Rangkaian Pancing Anti Kepiting

Trik Sederhana Modifikasi Rangkaian Pancing Agar Umpan Tidak Mudah Dimakan Kepiting

Salah satu hal yang cukup menggangu ketika memancing menggunakan teknik dasaran adalah umpan yang habis dan tiba-tiba hilang. Usut punya usut, ternyata biang keroknya adalah mahluk berkaki sepuluh penghuni dasar air, kepiting. Kepiting akan dengan mudah menjangkau umpan pancing dengan teknik dasaran karena posisi umpan yang berada dekat dengan dasar sungai, danau atau laut. Meskipun menggunakan umpan hidup, kepiting akan bisa menjangkaunya. Salah satu cara deteksi umpan kita dimakan oleh kepiting adalah dari pergerakan ujung joran, yang bergerak pelan-pelan seperti sedang manggut-manggut. Sangat berbeda dengan pergerakan ujung joran yang terlihat kasar dan cepat ketika ditarik oleh ikan.

rangkaian pancing dasaran, kepiting makan udang, modifikasi rangkaian pancing dasaran, rangkaian pancing pelampung, rangkaian pancing glosor



Kenapa Kepiting Ikutan Ngerecokin Pemancing?

Kepiting memang salah satu mahluk yang mengganggu pemancing. Kepiting menghuni dasar perairan bisa bersembunyi di dalam lumpur, di sela-sela bebatuan maupun karang. Ketika umpan sobat mencapai dasaran, pergerakan dari umpan bisa dideteksi dengan cepat oleh kepiting. Selain umpan udang akan mati, rusak atau hilang, kepiting juga punya andil untuk merusak senar leader. Senar leader biasanya pada rantas (lecet-lecet), berubah jadi keriting maupun bisa putus. Jika spot mancing sobat sedang sepi alias tidak ada ikan, kepitinglah yang terlebih dulu akan memangsa semua umpan pancing. Tetapi jika ikan sedang ramai biasanya yang lebih dominan dan lebih dulu mendeteksi adanya makanan adalah ikan. Jadi, berdasarkan pengalaman, kepiting akan lebih dominan ngerecokin pemancing adalah saat di spot sobat kondisi ikan sedang sepi (tidak ada ikan atau bukan waktunya ikan makan). Atau, bisa juga memang spot di mana umpan yang kita lempar tersebut merupakan tempat kepiting ngerumpi ya, sob. Mau gak mau ikan juga takut untuk mendekat. Takut digosipin ama kepiting.. hehehe..!


Baca Juga: Cara Tepat Menyambung Senar Pancing Yang Putus

Kepiting Bisa Jadi Jackpot Untuk Angler

Kepiting bukan target angler, tetapi jika kepitingnya jenis kepiting bakau atau kepiting lumpur yang berukuran besar, itu adalah jackpot buat angler. Masalahnya akan sangat susah mendapatkan kepiting menggunakan kail pancing biasa. Kepiting mungkin akan ikut tertarik jika senar pancing digulung, tapi tidak lama dia bisa melepaskan diri dengan mudah. Satu-satunya yang bisa membawa kepiting sampai ke atas adalah ketika tali pancing membelit salah satu bagian kaki atau capitnya. Atau terkadang kail tidak sengaja menancap dibagian tubuhnya baik dekat mulut maupun kaki-kakinya.



Cara Memodifikasi Rangkaian Pancing Agar Tidak Mudah Dijangkau Kepiting

Sebenarnya agar umpan tidak mudah dijangkau oleh kepiting sobat tidak perlu repot memodifikasi rangkaian pancing jika menggunakan teknik pelampung. Akan tetapi, teknik pelampung hanya cocok untuk ikan-ikan pelagis (mencari makan di dekat permukaan air). Jika sobat menggunakan teknik pelampung untuk tujuan ikan demersal dengan umpan yang dijulurkan sampai dasar perairan (misalnya untuk memancing ikan kerapu), tetap saja kepiting akan mudah menjangkau.

Baca Juga: Cara Membuat Rangkaian Pancing Menggunakan Pelampung


Rangkaian pancing dasaran yang dimaksud dalam tulisan ini penulis bagi dua. Yang pertama rangkaian pancing dasaran teknik glosoran. Dimana timah pemberat menggunakan timah yang berlubang ditengah dan dimasukkan di senar utama agar bisa bergerak bebas. Yang kedua adalah rangkaian pancing dasaran menggunakan simpul (cabang) T (T-knot). Untuk memodifikasi rangkaian pancing dasaran dengan timah glosor sobat hanya perlu sedikit memanjangkan senar leader. Saya biasanya menggunakan senar leader dengan panjang minimal setengah meter. Lalu tambahkan pelampung bulat di senar ledear tersebut. Jadi untuk rangkaian glosoran, posisi pelampung berada di tengah antara kili-kili dan kail. Posisi timah pemberat ada di senar utama (bisa senar PE / senar nilon biasa).

modifikasi rangkaian pancing dasaran, rangkaian pancing glosor untuk laut, rangkaian pancing dasaran untuk laut, umpan sering dimakan kepiting
Modifikasi Rangkaian Pancing Dasaran Timah Glosor

 

Sedangkan untuk rangkaian dasaran dengan simpul T (cabang T), ukuran senar leader yang mengikat timah lebih pendek dibandingkan dengan senar leader yang mengarah ke kail dengan tambahan pelampung. Oh ya, jika tidak ada pelampung, sobat bisa menggunakan potongan karet / busa dari sendal jepit bekas. Untuk ukurannya agak sedikit besar agar bisa mengangkat umpan sedikit menjauh dari dasar perairan. Menggunakan karet potongan sandal jepit bisa membuat sobat lebih hemat karena tidak harus beli dan tidak perlu takut jika tersangkut ataupun putus. 

modifikasi rangkaian pancing dasaran, rangkaian pancing glosor untuk laut, rangkaian pancing dasaran untuk laut, umpan sering dimakan kepiting
Modifikasi Rangkaian Pancing Dasaran Simpul T


Cara di atas telihat sangat simpel tapi cukup berguna untuk menghindari umpan yang mudah dijangkau kepiting. Ikan target dasaran juga bisa mendeteksi umpan sementara kepiting akan kesulitan menjangkaunya. Namun demikian, masalah yang kadang muncul adalah ketika umpan yang dilemparkan tersebut di dalam air ternyata terbelit (mbulet), sehingga pelampung tidak bisa naik secara maksimal dan terjerat oleh senar pancing utama (apalagi jika senar pancing utama memnggunakan senar PE). Modifikasi rangkaian pancing dasaran untuk menghindari kepiting tersebut jadi tidak berfungsi.


Salam Mancing



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkaian Pancing Anti Kepiting"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray