Rekomendasi Senar Leader Fluorocarbon Kuat Dan Murah

Rekomendasi Senar Leader Fluorocarbon Kuat Dan Murah

Sebelum Sobat Aliems' Journey meneruskan membaca tulisan di bawah ini, perlu diketahui bahwa penulis lebih sering memancing di pinggir dermaga dekat Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara dengan target ikan-ikan khas pinggiran laut. Jadi pemilihan senar leader yang direkomendasikan oleh penulis bukan untuk ikan-ikan berukuran monster. Ikan-ikan khas pinggiran untuk konsumsi yang pernah  di dapat adalah ikan kerapu macan, ikan kakap tompel, ikan baramundiikan pariikan sembilangikan kurisiikan mangrove jackikan gabus laut (kobia). Ukurannya pun tidak terlalu besar. Ikan terbesar yang pernah landed menggunakan senar leader fluorocarbon yang direkomendasikan penulis adalah ikan pari berukuran kurang lebih 8 kilogram.

senar leader terbaik, senar leader murah dan kuat, senar leader fluorocarbon
Beberapa Senar Leader Fluorocarbon Yang Dijual Online


Kenapa Harus Pakai Senar Leader Fluorocarbon?
Senar leader adalah senar atau tali pancing yang dipakai untuk membuat rangkaian pancing (biasa disebut dikalangan angler senar untuk buat settingan). Senar leader harus dipilih yang kuat, tahan abrasi (gesekan dengan benda di dalam air), harus memiliki karakter yang kaku (tidak lentur) agar tarikan ikan bisa segera terdeteksi dan yang juga syarat utama senar leader adalah yang transaparan (samar alias tidak terlihat jika berada di dalam air). Senar leader yang baik terbuat dari bahan 100% fluorocarbon. Material fluorocarbon sangat mendukung untuk membuat senar leader memiliki karakteristik seperti yang disebutkan di atas.


Meskipun keberadaan senar leader berbahan fluorocarbon sangat penting bagi keberhasilan memancing, tapi tidak semua angler memakainya. Alasan yang pertama adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan senar nilon. Kelompok angler ini biasanya menggunakan senar nilon karena alasan lebih murah, tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk membeli senar leader berbahan fluorocarbon yang harganya mahal. Alasan lainnya kenapa angler tidak memakai senar leader karena gak mau ribet. Mereka lebih senang langsung membuat rangkaian pancing (settingan) dari senar pancing utama yang digunakan. Jika menggunakan senar utama berbahan PE, mereka bahkan akan pakai dan gunakan langsung untuk membuat settingan.


Penulis adalah angler yang saat memancing wajib menggunakan senar leader berbahan fluorocarbon untuk membuat rangkaian pancing. Sudah beberapa macam jenis senar leader yang penulis pakai. Yang terbaik yang pernah penulis pakai adalah keluaran Relix Nusantara dengan merek Samar. Tapi berhubung harganya yang lumayan mahal penulis mencoba mencari jenis senar leader lainnya. Setelah berkali-kali ganti, dengan asumsi ikan-ikan yang menyambar umpan rata-rata hanya kisaran setengah kilogram sampai 2 kilogram, akhirnya penulis memakai senar leader berbahan flurocarbon dengan bahan XPS Fluorocarbon.

senar leader murah dan kuat, senar leader terbaik, senar leader fluorocarbon, senar leader fluorocarbon terbaik dan murah
Contoh Senar Leader XPS Fluorocarbon


Gambar di atas adalah penampakan senar XPS Fluorocarbon yang biasa penulis pakai. Jika Sobat Aliems' Journey seacrh di toko online, maka akan keluar beberapa variasi merek (produsen) senar XPS Fluorcarbon, mulai dari Catfish, Penyu, Bless, Force. Akhir-akhir ini lebih sering pakai yang merek Penyu. Adapun untuk ukuran senar leader XPS Fluorocarbon memliki variasi dari 0.12 mm (3.4 kg) sampai dengan 0.55 mm (35 kg). Penulis sendiri lebih sering memakai ukuran 0.5/0.55 mm (untuk target ikan besar) sementara untuk taget ikan-ikan kecil menggunalan ukuran 0.3mm.

Kelebihan & Kekurangan Senar Leader  XPS Fluorocarbon

Kelebihan senar XPS Fluorocarbon berdasarkan pengalaman penulis pribadi sebagai berikut.
  • Harga sangat murah. Harganya di bawah Rp. 20.000 untuk panjang 50 meter. Bahkan ada yang jual online hanya dengan harga Rp. 11.000,-
  • Senar merek XPS Fluorocarbon juga kuat. Kekuatannya bisa dibandingkan dengan senar lainnya dengan ukuran yang sama tapi senar XPS Fluorocarbon bisa menahan berat yang lebih besar. Dalam arti lain Senar leader XPS Fluorocarbon memiliki ukuran senar kecil tapi Lbs nya besar. Ikan yang pernah landed adalah ikan pari berukuran 8 kilogram menggunakan senar XPS Fluorocarbon diameter 0.5mm (35 lbs atau 17.5 kg).
  • Senar XPS Fluorocarbon memiliki kemasan yang mungil sehingga tidak bikin penuh tas pancing.
  • Mudah untuk disimpul (ikat) saat membuat rangkaian pancing atau settingan pancing.
Dengan harga yang sangat murah meriah untuk senar berbahan fluorocarbon, tentu ada kekurangannya. Kekurangan yang dirasakan oleh penulis adalah bahan kurang kaku (jika dibanding dengan senar fluorocarbon berharga mahal). Di samping ikut kurang kuat ketika melawan abrasi (gesekan dengan benda di dalam air). 


Meskipun ada kekurangan, penulis sudah cocok dengan tipe senar leader XPS Fluorocarbon karena sesuai dengan kebutuhan dan cocok dengan target ikan serta spot mancingnya. Logika sederhana yang penulis pakai adalah buat apa membeli senar mahal tapi target ikan yang didapat bisa dicapai dengan senar leader lain yang harganya jauh lebih murah? Make sense, kan?

Lalu bagaimana jika penulis memancing di tempat lain, misalnya ngapung dengan perahu di spot yang banyak ikan besarnya? Kalau itu lain cerita, Sob. Seperti yang ceritakan di awal tulisan, senar leader XPS Fluorocarbon ini bagi penulis cocok dipakai di spot pinggiran dermaga dekat pelabuhan bukan untuk memancing di spot tengah laut berburu ikan-ikan besar.

Salam mancing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Rekomendasi Senar Leader Fluorocarbon Kuat Dan Murah"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray