Mengenal Ikan Petek, Ikan Berbadan Kerempeng Dagingnya Sangat Gurih

Mengenal Ikan Petek, Ikan Berbadan Kerempeng Dagingnya Sangat Gurih

Di postingan sebelumnya telah dibahas mengenai ikan selar como (ikan selar hijau) salah satu ikan bukan target yang paling diburu oleh anglers. Di postingan kali ini, akan dibahas ikan yang juga bukan ikan target dan dianggap ikan pengganggu, yaitu ikan petek. Meskipun banyak angler yang merilis kembali ketika mendapat ikan petek, penulis malah sangat suka. Alasannya simpel, dagingnya sangat enak dan gurih.

Biologis Ikan Petek

Ikan petek (Leiognathus splendens) adalah salah satu jenis ikan demersal yang cukup banyak tertangkap di perairan pantai Laut Jawa seperti di perairan Banten dan sekitarnya. Nama lain ikan petek di Indonesia adalah ikan peperek atau ikan pepetek. Ikan petek umumnya bertubuh kecil, pipih tegak, dan berwarna keperak-perakan, serta memiliki mulut yang dapat dijulurkan. Ikan petek merupakan jenis ikan omnivora dengan makanan utamanya yaitu fitoplankton maupun zooplankton, makanan pelengkapnya molluska dan krustasea dan makanan tambahannya polychaeta, larva bivalva dan larva gastropoda.

ikan petek, ikan pepetek, ikan peperek
Penampakan Ikan Petek



Badan ikan petek dapat memancarkan cahaya kemilau yang biasa disebut bioluminesens. Cahaya kemilau yang dihasilkan oleh ikan petek disebabkan oleh salah satu bakteri (biasanya jenis Photopectoralis panayensis) yang hidup di dekat kerongkongan ikan petek. Ikan petek banyak di temukan di laut dangkal dekat pantai dengan dasar lunak (campuran lumpur dan pasir).


Cara Memancing Ikan Petek

Spot memancing ikan petek sangat mudah ditemukan. Pinggiran dermaga adalah spot mancing yang sangat potensial untuk memancing ikan petek. Cara mancingnya juga sangat mudah karena bisa hanya menggunakan teknik handline atau memakai joran dengan settingan (rangkaian pancing) timah bawah (teknik dasaran) menggunakan dua atau tidak rangkaian mata kail. Kail yang digunakan berukuran sangat kecil (2-3) dengan menggunakan umpan udang mati (udang kupas) maupun potongan tubuh cumi-cumi. Tubuh yang ramping meskipun berukuran kecil menyebabkan tarikan ikan ini lumayan untuk dinikmati apalagi jika menggunakan joran ultra.

Cara Masak Dan Nilai Ekonomi Ikan Petek

Penulis sangat menyukai rasa daging ikan petek ini. Rasa dagingnya saat digoreng sangat enak dan gurih. Membersihkan ikan petek untuk dimasak juga sangat mudah karena tidak ada sisik besar. Cukup pencet perutnya, sayat sedikit badannya agar bumbu bisa meresap. Mendapatkan citarasa daging ikan petek yang lezat cukup dimasak dengan cara digoreng dan makan dengan nasi hangat dengan tambahan sambal dadakan. Sensasi kriuk dan lezatnya dijamin bikin nagih. Tidak perlu ribet dengan duri, karena ketika digoreng kering, durinya bisa sekalian kita kunyah, wkwkw.


Ikan petek di kalangan nelayan populer dimanfaatkan untuk ikan asin. Jumlahnya yang melimpah di lautan menjadikan ikan ini mudah tertangkap oleh jaring nelayan. Belum diketahui dengan pasti pemanfaatan ikan petek ini secara luas selain untuk konsumsi.

Salam mancing

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Ikan Petek, Ikan Berbadan Kerempeng Dagingnya Sangat Gurih"

Posting Komentar

Spam dan Sejenisnya Adalah Penyakit Berbahaya, Jadi Jangan Ditularkan Di Blog Ini Ya Bray