Cara Paling Mudah Mencari Sitemap Blog

Hai sobat blogger, saat ini anda sedang membaca tips blog tentang cara paling mudah mencari sitemap blog. Apa itu sitemap blog? Secara sederhana, sitemap adalah file XML (Extensible Markup Language) yang penuh dengan URL laman web atau blog anda. Sitemap bisa juga disebut arsip dari setiap halaman web di blog anda. Sitemap sangat penting karena file ini harus mudah ditemukan di blog anda agar dapat dijelajahi dan dirayapi (cwarler), oleh mesin-mesin pencari.


Cara Kerja Sitemap Blog Terhadap Mesin Pencari (neilpatel.com)
Mesin pencari harus melihat semua halaman yang anda ingin mereka lihat. Semakin banyak halaman yang mereka indeks dari  blog anda, semakin banyak keuntungan untuk blog anda. Atau dalam kalimat lain, blog anda memiliki lebih banyak informasi untuk ditawarkan. Memastikan spider mesin pencari bisa merayapi semua yang mereka butuhkan dari blog anda adalah tujuan sebenarnya dari sitemap.


Baca Juga: Cara Menampilkan Iklan Tepat Di Bawah Postingan
Analagi yang paling simpel untuk menjelaskan apa itu sitemap bisa anda bayangkan sebuah rumah. Ya, blog anda diibaratkan sebagai rumah anda. Dan, masing-masing setiap page dalam blog anda adalah ruangan atau kamar yang ada di dalam rumah anda. Teman anda akan dengan mudah mengenali rumah anda dan segala ruangan dan isinya jika dia mengenali rumah itu. Anda sebagai tuan rumah, pasti lebih mengenal seluk-beluk dan semua lokasi kamar di dalam rumah anda dibandingkan dengan teman anda yang baru saja berkunjung.


Baca Juga : Cara Cepat Meningkatkan Pageview Blog
Lalu, bagaimana agar teman anda bisa mengetahui kamar-kamar di rumah anda? Ya, anda ajak teman anda melihat seluruh isi rumah, atau anda sediakan sebuat peta berisi data dari ruangan-ruangan yang ada di rumah anda. Nah, sitemap inilah yang berperan sebagai blueprint untuk mengenali blog anda. Dan, anggap teman anda yang dianalogikan tersebut adalah mesin-mesin pencari seperti Google atau Bing. Blueprint sendiri jika didefinisakan adalah kerangka kerja terperinci  sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan yang meliputi penetapan tujuan dan sasaran, penyusunan strategi, pelaksanaan program dan fokus kegiatan serta langkah-langkah atau implementasi yang harus dilaksanakan oleh setiap unit di lingkungan kerja. Nah, semua yang berkaitan dengan blueprint pada blog anda ada di dalam sitemap blog.

Lebih lanjut, ,menurut referensi berikut, inilah beberapa fungsi dari sitemap XML blog yang akan sangat membantu blog anda.
  • Sitemap XML memberitahu Google untuk merayapi dan mengindeks situs Anda.
  • Sitemap XML memberi tahu Google apa yang harus dirayapi di situs web Anda.
  • Sitemap XML memberi tahu Google jenis informasi apa yang ada di situs Anda.
  • Sitemap XML memberi tahu Google saat konten Anda diperbarui (yang dapat menghasilkan peringkat yang lebih menguntungkan atau "segar").
  • Sitemap XML memberi tahu Google seberapa sering konten Anda diperbarui.
  • Sitemap XML memberi tahu Google betapa pentingnya konten Anda.
  • Sitemap XML membantu situs web Anda mendapatkan indexasi langsung untuk halaman yang dibuat secara dinamis.
  • Sitemap XML membantu mengatasi keterbatasan situs web dengan tautan internal lemah.
  • Sitemap XML membantu mengatasi tantangan karena belum memiliki profil tautan eksternal yang kuat.
  • Sitemap membantu situs yang sangat besar mendapatkan indeksasi yang lebih baik dan lebih terorganisir.
  • Sitemap XML membantu Google merayapi situs Anda dengan cara yang lebih efektif.
  • Sitemap XML menunjukkan Google semua halaman di situs Anda, bahkan jika mereka berada jauh di dalam arsitektur dan mungkin tidak dirayapi dengan cepat.
Cara Paling Mudah Mencari Sitemap Blog
Tampilan Analisis Blog Di Google Webmaster / Search Console

Oke guys, jika anda sudah mengetahui tentang fungsi sitemap, anda kemudian akan bertanya, mau diapakain sitemap tersebut? Sitemap seperti dijelaskan di atas sangat diperlukan oleh mesin-mesin pencari, untuk itu untuk tujuan tersebut anda disarankan untuk mendaftarkan sitemap blog pada mesin-mesin pencari tersebut. Misalnya anda ingin mendaftarkan sitemap ke Google Webmaster atau Bing Webmaster. Selain bertujuan agar blog anda cepat dirayapi oleh spider dari mesin pencari, webmaster juga dapat menampilkan analisis secara detil dari situs anda. Ini akan sangat bermanfaat bagi blog anda dan anda bisa mengevaluasi semua tulisan, link, jumlah pemirsa, sampai dengan saran SEO serta berbagai hal lainnya untuk membuat blog anda semakin berkembang dari waktu ke waktu.


Cara Paling Mudah Mencari Sitemap Blog
Tampilan Analisis Blog Di Bing Webmaster

Untuk tulisan kali ini, sesuai dengan judulnya, saya akan menunjukkan cara termudah untuk mendapatkan sitemap dari blog anda yang kemudian anda bisa daftarkan di mesin pencari melalui Google Webmaster atau Bing Webmaster. Anda tinggal klik link berikut, lalu lanjutkan dengan mengisi URL blog anda, lalu klik "Generate Sitemap"


XML sitemap for blogger
Menemukan Sitemap Dengan Mendafrakan Di Situs XML Sitemap for Blogger

Lalu, akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah.


Cara Paling Mudah Mencari Sitemap Blog
Sitemap Blog Hasil Generate

Berdasarkan hasil generate sitemap blog Aliem's Journey yang sedang anda baca ini adalah :


http://www.aliemsurya.com/atom.xml?!!!redir3ct=false&start-index=1&max-results=500

Langkah terakhir silahkan anda copy-paste sitemap tersebut ketika anda mendaftar baik di Google Webmaster atau Bing Webmaster atau di mesin pencari lainnya yang memerlukan data sitemap blog anda.

Demikian ya, guys, cara paling mudah mencari sitemap blog anda yang nantinya ada bisa gunakan untuk mendaftarkan blog anda di mesin-mesin pencari sehingga isi dan semua blueprint dari blog anda bisa cepat di crawling oleh spider mesin pencari tersebut dan pada akhirnya pemirsa akan mudah mengakses tulisan yang sudah anda published di blog anda.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Salam blogger,


~aliemsurya~






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Paling Mudah Mencari Sitemap Blog"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray