Cara Memancing Ikan Lencam

ciri ikan lencam, apa itu ikan lencam, ikan lencam, ikan lencam babi, ikan laut, rasa ikan lencam, cara mancing ikan lencam, ukuran kail untuk ikan lencam, ikan lencam besar

Cara Memancing Ikan Lencam

Ikan lencam (Lethrinus sp) dilihat dari penampakannya, sekilas mirip dengan keluarga ikan kakap (Lutjanidae). Penulis biasanya mendapatkan ikan lencam saat memancing di pinggiran dermaga. Sayangnya ukuran yang didapat paling besar hanya sekitaran 4 jari tangan. Belum pernah mendapatkan ikan lencam (contohnya jenis ikan lencam babi) yang berukuran besar. Jika sedang musimnya, ikan lencam ini biasanya bergerombol sehingga bisa langsung dapat banyak. Berdasarkan pengalaman saat ikan lencam ini banyak, biasanya juga spot mancing sobat dihuni juga oleh rombongan ikan kuniran dan ikan kurisi.

Ciri Morfologi Ikan Lencam

Ikan lencam dapat mencapai panjang 40 cm dan umumnya 25-35 cm. Ikan lencam memiliki ciri-ciri morfologi dengan bentuk badan agak tinggi dan pipih. Lengkung kepala bagian atas sampai setelah mata hampir lurus, dari mata sampai awal dasar sirip punggungnya agak cembung dan sirip ekor berlekuk. Sirip punggung ikan lencam berwarna putih dengan garis jingga kemerahan. Sirip anal berwarna putih dengan ujung-ujung sirip berwarna putih atau jingga. Bagian belakang operkulum dan dekat dengan sirip dada ikan lencam terdapat garis merah bagian moncong agak meruncing. Warna tubuh bagian atas ikan lencam kehijauan dan agak kepucatan bagian bawah.

Habitat Dan Penyebaran Ikan Lencam

Ikan lencam Hidup di perairan pantai dan dasar pasir. Habitat ikan lencam umumnya di daerah terumbu karang, lamun, mangrove,di perairan pantai yang dangkal dengan dasar berpasir hingga perairan dengan kedalaman 50 meter. Biasanya menempati daerah laguna dan dekat terumbu karang. Juvenil dan anak-anak biasa ditemukan di padang lamun, mangrove dan gosong pasir, saat dewasa umumnya soliter dan mencari perairan yang lebih dalam. Dari pengantar tulisan di atas, kemungkinan spot mancing penulis adalah area dimana indukan lencam menyimpan telur (memijah). Anakan ikan lencam ini yang masih sering menyambar umpan pancing, sementara setelah berukuran dewasa, ikan lencam akan kembali ke area laut dalam.


Untuk daerah penyebaran ikan lencam adalah perairan pantai seluruh Indonesia,meluas dari wilayah utara sampai ke Teluk Benggala, Teluk Siam, sepanjang pantai Laut Cina Selatan, ke selatan sampai ke perairan tropis Australia, ke barat sampaike Afrika Selatan, bahkan di perairan tropis Atlantik Amerika. Salah satu daerah sebaran populasi ikan lencam di Indonesia adalah Kepulauan Seribu. Makanya tidak salah jika spot mancing di pinggiran teluk Jakarta sering sekali mendapatkan ikan lencam terutama jika spot mancingnya memiliki substrat dasar pasir (bukan lumpur) dan terdapat kerumbu karang.

Baca Juga: Tips Cara Memancing Ikan Selar


Umpan Mancing Ikan Lencam

Ikan lencam yang masih berukuran kecil di habitatnya memakan udang kecil dan potongan tubuh hewan yang mati di dasar air. Sementara ikan lencam besar akan memangsa ikan-ikan berukuran kecil lainnya. Untuk memancing ikan lencam besar, bisa menggunakan udang hidup atau potongan tubuh ikan. Di daerah Maluku dan Sulawesi memancing ikan lencam besar biasanya menggunakan potongan ikan malalugis. Sedangkan untuk memancing ikan lencam yang berukuran kecil dipinggiran dermaga, sobat bisa menggunakan cacing laut atau potongan udang (udang kupas).


ikan lencam, ikan lencam babi, ikan laut, cara mancing ikan lencam, umpan ikan lencam, ukuran kail mancing ikan lencam
Ikan Lencam Babi Berukuran Besar
(Kiriman Foto Dari Saudara Di Maluku Utara)

Rangkaian Pancing Ikan Lencam

Memancing ikan lencam tidak membutuhkan rangkaian pancing atau settingan khusus. Karena ikan lencam merupakan ikan yang beraktifitas di sekitar dasar laut (demersal) maka sobat Aliems' Journey harus menggunakan rangkaian pancing untuk dasaran. Jika kreumunan ikan lencam sedang banyak, ikan akan dengan mudah akan menyambar umpan pancing. 

Oh ya, sobat bisa menggunakan kail pancing untuk ikan lencam berukuran besar adalah ukuran kail nomor 7 - 9. Sementara untuk ikan lencam kecil saya biasanya menggunakan kail ukuran nomor 3-5.

Rasa Daging Dan Cara Masak Ikan Lencam

Saya biasanya mendapatkan ikan lencam berbarengan dengan ikan kuniran dan ikan kurisi. Ketiga ikan ini menurut saya dagingnya sangat enak. Kalau di urutkan, ikan kurisi adalah yang terenak, lalu kuniran dan ketiga ikan lencam. Citarasa dagingnya sangat mirip dengan keluarga ikan kakap. Untuk ikan lencam yang berukuran kecil, saya lebih suka diolah dengan cara digoreng dengan tepung. Sementara untuk yang besar paling mantap jika diolah dengan cara dibakar ya, sob!


Salam mancing.










Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memancing Ikan Lencam"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray