Tips Memancing Ikan Jenaha (Tanda-Tanda), Ikan Kakap Tompel Primadona Pemancing Dermaga

Tips Memancing Ikan Jenaha (Tanda-Tanda), Ikan Kakap Tompel Primadona Pemancing Dermaga

Sebenarnya bukan cuma pemancing pinggiran doang ya Sob, tapi juga pemancing yang ngapung di tengah laut atau nelayan. Tapi bagi pemancing yang ngapung di tengah ikan buruan utama lebih banyak variasinya dibandingkan hanya mengejar Ikan Kakap Tompel. Ikan Tengiri, Barakuda, Kakap Merah, dan ikan-ikan di lautan lepas dengan ukuran yang lebih jumbo mungkin lebih menarik daripada Ikan Jenaha. Kalaupun dapatnya ikan jenaha, ya anggap sebagai bonuslah!


tips mancing ikan kakap tompel, tips mancing ikan jenaha, ikan jenaha, ikan jenaah, ikan tanda-tanda, ikan kakap tompel, golden snapper, john snapper


Bagi angler dermaga, pasiran dan angler pinggiran laut lainnya, mendapatkan ikan jenaha atau ikan tanda-tanda adalah bonus besar karena ikan-ikan kecil seperti samge, kerong, petek dan lainnya jumlahnya lebih dominan dan sering kali umpan yang dipasang lebih dahulu disergap kelompok ikan kecil ini. Jadi, ketika di dermaga angler bisa mendaratkan ikan jenaha berukuran besar itu adalah berkah, bos! Jelas dong, citarasa ikan kakap yang memiliki ciri khas berupa tompel di bagian dekat ekor ini memang sangat lezat. Angler pemula yang pertama kali mencicipi daging ikan tanda-tanda pasti akan merasakan kelezatan daging ikan ini. Mau digoreng, dibakar atau dioleh dengan cara masak lainpun ikan ini tetap mantap!

Baca Juga: Jenis-Jenis Ikan Pinggiran Laut Yang Dagingnya Lezat


Mengenal Ikan Jenaha / Ikan Tanda-Tanda / Kakap Tompel

Ikan Jenaha (Bahasa Melayu Jenahak) termasuk keluarga besar ikan kakap (snapper). Di luar negeri dijuluki sebagai Golden Snapper karena warnanya yang keemasan ketika berada di dalam air. Di Australia orang menyebutnya sebagai John Snapper. Warna keemasan pada Ikan Kakap Tanda Tanda akan pudar menjadi warna perak setelah ikan jenaha mati. Ikan Kakap Tompel termasuk dalam ordo besar Perciformes dan keluarga Lutjanidae dengan genus Lutjanus. Beberapa spesies dari genus ini yang terkenal adalah Lutjanus johnii (Jenaha Tanda-Tanda), Lutjanus fulvus (Jenaha Ekor Hitam), Lutjanus goldiei (Jenaha Belang / Papuan Black Snapper), Lutjanus lemniscatus (Jenaha jalur kuning). Di kalangan angler pinggiran di pulau Jawa dan sekitarnya mungkin yang paling populer adalah jenis Lutjanus johnii.


Harga Ikan Kakap Tompel / Jenaha

Ikan kakap jenaha atau kakap tompel merupakan salah satu komoditas penting untuk nelayan di Indonesia, Malaysia dan India. Selain kakap merah dan kakap putih (barramundi) ikan kakap jenaha merupakan keluarga kakap yang bobotnya bisa mencapai belasan kilogram. Harga per kilogram kakap jenaha saat tulisan ini dbuat berkisar antara Rp. 70.000 - Rp. 120.000 per kilogram. Hampir sama dengan harga per kilogram daging ikan kakap putih (barramundi).


Baca Juga: Tips Mancing Ikan Kakap Putih (Barramundi)

Karakteristik Ikan Jenaha

Ikan jenaha menghuni habitat laut dan payau. Ikan ini juga menyukai daerah terumbu karang, atau daerah dengan substrat dasar pasir lumpur. Sebaran Ikan jenaha dapat ditemui di sekitar Indo-Pasifik Barat, Afrika Timur ke Fiji, utara ke Kepulauan Ryukyu, selatan ke Australia. Ikan Kakap Tompel bisa beradaptasi dan mampu hidup hingga di kedalaman laut 80 meter. Ikan dewasa yang sering tertangkap pada umumnya memiliki panjang 50cm dan bisa mencapai panjang maksimal hingga 97cm dengan berat maksimal hingga belasan kilogram. Ikan Jenaha dewasa menghuni terumbu karang, rumpon buatan, kapal tenggelam untuk berkembang biak. Sementara ikan jenaha muda akan bermigrasi untuk mencari makanan ke daerah pesisir dermaga, muara atau daerah yang memiliki hutan magrove. Ikan Jenaha memakan udang, kepiting kecil, atau cumi-cumi. 


tips mancing ikan kakap tompel, tips mancing ikan jenaha, ikan jenaha, ikan jenaah, ikan tanda-tanda, ikan kakap tompel, golden snapper, john snapper, spot mancing ikan jenaha
Ikan Jenaha / Kakap Tompel Di Spot DKB Jakarta Utara


Oh ya sob, sekedar informasi yang beredar di kalangan para angler. Untuk membedakan ikan tanda-tanda / kakap tompel dan ikan Jenaha, biasanya angler akan menyebut ikan tanda-tanda atau kakap tompel untuk ikan berukuran kecil sampai sedang. Untuk ikan dengan ukuran besar (umumnya 3kg up) angler menyebutnya dengan jenaha. Perbedaannya, untuk ikan jenaha (berukuran besar) tanda berupa spot hitam di dekat ekornya lebih samar (terlihat seperti pudar).
loading...


Tips Memancing Ikan Jenaha / Kakap Tompel

Di pinggiran dermaga, DAM, tepi pantai atau muara pada umumnya angler menggunakan teknik mancing dasaran baik menggunakan timah bawah maupun timah atas (gantung). Berbeda dengan ikan kakap putih (barramundi) yang lebih menyukai berburu mangsa di sekitar permukaan air, ikan tanda-tanda lebih menyukai berburu mangsanya di dasaran atau dekat dengan rumpon-rumpon persembunyiannya. Sementara untuk umpan memancing Ikan Jenaha sobat Aliems' Journey bisa menggunakan udang hidup, udang kupas, udang mati, atau cumi (sotong). Ikah Jenaha berukuran besar lebih tertarik untuk memangsa udang hidup, sementara untuk ikan tanda-tanda atau kakap tompel berukuran kecil sampai sedang bisa menggunakan semua jenis umpan tersebut di atas.


rangkaian pancing kakap tompel, rangkaian pancing dasaran timah gantung
Rangkaian Pancing Dasaran Untuk Kakap Tompel Menggunakan Timah Gantung


Kail pancing untuk memancing ikan jenaha bisa menggunakan ukuran 4-8 tergantung ukuran umpan yang anda akan pakai. Semakin besar ukuran udang hidup, anda bisa memadukannya dengan kail yang lebih besar. Kail pancing berukuran kecil bisa digunakan untuk memasang udang berukuran kecil atau udang kupas. Sementara untuk tali leader pada rangkaian kail sobat Aliems' Journey bisa menggunakan senar monofilamen dari bahan nilon atau fluorocarbon dengan kekuatan 25-40lbs (diameter kira-kira 0.4 -0.5 mm). Dan untuk timah pemberat pancing sobat bisa sesuaikan dengan kedalaman dan arus air.

Baca Juga: Tips Memancing Di Pinggiran Dermaga Agar Hasilnya Maksimal


Ikan Kakap Tompel Salah Satu Ikan Primadona Pemancing Dermaga

Ikan Jenaha termasuk ikan laut yang jumlahnya cukup banyak dan tidak mengenal musim. Asalkan di spot tempat sobat memancing banyak terdapat rumpon buatan, karang atau lubang-lubang di dasar laut, ikan ini kemungkinan besar akan bisa sobat dapatkan ketika memancing. Saat setelah hujan berdasarkan pengalaman penulis adalah saat jam makan kelompok Ikan Jenaha, apalagi jika bertepatan dengan air laut menjelang pasang naik atau pasang surut. Bersama dengan Ikan Kerapu, ikan kakap tompel memang merupakan salah satu ikan primadona pemancing di pinggiran dermaga karena citarasa dagingnya yang sangat lezat dan tarikan serta momen strike ikan tanda-tanda yang berukuran besar akan membuat sobat terkesan dengan ikan satu ini.

Salam Tompel

aliemsurya


    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Tips Memancing Ikan Jenaha (Tanda-Tanda), Ikan Kakap Tompel Primadona Pemancing Dermaga"

    Posting Komentar

    Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray