Cara Mancing Ikan Gulama (Ikan Samge)

Cara Mancing Ikan Gulama (Ikan Samge) 

Salah satu jenis ikan laut yang sering terpancing di spot pinggir laut meskipun bukan ikan target adalah ikan gulama. Di kalangan anglers Jakarta dan sekitarnya biasa disebut ikan samge, dan seringkali dipelesetkan menjadi ikan sa*ge. Hanya untuk seru-seruan dan ledek-ledekan di antara para angler, ya sob. Ikan berbadan pipih memanjang dan berwarna silver ini secara umum oleh nelayan biasanya akan diolah menjadi ikan asin karena tekstur dagingnya yang rapuh. Pemancing juga kadang tidak membawa pulang ikan ini karena ringkih alias gampang mati setelah terkena mata kail.

ikan samge, ikan gulama, ikan belama, ikan gulamah, ikan asin, ikan laut



Tentang Ikan Gulama / Ikan Samge

Tidak banyak artikel dan tulisan yang membahas ikan samge dalam bahasa Indonesia. Kalaupun ada hanya sedikit sekali. Mungkin karena ikan ini kurang familiar. Kalah bersaing dengan ikan-ikan dari keluarga kakap dan kerapu yang menjadi favorit para angler dan menjadi ikan high class untuk dikonsumsi. Angler yang belum pernah mendapatkan ikan gulama atau ikan samge pasti akan bertanya-tanya, apa itu ikan gulama? Bagaimana ciri-ciri ikan gulama atau ikan samge? Penulis pernah mengupas secara sekilas tentang ikan samge pada tulisan jenis-jenis ikan yang sering terpancing di spot pinggir laut.


Ciri Ciri & Morfologi Ikan Gulama / Ikan Samge

Dalam klasifikasi taksonomi, ikan gulama berada pada ordo Percoidea, divisi Perciformes dan masuk kedalam failimi Scienidae. Sementara untuk genus ikan gulama berada di kelompok genus Argyrosomus. Ikan gulama disebut juga ikan gulamah, ikan gelama atau ikan samge memiliki ciri-ciri badannya yang sedikit pipih memanjang. Dikutip dari hewanpedia.com dari Welber, ikan samge memiliki mulut lebar, gigi-gigi besar dan kecil pada rahangnya. Gigi besar pada bagian ujung rahang atas, tanpa gigi taring. Bentuknya lonjong atau lebih mirip wortel yang dilengkapi dengan tonjolan seperti akar pohon yang berjumlah 22-29. Panjang gurat sisi dapat mencapai 3 cm namun umumnya 25-30 cm.


Sirip punggung berjari-jari keras 10, diikuti dengan 1 jari-jari keras yang bersambungan dengan 25-28 jari-jari lemah. Sirip dubur berjari-jari keras 2 dan 7 jari-jari lemah. Warna dasar yang dimiliki ikan ini adalah putih keabuan dengan adanya strip-strip yang bergelombang. Terdapat di bagian atas badan suatu ban kuning pucat memanjang di atas garis rusuk. Totol hitam pada pangkal sirip dada, juga pada penutup insang. Sirip-sirip sebagian kuning sebagian gelap. Ukuran : dapat mencapai panjang 38 cm, umumnya 25-30 cm.

Baca Juga: Cara Mancing Ikan Gebel (Ikan Kupu-Kupu)

Habitat & Karakter Ikan Gulama

Ikan Gulama tersebar hampir di seluruh perairan Indonesia meliputi Sumatera, Jawa dan Nusa Tenggara, seluruh perairan Kalimantan dan Sulawesi kecuali daerah laut dalam sekitar Masalembo dan Banda, serta Maluku dan Irian Jaya. Ikan Gulama termasuk ikan demersal, yaitu ikan yang umumnya hidup di daerah dekat dasar perairan, ikan demersal umumnya berenang tidak berkelompok (soliter). Ikan gulama pada habitatnya akan memakan kelompok udang dan kepiting kecil baik hidup maupun potongan tubuhnya.

Cara Memancing Ikan Gulama / Samge

Ikan Gulama merupakan ikan demersal yang bisa memakan udang hidup maupun potongan tubuh udang. Untuk mendapatkan ikan gulama, sobat bisa memancing menggunakan umpan udang hidup maupun potongan tubuh udang mati (udang kupas). Karakter ikan samge ketika memakan umpan menggunakan udang hidup cukup mudah dideteksi dengan ciri-ciri hit and run. Ikan akan memakan beberapa kali, kabur, balik lagi dan gigit dan lari sampai udang biasanya mati. Potongan udang terakhir yang dimakan biasanya akan tersangkut ke mulut ikan dan ikan ini akan mudah ditarik tanpa perlawanan yang kuat meskipun ikannya berukuran sedang atau besar. Untuk rangkaian pancing ikan samge, sobat harus menggunakan rangkaian pancing dasaran dengan menggunakan kail kisaran nomor 5 atau 6.

ikan samge. ikan gulama, cara mancing ikan gulama, umpan ikan gulama, umpan ikan samge, mancing ikan samge



Ikan Gulama / Samge Untuk Konsumsi

Kelemahan utama ikan samge adalah mudah mati. Meskipun disimpan di dalam waring/koja/korang yang direndam ke dalam air laut, ikan ini tidak tahan lama. Jika sudah mati ikan ini juga cepat membusuk karena tipikal dagingnya yang halus (lembek). Sobat bisa simak cara agar ikan hasil pancingan tidak cepat membusuk di tulisan ini.

ikan asin gulama, ikan asin samge, ikan samge, ikan gulama
Ikan Asin Gulama (Gambar: Tokopedia)


Karena dagingnya yang lembek, ikan samge sangat tidak cocok untuk dimasak dengan cara dibakar karena dagingnya akan ambrol. Secara umum nelayan biasanya menjadikan ikan samge ini dioleh menjadi ikan asin. Kalau penulis sendiri cukup dengan cara digoreng. Jika kondisi ikan masih segar, dagingnya yang lembut lumayan enak untuk dikonsumsi meskipun tidak selezat jika dibandingkan dengan ikan seperti dari keluarga kakap dan kerapu.

Salam mancing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mancing Ikan Gulama (Ikan Samge) "

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray