Tampilan Excel Berubah Jadi Formula Semua? Jangan Panik, Cek Di Sini!!

Tampilan Excel Berubah Jadi Formula
Tampilan Excel Berubah Menjadi Formula Semua (Dok. Pribadi)
Tampilan Excel Berubah Jadi Formula Semua? Jangan Panik, Cek Di Sini!! Halo, guys! Pernah mengalami kejadian ketika tampilan excel yang sedang kita kerjakan tiba-tiba berubah seperti gambar di atas? Sudah pasti panik ya, guys! Harap-harap cemas, apa yang terjadi dengan data excel kita? Tadi mencet apa ya? Atau Jangan-jangan kena virus nih!!

Bagi yang baru pertama mengalami kejadian seperti di atas, pasti akan menduga-duga hal yang sama. Oke, guys... setelah membaca tulisan ini, anda tidak perlu panik lagi ya! Masalah sebenarnya adalah sangat simpel, hanya karena salah pijit tombol keyboard pada PC atau laptop anda. Lho, kok bisa!?


Ya bisa, namanya juga tidak sengaja. Mungin ketika kita sedang mengetik, tiba-tiba ada cewek cantik nan bohai dari departemen sebelah yang berjalan melenggak lenggok di depan anda. Membuat mata anda nanar, dan otak sudah tidak berkoordinasi secara baik dengan jari-jari anda. Akibatnya harusnya anda menekan tombol yang benar, anda jadi salah sasaran. Istilah kerennya typo. 😂😂


Kalau typo kan biasanya salah ketik doang, Om!!? Paling salah kata atau angka, kok ini bisa merubah tampilan menjadi seperti ini? 

Nah... cakep nih pertanyaannya. Jawabannya juga simpel, bagaimana kalau yang anda tidak sengaja tekan itu adalah kombinasi dua tombol di keyboard yang mana hasil akhirnya menjadi suatu perintah tertentu? Seperti mengubah tampilan pada excel anda?


Yup, perubahan tampilan excel seperti gambar di atas ternyata terjadi akibat kita tidak dengan sengaja menekan dua tombol secara bersamaan antara Ctrl + ` . Lihat gambar di bawah.



Tampilan Excel Berubah Jadi Formula
Dua Tombol (Tanda Biru) Jika Ditekan Secara Bersamaan
Akan Menampilkan Semua Formula Di Data Excel Anda (Dok. Pribadi)

Nah dua tombol keyboard di atas jika anda tekan secara bersama-sama maka, tampilan normal di excel Anda akan berubah menjadi dalam bentuk formula. Tujuan sebenarnya memang untuk melihat formula yang sudah anda input, apakah sudah diinput secara benar. Jadi fungsinya untuk mempermudah editing formula. Kalau tidak percaya, silahkan praktekkan ya, guys!


Lalu, cara mengembalikan ke bentuk normalnya bagaimana? Tidak perlu pusing, cukup tekan lagi dua tombol tadi secara bersama-sama, dan tampilan excel anda akan kembali ke bentuk semula.


Oke, guys...!! Tips dan trik singkat dan simpel ini semoga membantu anda ya.



Salam Blogger,



Aliems Suryanto




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tampilan Excel Berubah Jadi Formula Semua? Jangan Panik, Cek Di Sini!!"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray