Rekomendasi Senar PE Kualitas Bagus, Kuat Dan Harganya Murah

Rekomendasi Senar PE Kualitas Bagus, Kuat Dan Harganya Murah

Senar pancing merupakan komponen utama dalam kategori peralatan mancing. Senar pancing yang baik adalah senar pancing yang cocok dipakai sesuai dengan peruntukannya. Maksudnya, jika ikan target adalah ikan kecil, tidak harus menggunakan senar pancing yang bagus dan harga mahal. Senar pancing utama yang paling umum digunakan adalah yang berbahan nilon (senar biasa) dan yang sedang digandrungi oleh angler zaman now adalah senar PE.


senar PE terbaik, rekomendasi senar PE murah, senar PE murah dan kuat, senar PE terbaik dan murah
Beberapa Contoh Senar PE Yang Dijual Online


Serba-serbi Senar PE

Senar PE atau dalam bahasa Inggris disebut braided line (tali kepang) merupakan senar berbahan polyethylene. Makanya senar ini disingkat menjadi PE dari nama bahannya polyethylene. Senar PE disebut senar kepang karena tediri dari beberapa helai senar yang dijadikan satu kesatuan. Jumlah helai senar PE bisa diketahui dari informasi yang ada di kemasan senar PE itu. Biasanya dikasih dengan simbol "X" lalu diikuti dengan angka. 


Nah, angka yang tercantum di belakang simbol huruf "X" itu menunjukkan jumlah helai senar PE. Misalnya X4 berarti ada 4 helai senar yang dirangkai menjadi satu. Jika dalam kemasan senar PE tercantum kode atau simbol X8 berarti ada delapan senar yang digabungkan menjadi satu. Semakin banyak senar yang digabungkan maka akan semakin kuat. Atau jika bahan polyethylene yang dipakai memiliki kualitas yang super, maka meskipun sedikit senar yang disatukan akan lebih kuat dibanding dengan senar PE dengan banyak lilitan tapi menggunakan bahan polyethylene yang kualitasnya kurang bagus.

Senar PE Lebih Baik Dari Senar Nilon?

Apakah senar PE lebih baik dari senar nilon? Jawabannya tergantung dari masing-masing angler. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan senar PE dibanding senar nilon terutama dari bahannya yang disatukan menjadi lebih kuat. Selain itu lebih awet dan lebih mudah dirawat dibandingkan senar nilon. Kelemahan senar PE harganya relatif lebih mahal, mudah kusut di dalam reel pancing, serta terlalu ringan sehingga mudah terseret angin. 


Penulis pribadi lebih suka menggunakan senar PE dibanding dengan senar nilon. Alasannya karena penulis memancing di dermaga laut maka perlu senar yang lebih kuat dan lebih awet. Senar nilon jika dipakai dilaut dan tanpa treatment akan mudah rapuh dan lapuk. Alasan lainnya kenapa penulis lebih menyukai senar PE karena maraknya barang yang dijual online sehingga memudahkan penulis untuk mencari dan memilih senar PE yang terbaik sesuai kriteria penulis.

Rekomendasi Senar PE Kualitas Bagus, Kuat Dan Harganya Murah

Karena penulis adalah angler dengan budget kecil sampai menengah serta memancing di spot yang memang jarang sekali mendapatkan ikan berukuran monster (besar), maka penulis perlu benar-benar selektif. Pasti banyak di antara Sobat Aliems' Journey yang membaca tulisan ini setuju bahwa memilih peralatan pancing yang murah tapi kualitas bagus itu gampang-gampang susah. Termasuk memilih merek senar PE ini. Berkali-kali mencoba membeli senar PE dengan harga murah, tapi ya gitu dehh. Kualitasnya sebanding dengan harga. Yang paling sering terjadi senar PE yang kita beli dengan harga murah mudah luntur warnanya dan senarnya tepo (getas). 


Dalam memilih senar PE yang harganya miring, yang harus sobat  ingat adalah perhatikan keterangan di kemasan senar PE terutama simbol "X"(angka). Semakin sedikit angka dibelakang simbol "X" biasanya harga lebih murah (kecuali bahannya premium dengan merek ternama). Nah, penulis sendiri mencari senar PE minimal yang X8. Sedikit tips sederhana bisa sobat lakukan untuk mengetahui banyak lintingan senar atau tidak yaitu dengan cara memijit dengan jari (ibu jari dan telunjuk) lalu pelintir. Senar yang jumlah helainya banyak akan susah terurai, tapi senar yang jumlah kepangnya sedikiti akan langsung terlihat tercerai berai.

Lalu, Merek Senar PE Yang Direkomendasikan Apa?

Penulis pakai keluaran Exori dengan merek Cardinal X8 yang memiliki panjang 150 meter dalam satu roll. Sejak pakai senar PE ini, penulis susah move on ke merek lainnya. Sudah teruji kuat dan awet serta cocok juga harganya (meskipun mungkin buat sebagian angler masih dianggap mahal). Merawatnya juga mudah, warna senar tahan lama dan tidak mudah luntur meskipun dipakai mancing di air laut. Berikut penampakan senar PE Exori Cardinal X8 150 meter yang tersedia di toko online. Harganya menurut penulis terjangkau (murah) dibanding merek lain dengan jumlah 8 helai kepang senar dan panjang yang lumayan, 150 meter.

senar pe, senar pe murah, senar pe terbaik, senar pe murah dan kuat, senar pe 150 meter
Senar PE Exori Cardinal X8 150m


Senar PE keluaran Exori dengan merek Cardinal X8 panjang 150 meter di tempat langganan saya beli secara online dibanderol dengan harga Rp. 46.500 (harga yang tercantum saat tulisan ini dibuat). Adapun variasi ukuran dari 6Lbs (0.008mm / 2.7 kg) sampai dengan 30Lbs (0.28mm /13.6kg). Penulis pribadi pakai ukuran 0.28 mm untuk reel pancing berukuran 4.000 dan 6.000.

Terakhir sebagai penutup. Setiap angler memiliki referensi yang berbeda, tergantung dari latar belakang ekonomi, spot mancing, serta target ikan yang dipancing. Untuk itu tidak bijak rasanya jika menganggap apa yang kita pakai adalah yang terbaik dibanding yang dipakai orang lain. Kalau istilah saya, alat pancing yang terbaik adalah alat-alat pancing yang sesuai dengan peruntukannya. Gak perduli harganya mahal atau murah selama cocok dan kita suka memakainya, hiraukan "gonggongan" orang lain. Gunakan logika sederhana ini untuk mencari peralatan pancing, kalau dengan alat mancing yang harganya murah bisa mendapat ikan target yang sama, kenapa harus beli dengan harga mahal?

Salam mancing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rekomendasi Senar PE Kualitas Bagus, Kuat Dan Harganya Murah"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray