Dan semakin ke tengah, peluang untuk mendapatkan ikan penghuni dasar spot dalam yang berukuran besar dibandingkan dengan ikan yang ada dipinggiran akan semakin besar. Itulah salah satu alasan kenapa joran pancing surfing pada umumnya didesain dengan ukuran yang sangat panjang.

Baca Juga: Tips Memilih Joran Pancing Terbaik

Joran Surfing Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Sama seperti joran lain pada umumnya joran surfing juga biasanya dibuat dari material dasar karbon, fiber, grafit, composit. Joran bisa terbuat dari material tunggal atau campuran dan perpaduan dari material pembuat tersebut. Joran surfing dengan bahan fiber biasanya didesain untuk tipe joran sambung. Sementara untuk bahan karbon, grafit dan composit lebih sering didesain untuk tipe joran antena yang lebih praktis dan tidak ribet pada saat di bawa.

Perbedaan Menggunakan Joran Pancing Surfing Dengan Ujung Keras (Hard) Atau Lentur (Ultra)

Kelebihan Menggunakan Joran Surfing Ujung Keras

  • Bahan lebih kokoh dan kuat
  • Tahan terpaan angin
  • Nyaman untuk diteger (ditinggal dan diamati dari jauh) karena resiko terseret ikan lebih kecil
  • Bisa menggunakan umpan berukuran sedikit lebih besar (ikan hidup)
  • Bisa menggunakan timah pemberat pancing berukuran besar
  • Bisa maksimal dalam melontarkan umpan untuk menjangkau area yang lebih jauh 

Kekurangan Menggunakan Joran Surfing Ujung Keras

  • Kurang sensitif terhadap sambaran ikan kecil
  • Terlalu berat dan jika sedang fight dengan ikan berukuran besar, akan terasa cepat pegal
  • Harga lebih mahal

Kelebihan Menggunakan Joran Surfing Ujung Lentur

  • Nyaman dibawa karena lebih ringan
  • Saat fight dengan ikan lebih berasa karena ujung yang lentur dan tidak membuat cepat pegal
  • Sensitifitas yang lebih berasa ketika umpan disambar ikan berukuran lebih kecil
  • Harga lebih murah

Kekurangan Menggunakan Joran Surfing Ujung Lentur

  • Bahan lebih ringkih dan mudah patah jika ukuran ikan lebih besar
  • Rentan terseret ketika ikan menyambar umpan
  • Lebih dikhususkan untuk menggunakan umpan berukuran kecil dan memancing ultra
  • Jika menggunakan timah pemberat pancing berukuran besar cara melemparnya harus hati-hati karena bisa menyebabkan ujung joran patah
Baca Juga: Tips Melepas Lem Super Yang Terlanjur Merekat Pada Kolongan (Section) Joran Pancing

Jadi, Pilih Joran Pancing Surfing Dengan Ujung Keras Atau Lentur?

Keras dan lentur bagian ujung dari suatu joran pancing tergantung dari bahan pembuatnya. Selain itu biasanya untuk joran surfing dengan ujung lentur lebih ditujukan untuk memancing ultra (ultra fishing) dengan menggunakan umpan ringan atau umpan buatan. Sementara joran surfing dengan ujung yang lebih kuat dan keras terbuat dari campuran fiber karbon yang didesain lebih kuat sehingga sangat cocok untuk menggunakan umpan berukuran besar (ikan hidup) dan bisa menggunakan pemberat dengan ukuran lebih besar dan sangat bisa diandalkan serta kompeten untuk menaklukkan ikan berukuran lebih besar.

tips memilih joran pancing, tips memilih joran surfing, perbedaan joran pancing surfing hard dan ultra, apa itu joran surfing, surfing fishing rod, harga joran pancing surfing
Joran Pancing Surfing On The Spot DKB 


Jadi, jika sobat ingin membeli joran pancing surfing dan bingung akan memilih yang lentur atau yang keras silahkan dipertimbangkan lagi mulai dari budget serta penggunaanya saat di spot nanti. Toh, semuanya ada kelebihan dan kekurangannya. Tinggal dipikirkan joran surfing mana yang paling cocok untuk sobat Aliems' Journey pakai.

Salam mancing,

aliemsurya


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Joran Pancing Surfing Untuk Memancing Di Pasiran Atau Dermaga"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray